“Sukses adalah kata yang tricky”, setidaknya itu kalimat pembukaan yang digunakan dalam sebuah artikel di entrepreneur handbook yang membahas 10 Kebohongan tentang sukses yang selama ini beredar dan dipercayai oleh sebagian orang.

Memang cukup sulit untuk mendefinisikan apa sebenarnya sukses itu dan bagaimana wujudnya. Dan hal tersebut diamini oleh Nicolas Cole yang menulis artikel tersebut, dengan memberikan pernyataan retoris seperti “apakah sukses berarti memiliki Yacht? Apakah sukses adalah kemampuan melakukan apapun yang anda suka di pantai? Apakah sukses itu menjadi bagian dari perusahaan yang terdepan dalam inovasi?” Dan memang sukses adalah sesuatu yang jauh berbeda untuk masing-masing orang.

Maka untuk mengetahui kebenarannya, terlebih dahulu kita dapat mengenal kebohongan-kebohongan yang membuat kita sulit untuk meraihnya.

1. Sukses berarti sama untuk semua Orang

Nyatanya tidak.

Beberapa orang mengukur sukses dari Uang. Beberapa orang mengukur dari kebebasan yang dapat dibeli oleh uang. Beberapa orang melihat sukses dari berapa banyak kehidupan yang mereka beri efek untuk menjadi lebih baik. Dan beberapa orang menilai sukses dari seberapa baik mereka menyelesaikan suatu tugas di waktu tertentu.

Yang terpenting adalah anda menentukan sendiri definisi sukses untuk diri anda, dan tidak menjalani hidup dengan membandingkan hidup anda dengan hidup orang lain.

2. Anda bisa sukses dengan usaha anda sendiri

Tidak, anda tidak bisa.

Seperti kata pepatah, “Everybody works for someone.” Meskipun anda mandiri, meskipun anda berkarya di tempat yang terisolasi, meskipun anda adalah satu-satunya yang menanggung beban yang berat, pada titik tertentu anda akan membutuhkan bantuan orang lain. Pada titik tertentu anda tidak akan dapat berjalan sendirian.

kebohongan tentang sukses
Adalah kebohongan tentang sukses jika sukses dapat diraih tanpa bantuan baik langsung ataupun tidak langsung dari orang lain

Baca Juga: Berkat Keputusan-keputusan yang Nekat, Kesuksesan pun Makin Mendekat

3. Sukses tergantung dari nasib orang tua anda

Topik yang kontroversial.

Sebagai yang pertama kali menulis artikel ini, Nicolas Cole sendiri bahwa dilahirkannya dia di kawasan suburban, membuat resource yang diterima oleh dia lebih memudahkan dia untuk meraih kesuksesan,  dibanding dengan anak-anak yang tidak mendapatkan resource tersebut.

Namun, dia juga menjelaskan bahwa sebenarnya lingkungan seperti itu seperti pedang bermata dua. Dan di setiap pelajaran yang memudahkan dia, ada pelajaran yang harus dialami dengan tidak mudah. Kemudian ia mencontohkan bahwa diberikan setiap kesempatan untuk sukses didepan mata memang merupakan sebuah anugrah. Namun memiliki work ethic yang buruk karena tak pernah berusaha untuk hal-hal kecil menjadi sebuah kutukan. Ia menjelaskan harus banyak belajar dan berjuang untuk hal-hal tersebut.

Semua orang memang dihadapkan dengan tangan yang berbeda. Tapi tidak semua yang dihadapkan dengan tangan yang bagus berakhir sukses, dan tidak semua yang dihadapkan dengan tangan yang buruk gagal.

Yang terpenting adalah apa yang anda lakukan dengan tangan tersebut.

4. Sukses adalah tujuan

Salah.

Sukses adalah proses. Anda tidak “meraih sukses” lebih dari satu momen. Anda sukses saat anda mencapai target penjualan. Anda sukses saat anda mendapatkan deal dengan klien. Anda sukses saat memainkan chord yang benar, atau menyelesaikan menulis satu kalimat. Bukan sebelumnya, atau sesudahnya.

Dan dengan semudah itu anda “menjadi sukses”, lebih mudah lagi anda kehilangan itu. Anda tidak “meraih sukses” dan tetap di situ selamanya.

Anda harus meraih tempat anda dalam team dari hari ke hari dan seterusnya.

5. Kebanyakan sukses adalah keberuntungan

Tidak, tapi benar bahwa anda membuat keberuntungan anda sendiri.

Ada sebuah kata-kata yang sering ditampilkan di gym: “Failure to prepare is preparing to fail.”

Membuat keberuntungan anda sendiri berarti anda harus bekerja keras setiap hari sehingga saat kesempatan langka muncul di hadapan anda, anda tidak melewatkannya.

6. Anda harus menginjak orang lain untuk dapat menjadi sukses

Tidak ada kebohongan tentang sukses yang lebih keliru dari ini dalam komunitas entrepreneur.

Nicolas Cole telah terlibat dalam banyak industri: Professional Gaming, bodybuilding dan fitness, advertising dan marketing, dan menurut pengalamannya entrepreneur membawa sebuah bentuk rasa kemanusiaan yang langka. Beberapa Entrepreneur yang paling sukses yang ia pernah temui dan hubungi bahkan adalah mereka yang paling dermawan untuk berbagi.

Mereka tahu bahwa energi positif memberikan dampak bagus pada bisnis.

Menginjak orang lain untuk sukses benar-benar pandangan yang sempit.

Baca Juga: Ingin Jadi Reseller? Produk Berikut Ini Paling Banyak Dicari di Online Shop!

7. Sukses adalah saat orang menginginkan apa yang anda miliki

Hasil yang tidak bagus dalam meraih sesuatu, mungkin, tapi hal ini bukanlah suatu ukuran untuk sukses itu sendiri.

Goal dari sukses bukanlah untuk mendapatkan atau membuat orang lain iri.

Tujuan nya adalah menggunakan platform yang anda buat dengan maksud untuk memberi kembali, dengan kata lain membantu, orang berikutnya.

8. Sukses terjadi dalam semalam

Saat orang berusia 20an di dunia teknologi menjadi milyarder, sepertinya sangat mudah untuk mempercayainya.

Namun nyatanya, tak ada yang melihat tahun-tahun yang terjadi secara diam-diam yang menimbukan momen besar kesuksesan tersebut. Meskipun terlihat seperti satu momen saja, sebenarnya itu itu hanya sebuah langkah emas dari sebuah jalan yang panjang dan berlumpur. Saat anda melihat apapun yang menurut anda mewakili sebuah kesuksesan yang terjadi dalam satu malam, galilah lebih dalam lagi.

Banyak sekali pelajaran yang harus dipetik demi mewujudkan itu semua.

9.  Siapapun bisa menjadi sukses

Ini sebenarnya adalah sebuah kebohongan tentang sukses.

Tidak semua orang bisa menjadi sukses.

Jika “sukses” dalam definisi apapun dapat diraih dengan mudah, seluruh dunia akan lebih tentram, damai, bahagia, sejahtera, dsb. Tapi nyatanya, sukses adalah sesuatu yang susah. Seperti halnya mendapatkan satu juta dollar itu susah, begitu juga melatih sebuah skill dari hari ke hari, atau memaksa diri anda sendiri keluar dari zona nyaman anda untuk berkembang selayaknya manusia.

Sekarang, apakah setiap orang mempunyai kapasitas fundamental yang diperlukan untuk sukses? Iya, kita semua manusia. Tapi apakah semua bisa menjadi sukses? Tidak, jika yang anda inginkan adalah hal yang juga jarang didapatkan oleh orang banyak, maka anda harus menjadi orang langka tersebut.

10. Sukses adalah tujuan hidup

Masyarakat barat seringkali lupa bahwa hal ini sudah terlalu dipaksakan kepada setiap tujuan dan perasaan orang.

Sukses bukanlah tujuan hidup. Nyatanya, tak ada satu “jalan yang paling benar” untuk menjalani hidup. Setidaknya itu menurut Nicolas. Bahwa kitalah yang menjalani hidup kita, kita yang memainkan perannya, dan kembali di point pertama bahwa ukuran kita terhadap sukses menjadi tujuan kita. Jika menjadi sukses bagi anda adalah berbuat baik ke satu orang setiap hari, maka itu ukuran anda. Namun seringkali, konsep sukses dan pencapaian seperti ini cenderung mengalihkan kita dari kebutuhan paling dasar kita sebagai manusia, dan itu adalah untuk mengaktualisasikan siapa diri kita dan untuk dimengerti.

Jadi apakah anda setuju dengan 10 Kebohongan tentang sukses yang disebutkan di atas? Apakah anda mempunyai pandangan yang juga berbeda tentang sukses? apakah ada kebohongan tentang sukses versi anda sendiri? silahkan berbagi bersama kami

Yang pasti di forum DEID ini, kami berusaha untuk menjembatani anda menuju kesuksesan dalam dunia bisnis terutama bisnis digital, jika bisnis menjadi ukuran anda dalam kesuksesan maka kami akan berupaya untuk menyediakan resource yang anda butuhkan untuk meraih sukses. Setidaknya itulah yang ada dalam visi kami.