Di awal tahun pada umumnya para marketer di berbagai perusahaan sibuk untuk menyusun perencanaan pemasaran (marketing plan) tahun 2018. Mereka merasa perlu melakukan penyusunan perencanaan pemasaran untuk mengetahui tren lingkungan bisnis di masa depan, peluang dan tantangan yang akan dihadapi, mengidentifikasi kegiatan pemasaran yang harus dilakukan, dan berapa kisaran biaya yang perlu dianggarkan sehingga mudah diukur dan dikontrol.

Perencanaan pemasaran merupakan teknik menyusun program pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target efektivitas strategi promosi dan penjualan yang ingin dicapai. Dengan demikian, bagi sejumlah perusahaan, perencanaan pemasaran merupakan hal penting yang harus dilakukan. Untuk itu, sebelum menjalankan bisnis di tahun 2018, umumnya terlebih dulu mereka akan menyusun perencanaan strategi pemasaran dengan mengevaluasi seluruh kegiatan bisnis di tahun 2017 lalu, yang akan dijadikan dasar untuk perkembangan bisnis tersebut di tahun 2018.

Ini juga waktunya untuk mengidentifikasi bagian mana dari strategi marketing anda sebelumnya, identifikasi dan pilih strategi mana yang harus tetap dipertahankan atau dibuang dan mungkin juga akan ada teknik baru untuk menggantikannya. Sediakanlah waktu untuk menganalisis apa yang telah berhasil dan identifikasi jika terdapat peluang yang tersembunyi pada tren yang ada.

Baca juga : 5 Langkah Strategi Marketing Untuk Tahun Baru

Berikut ada 3 hal yang perlu dilakukan setiap marketer di minggu pertama awal tahun :

 1. Audit Tahun Lalu

Langkah ini kemungkinan besar akan membuat anda menyita waktu di hari-hari pertama selama minggu pertama di awal tahun 2018, karena akan melibatkan anda untuk menarik kesimpulan bagaimana perkembangan bisnis anda di tahun 2017 lalu. Kesempatan untuk mengembangkan kegiatan promosi yang lebih kuat dan efektif di tahun 2018 dimulai dengan audit secara menyeluruh dengan mengevaluasi kinerja tim anda di tahun 2017. Data yang telah terkumpul dan di evaluasi selanjutnya akan menjadi bahan untuk perbaikan sehingga memperkuat strategi pemasaran secara keseluruhan di tahun 2018 agar bisnis anda kedepannya semakin berkembang, bukan malah mengulangi kesalahan seperti tahun lalu.

Tahap 1 : Analisis Data dan Konten Anda

marketer
Menganalisa data menggunakan Google Analytics.

Gunakan solusi analisis atau metode pengumpulan data yang anda inginkan agar mempermudah kinerja para tim anda, misalnya saja dengan menggunakan google analytics. Dan tentukan jenis konten mana yang paling efektif dan berkontribusi pada tugas masing-masing setiap tim anda dan tentunya konten tersebut memiliki keterlibatan paling tinggi pada setiap tugas anda dan tim anda.

Tahap 2 : Laporkan

Sampaikan apa yang telah anda pelajari tentang evaluasi anda sepanjang tahun 2017 lalu kepada tim anda dan diskusikan bagaimana cara selanjutnya mengaplikasikan perencanaan tersebut untuk membangun strategi yang lebih kuat dan efektif di tahun 2018. Ini bisa dilakukan secara formal (bisa dengan meeting bersama tim anda) atau secara informal (bisa melalui email).

Anda harus menyusun pelaporan tersebut dalam tiga kategori:

  • Tujuan dan hasil
  • Tugas yang telah dipelajari
  • Rencana / tujuan untuk bergerak maju

Baca juga : Mengubah Strategi Bisnis Agar Tetap Bertahan Di Era Digital

Pada bagian berikutnya, semuanya akan berjalan melalui penetapan tujuan anda untuk tahun 2018 ini dengan menggunakan kesimpulan yang sudah anda sampaikan dari audit anda tersebut.

 2. Tentukan Goals Anda

marketer
Menentukan tujuan yang spesifik untuk pencapaian bisnis anda.

Setelah anda mengumpulkan semua data dan informasi mengenai bisnis anda pada tahun 2017 lalu, saatnya anda mengevaluasi mana saja target yang sudah anda capai dan mana saja yang belum bisa anda capai di tahun 2017, dan ini lah saatnya anda menetapkan tujuan untuk kemajuan bisnis anda dengan sasaran yang spesifik di Tahun 2018 ini agar tujuan tersebut bisa tercapai sesuai dengan harapan anda yang belum terwujud di tahun 2017 lalu.

3. Pilih Channels Baru yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Pilih setidaknya salah satu saluran di social media untuk melancarkan strategi pemasaran dan mengembangkan bisnis anda tersebut. Berikut ini ada beberapa saran fitur yang bisa anda gunakan untuk memperkenalkan brand anda terhadap pengguna social media :

marketer
Pilih channels di sosmed yang sesuai untuk bisnis anda, misalnya dengan instagram story.
  • Instagram Story

Instagram story merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh instagram yang mengizinkan anda mengupload foto atau video dan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Saat ini, hanya dengan modal akun Instagram, online shop bisa meraih omset hingga jutaan rupiah. Apalagi ada fitur baru pada Instagram ini bisa membantu anda untuk berinteraksi dengan calon konsumen. Karena konsumen cenderung akan memilih online shop yang mau berinteraksi langsung terhadap penjual. Dengan adanya publikasi secara realtime pada insta story, anda dapat melakukan spamming kepada audience, dan diharapkan dapat mengajak mereka  untuk terlibat dan tertarik untuk mengunjungi brand anda tersebut yang pada akhirnya mereka memiliki kecenderungan untuk membeli produk anda.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing sebenarnya memanfaatkan pengaruh orang lain untuk mengenalkan brand anda kepada masyarakat melalui social media agar mereka cenderung untuk membeli produk anda. Ada banyak pilihan bagi anda untuk mencapai jumlah pelanggan yang lebih banyak. Ada media massa, public relation, media sosial, promosi oleh selebriti (endorse), dan masih banyak lainnya. Namun, saat ini yang sedang berkembang adalah melalui media sosial di mana suatu brand telah melibatkan para pengguna media sosial yang populer dan memiliki banyak followers. Pengguna media sosial dengan banyak followers disebut juga dengan influencers, namun influencer tidak semua harus merupakan selebriti. Ia bisa saja seseorang yang memiliki banyak relasi dan memiliki interaksi secara langsung dengan orang-orang yang sesuai dengan target audiens anda.

Baca juga : Alasan Harus Menjalankan Micro Influencer Marketing Sekarang Juga

Nah itu tadi hal yang perlu dilakukan oleh setiap marketer di minggu pertama awal tahun, sebab pada saat itu menjadi waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan strategi marketing bagi bisnis anda.