Ramadhan menjadi momen penting bagi semua muslim di Dunia. Dan mungkin hanya terjadi di Indonesia bagaimana momen Ramadhan dan Idul Fitri juga menjadi sebuah momen dimana aktifitas ekonomi dan jual beli masyarakat meningkat. Banyaknya transaksi yang terjadi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri memang menjadi peluang tersendiri bagi berbagai Usaha. Mulai dari kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan untuk takjil dan berbuka, hingga berbagai keperluan untuk menyambut Idul Fitri dimana masyarakat Indonesia mempunyai budaya memiliki hal “Serba Baru” di momen Idul Fitri.

Hal tersebut pun juga terlihat melalui data pencarian di Google yang disampaikan oleh Yudistira Adi Nugroho, yang juga seorang Industry Analyst Google Indonesia. Yang menjelaskan bahwa peningkatan kebutuhan Ramadhan membuat masyarakat membuat masyarakat rajin berburu informasi promo Ramadhan di mesin pencari Google.

Bahkan aktifitas pencarian tersebut sudah mulai menggeliat sejak seminggu sebelum ramadhan dan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadhan. “Secara total ada peningkatan 40 persen untuk pencarian informasi promo dibandingkan hari-hari reguler,” kata Yudistira.

Dan ada 5 promo yang dapat dikategorikan, yang mempunyai pencarian tertinggi selama Ramadhan. Promo ini dapat anda manfaatkan juga untuk dapat menjangkau dan memaksimalkan penjualan produk anda selama bulan ramadhan.

Pertama, Ritel dan Bahan Makanan.

Dengan kebutuhan sehari-hari yang meningkat, masyarakat cenderung mencari promo belanja yang ada di supermarket dan minimarket untuk meminimalisir pengeluaran. Jika anda menjual produk-produk yang termasuk FMCG dan dijual di minimarket atau supermarket. Maka jangan lupa untuk menyertakan promo ramadhan anda pada landing page khusus website anda.

Baca Juga: Menyiasati Algoritme Media Sosial untuk Promosi

Kedua, Travel.

Mudik adalah kegiatan tahunan yang tak boleh dilewatkan. Dari jauh hari masyarakat sudah mulai berancang-ancang untuk berburu promo ramadhan tiket pesawat atau kereta untuk mudik lebaran. Selain untuk mendapatkan harga yang lebih murah, hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi kehabisan tiket.

Mudik adalah tradisi, dan untuk menghindari kehabisan tiket, orang akan mulai mencari promo bahkan sebelum ramadhan

Ketiga, Gadget dan Telekomunikasi.

Saat menunggu waktu berbuka maupun perjalanan jauh saat mudik masyarakat saat ini lebih sering menghabiskan waktu dengan gadget mereka. Dan mereka akan berburu promo-promo paket data maupun paket video streaming agar tak “mati gaya”. Meski lapar dan letih saat perjalanan, setidaknya masih bisa menikmati hiburan-hiburan yang tersedia di ranah maya.

Selain provider celluler peluang besar juga menanti para retailer gadget bahkan sampai accesoriesnya. Para anak muda yang mendapatkan angpao lebaran dari saudara-saudara, juga cenderung membelanjakan uangnya untuk membeli gadget-gadget baru.

Keempat, Ecommerce.

Tentu saja Ecommerce menjadi jujukan utama untuk mendapatkan promo ramadhan. Budaya berbelanja online sudah cukup melekat bagi masyarakat Indonesia saat ini. Promo-promo yang dicaripun cukup beragam mulai dari keperluan busana muslim seperti baju koko, mukena, dan sebagainya untuk kegiatan keagamaan selama Ramadhan dan Idul Fitri. Dan juga berbagai promo baju dan segala hal keperluan baru pun tidak luput untuk dicari.

Dan bagi beberapa orang berbagai macam promo kue lebaran maupun parcel lebaran untuk dibagikan ke kerabat, rekan kerja, dan sebagainya juga menjadi hal yang paling dicari karena juga menjadi tradisi lebaran yang selalu dilakukan tiap tahunnya.

Pencarian promo ramadhan untuk Ecommerce ini juga menjadi peluang bagi para reseller, ataupun mereka yang menggerakan usaha di marketplace. Anda bisa memanfaatkan ini dengan juga mengumpulkan data promo-promo yang diadakan di marketplace, dan menjemput bola dengan menawarkannya kepada customer anda langsung.

Baca Juga: Strategi Promosi Instagram Paling Hits Tahun 2018 Bagi Para Startup

Kelima, Kartu Kredit.

Pengguna kartu kredit di Indonesia memang belum terlalu banyak, namun hal ini tidak mengurangi jumlah pencarian mengenai promo ramadhan yang dilakukan oleh Kartu Kredit. Dan tentu saja selain kartu kredit memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online, promo yang diberikan juga mungkin lebih meringankan para penggunanya.

Jadi, bergerak dibidang apakah bisnis anda? Adakah peluang yang dapat anda manfaatkan dari memuncaknya pencarian mengenai promo ini selama Ramadhan. Yang pasti sebagai entrepreneur kita juga harus pandai membaca peluang yang ada di pasar. Dan Ramadhan adalah potensi dan peluang yang luar biasa untuk siapapun. Maka jangan melewatkan berkah Ramadhan ini, tanpa mengurangi amalan selama bulan Ramadhan mungkin kita juga perlu banyak membaca peluang. Oh iya ingat juga di pertengahan atau akhir Ramadhan juga akan ada gelaran Piala Dunia Sepak Bola, mungkin itu juga bisa menjadi peluang anda.

Sumber: Detik.com