10 Kemampuan Dasar Online Marketing

Pada masa modern ini, keahlian online marketing dibutuhkan dalam banyak hal. Terutama bagi para pelaku bisnis online. Sebenarnya, tujuan utama online marketing adalah untuk mencari leads alias calon pembeli, menghasilkan penjualan dan mengenalkan brand lebih luas. Tetapi tetap saja tugas tim online marketing seringkali secara tidak langsung juga dituntut untuk meningkatkan hasil secara signifikan. Selain itu, ada pola bagaimana tim ditempatkan sesuai bidangnya.

Maka dari itu, tim online marketing membutuhkan sejumlah keahlian yang berbeda agar dapat mencapai hasil yang optimal. Artikel ini menampilkan sepuluh daftar keahlian paling dicari oleh perusahaan dan wajib dimiliki oleh Anda yang berniat terjun dalam dunia online marketing.

1. Web Desain

keahlian online marketing

Sama halnya dengan makanan, bentuk yang menarik akan membuat orang segera ingin mencicipinya. Begitu pula dengan pengelolaan bisnis online Anda. Desain dari web bisnis Anda berperan besar dalam menarik calon pembeli.

Oleh karena itu, marketer yang memiliki keahlian menganalisa desain web sangat dicari oleh perusahaan. Marketer yang dapat menyajikan suatu image yang menjual dan mewakili brand-nya tentu mendapat nilai plus tersendiri.

2. Mengelola Media Sosial

keahlian online marketing

Media sosial menjadi senjata paling ampuh untuk meraup segudang keuntungan. Sebab pelanggan kini tak lagi mengenal jarak dan waktu. Mereka lebih banyak aktif di dunia maya seperti facebook dan instagram. Hal tersebut adalah kesempatan yang tak boleh Anda lewatkan karena pelanggan berpotensi besar mengenal brand yang Anda jual melalui media sosial.

Sebagai seorang marketer, kelihaian dalam mengelola media sosial sangat dibutuhkan. Misalnya, trik mudah menggabungkan kehadiran merek alami dengan selingan iklan berbayar adalah salah satu langkah yang wajib Anda praktekkan.

3. Mengetahui Google AdWords dan Bing

keahlian online marketing

Biasanya, pembeli akan mencari produk atau layanan yang mudah untuk dibeli daripada yang hanya terpapar di iklan. Mereka lebih memilih membeli produk yang mudah ditemukan daripada yang produk yang tidak muncul ke permukaan. Menggunakan Google AdWords bisa memudahkan Anda untuk menjangkau pembeli Anda. Bukankah Anda ingin produk Anda dikenali oleh calon pembeli Anda?

Jangan lupa, untuk melayani permintaan secara real-time. Karena permintaan secara real-time adalah hal paling dasar dari online marketing.

4. Secara Efektif Menganalisis Data

keahlian online marketing

Sebelum membuka toko, pasti Anda melakukan survei ke toko lain, berapa harga barang yang mereka jual, bagaimana mereka menarik pelanggan, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan online marketing. Melacak website apa yang sering dikunjungi orang menjadi syarat penting. Selain itu, untuk mencari tahu bagaimana mereka menarik lead alias calon pembeli. Tujuannya tentu untuk mengetahui pelanggan mereka dan meningkatkan penjualan dengan cepat.

Caranya bisa dengan menggunakan Google Analytic ataupun informasi dari pihak lain. Bagaimanapun, analisis data diperlukan untuk mengukur kinerja dan mengoptimalkan penjualan

5. Akrab dengan SEO

keahlian online marketing

Search Engine Optimization (SEO) secara luas diyakini untuk mendukung pencarian berbayar. Khususnya ketika menggunakan Google AdWords. Salah satu bagian dari SEO adalah memasukkan keyword yang relevan dan strategis pada halaman situs. Harga Google Adwords dipengaruhi oleh sesuatu yang disebut “skor kualitas”, sehingga semakin tinggi skor, semakin murah iklan tersebut. Cara agar terhubung dengan iklan adalah mencari permintaan orang apa yang mereka tulis di keyword untuk mendaratkan mereka di suatu situs. SEO yang baik bisa menghasilkan iklan yang lebih murah.

6. Manajemen Proyek Yang Kompeten

keahlian online marketing

Telah ditemukan bahwa ukuran tim online marketing telah meningkat secara signifikan sejak 2011. Sekarang, kita bisa melihat satu tim terdiri 125 orang untuk per akun, bekerja pada campaign untuk hanya satu platform.Hal ini baik untuk industri marketing. Marketer berpengalaman dikumpulkan untuk mencapai tujuan.

7. Tahu Banyak Aspek Konten Marketing

keahlian online marketing

Kita semua telah mendengar ungkapan “Konten adalah raja”. Dulu, konten marketing sering bingung dengan copywriter profesional. Konten marketing saat ini terlibat lebih dari menulis. Hal ini seperti infografis, infomersial, video, dan podcast. Selain itu, konten marketing bisa lebih mudah untuk menyebarkan konten mereka.

8. Programming

keahlian online marketing

Keahlian programming dasar adalah sangat penting. Terutama untuk perusahaan dengan beberapa lokasi fisik dan bisnis e-commerce. Salah satu contoh situasi di mana programmer diperlukan adalah secara otomatis memasukkan nama kota terdekat di laman berdasarkan alamat IP dari pengunjung situs.

Selain itu, membuat landing page yang memuat lebih cepat dari biasanya untuk meningkatkan tingkat konversi. Landing page  bertujuan untuk mengkonversi pengunjung.

9. Melihat Visi

keahlian online marketing

Apapun pekerjaan kita, baik bekerja di usaha kecil maupun di platfrom iklan terbesar seperti iklan Bing, kita harus tetap menyesuaikan visi kita dengan perusahaan yang kita tempati.

Mencari tahu cara melampaui tujuan jangka pendek dan memahami dampak jangka panjang dari kegiatan marketing dan keputusan merupakan aspek penting dari bisnis.

10. Menjadi Proaktif

keahlian online marketing

Online marketer harus proaktif mencoba strategi iklan, melompati tren, mengembangkan ide-ide segar dan menjelajahi saluran penjualan baru. Banyak platfrom iklan online meningkatkan traffic saat baru memulai dan tak lama setelah peluncuran tool baru. Dengan mengikuti perkembangan terkini, bisnis Anda bisa mengalahkan pesaing dengan mendapatkan keuntungan dari pelanggan pesaing Anda.

Bagaimana dengan 10 keahlian di atas? Apakah Anda memiliki keahlian satu di antaranya atau memiliki teman yang berpengalaman?

Gali kemampuan Anda berada di poin berapa agar Anda mengenali posisi mana Anda seharusnya.

 

*Leads: bakal pembeli. Dimulai dari orang yang tertarik dengan produk Anda dan kemudian membuat keputusan untuk membeli produk.
*traffic : kunjungan orang ke website Anda