Pentingnya sebuat website untuk e-commerce adalah salah satu faktor sukses untuk melakukan bisnis secara online.

Bertempat di EVHive City Plaza Kuningan, Exabytes Indonesia sukses menyelenggarakan ajang penghargaan website bergengsi, yakni Indonesia Website Awards (IWA) 2017.

Indonesia Website Awards 2017 merupakan ajang penghargaan website pertama di Indonesia, dimana sebelumnya acara serupa telah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut di Malaysia. Ajang penghargaan satu ini akan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para pengembang dan perancang website secara konsisten setiap tahunnya.

Saat ditanya bagaimana IWA dapat meningkatkan kualitas dan kompetisi di industri digital, Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan menjelaskan, “Saat kita mengunjungi sebuah website, kita sering lupa ada orang di belakang layar yang membuat website itu menarik dan mudah dipahami. IWA bermaksud untuk memberikan penghargaan kepada orang tersebut agar dapat terus berkarya lebih baik lagi, dan terus memperbaiki websitenya dari waktu ke waktu.”

Sebagai acara penghargaan website pertama di IndonesiaExabytes Indonesia juga ingin mengajak dan merangkul lebih banyak pelaku UKM di Indonesia untuk mulai Go Digital, dimana ini sangat penting bagi mereka untuk memiliki website sendiri.

Baca juga : Membangun Website Untuk Mengembangkan Bisnis Online

 

website terbaik di indonesia
Bertempat di EVHive City Plaza Kuningan, Exabytes Indonesia sukses menyelenggarakan ajang penghargaan website bergengsi, yakni Indonesia Website Awards (IWA) 2017 (Sumber : Kompas.com).

Melalui IWA, Exabytes berharap akan mampu mendorong kreativitas, meningkatkan kualitas serta daya saing para pengembang dan perancang website, terutama pada era digital seperti sekarang.

Adapun kriteria penilaian sebuah situs web agar bisa menang, yaitu terdiri dari 3 faktor penilaian: Konten (SEO, Search Engine Optimization), Desain, serta Performa dari situs web itu sendiri.

“Ketiga faktor ini harus berkesinambungan, makanya sebuah situs web layak dinilai baik itu tidak cuma dari visual saja, tetapi dari kinerja dan informasi yang disampaikan itu bisa dipahami pengunjung dan sesuai dengan tujuan pembuat situs web,” papar Indra.

Dalam Indonesia Website Awards 2017, para peserta bersaing untuk memperebutkan berbagai penghargaan sesuai kategorinya masing-masing yaitu kategori Personal, Kategori Commercial/UKM dan Kategori e-Commerce.

Beberapa penghargaan yang diberikan dalam IWA 2017 antara lain Site of the Month Award, Public’s Favorite Website Awards dan pemenang utama, yaitu Site of the Year Award pada masing-masing kategori. Pada tahun pertamanya, ajang Penghargaan IWA tergolong kompetitif, dimana 120-150 peserta mengikuti IWA setiap bulannya.

Baca juga : Kapan Saat yang Tepat Untuk Membuat Website E-commerce Anda Sendiri?

Dan berikut ini adalah pemenang situs terbaik (grand prize) untuk penghargaan Indonesian Site of the Year 2017 pada 3 kategori :

“PERSONAL CATEGORY”

Ublik (ublik.id)

“COMMERCIAL CATEGORY”

Artforia (artforia.com)

“ECOMMERCE CATEGORY”

Pink Petals Indonesia (pinkpetals.id)

Indra juga menambahkan alasan pentingnya pelaku UKM mempunyai sebuah website, “Website dan nama domain merupakan dua hal penting yang harus dimiliki UKM untuk dapat memperluas pemasaran produknya secara online sekaligus merupakan identitas online mereka. UKM yang memiliki website sendiri dapat meningkatkan branding mereka di internet karena sebagian besar transaksi yang terjadi sudah secara online.

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia, mengungkapkan pentingnya momen penghargaan Indonesian Website Awards. Menurutnya perhelatan ini perlu dilakukan rutin setiap tahunnya.

Baca juga : Pentingnya Jasa Pembuatan Website Agar Bisnis Anda Bisa Berkembang, Alphanext Solusinya!

Nahh, selanjutnya website manakah yang akan menjadi yang terbaik di tahun 2018 ini??? Mari kita nantikan saja.

 

(Sumber : Kompas.com)