Di era teknologi atau zaman digital saat ini, mengakses internet dan membuka website adalah kegiatan yang lazim dilakukan oleh semua generasi. Pasalnya, makin banyak aktifitas yang mengharuskan kita terkoneksi dengan internet, sebuah aktifitas yang menjadi kebutuhan, mulai dari aktifitas kecil seperti mencari info kuliner, melihat email, hingga mengurus pekerjaan atau bisnis online, mengharuskan membuka sebuah website. Tren Desain Website .

Nah, seiring dengan meningkatnya kebutuhan yang variatif, berpengaruh juga pada perkembangan website sendiri. Perkembangan website berkembang sangat pesat sekali dari tahun ke tahun. Tren website pada tahun 2017 bisa jauh berbeda dengan tahun 2018 atau tahun-tahun berikutnya, karena teknologi begitu cepat berubah dan terus berubah.
Pada artikel kali ini, saya akan membahas prediksi tren teknologi dan desain website pada tahun 2018 dan beberapa tahun kedepannya berdasarkan berbagai referensi dan arah tren saat ini.

1. Notifikasi, Notifikasi & Web Push Notifikasi

Web Push Notification

Gambar: Web Push Notifikasi, Blibli.com

Tren yang pertama adalah Web Push Notifikasi. Dalam beberapa tahun terakhir, mungkin kita pernah melihat beberapa website yang meminta izin, untuk mengirimkan pemberitahuan-pemberitahuan dari mereka, hal inilah yang dinamakan Web Push Notifikasi. Teknologi ini mengadaptasi dari notifikasi Aplikasi, namun kita tidak perlu memaksa untuk mendownload aplikasi hanya agar bisa mengirim notifikasi untuk pengunjung website. Web Push Notification dapat mengirim pemberitahuan hanya dengan web browser yang diaktifkan.

Baca juga : 8 Kesalahan Sosial Media Marketing yang Perlu Dihindari

Gambar: Contoh Web Push Notifikasi

Mengapa menjadi tren website?

  • Yang utama, karena ini notifikasi dikirim dari website dan tidak tergantung pada aplikasi untuk mengirim pesan ke pengunjung website.
  • Update Terbaru, dapat digunakan untuk menarik perhatian pengunjung website dengan pemberitahuan terbaru tentang produk, berita, promo terbaru yang berhubungan dengan website.
  • Segmentasi Push Notification, kita juga melakukan segmentasi audience berdasarkan pola perilaku mereka yang bisa kita dapatkan jika menggunakan tool analisa Push Notification.

2. Kebangkitan Bots

Tenang, bukan bot seperti robots dalam film Transformer, jadi tidak perlu khawatir. Bots yang dimaksud adalah Bots interaksi pada website. Konsep interaksi mikro pada desain website sudah banyak diterapkan sejak beberapa tahun lalu. Namun, salah satu interaksi mikro yang akan menjadi trend di tahun 2018 penggunaan Bots atau Robot. Pengaplikasian yang paling banyak dan mudah dipahami adalah Chat Bots. Chat Bot adalah program yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan.

Gambar: Contoh Chat Bots pada 1-800-Flowers. https://m.me/1800FlowersAssistant

Apa yang bisa chatbot lakukan?

Chat Bot membantu dalam hal digital marketing. Bayangkan bahwa kamu memiliki sebuah restoran. Ketika restoran ini ramai dan tim customer service kewalahan melayani pengunjung, sebuah robot canggih akan membantu, “Ada yang bisa kami bantu?”. Penggunaan fitur ChatBot saat ini banyak berjalan di platform seperti Facebook Messenger atau Telegram.

3. Perang Melawan Ad Blockers

Tren penggunaan software atau ekstensi untuk mematikan iklan, secara tak langsung juga berpengaruh pada tren teknologi dan development website. Dari yang penulis pantau, saat ini mulai banyak dan akan bertambah banyak website yang meminta (atau bahkan mengharuskan) pengunjung website mematikan Ad Blockers sebelum mengijinkan mereka untuk mengakses konten website.


Gambar: Contoh Chat Bots pada 1-800-Flowers.

Mengapa hal ini terjadi?

  1. Beberapa situs web atau fitur utama tidak berfungsi dengan ad blockers yang menyala. Dengan Ad Blocker yang menyala, akan merusak tampilan website.
  2. Adblock berarti Anda perlu memikirkan lebih banyak tentang SEO
    Beberapa Ad Blocker tidak hanya mematikan display ads pada website, namun juga ads pada mesin pencarian, seperti Google Adwords ads pada hasil pencarian. Hal ini akan sangat berdampak pada hasil pencarian organic. Yang bisa dilakukan adalah membuat konten yang bagus dengan teknik onsite SEO, sehingga menarik pengunjung website untuk membagikan konten tersebut.

Website, Marketing dan Adblocking semua saling berlomba-lomba dalam perkembangannya. Hal ini juga harus dipikirkan dalam development website.

Baca juga : 4 Ide Bisnis untuk Generasi Millennial

4. Virtual Reality (VR) and Augmented Reality (AR)

Tren penggunaan Virtual Reality (VR) and Augmented Reality (AR) menarik untuk di amati terlebih pada tahun 2018. Dua teknologi yang terbilang bisa dibilang baru ini, masih belum banyak di gunakan.

5. Responsive Web Design

Dari banyak analitik website, rata-rata menunjukan lebih dari 60% pengakses website berasal dari perangkat mobile. Tren teknologi & desain website Tahun 2018 juga masih mengarah pada development website yang mobile friendly. Tampilan antar muka web saat ini mulai terlihat banyak mengadaptasi fiture mobile.

Itulah, 5 prediksi Tren Teknologi & Desain Website Tahun 2018 dan bagaimana menyikapinya. Jika ada beberapa tren lain silahkan menuliskannya pada komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.