Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah SEO ini. Search Engine Optimization (SEO) atau Optimisasi Mesin Pencari merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs website. Sebagian besar SEO selalu membicarakan tentang SEO suatu blog, lalu bagaimana dengan SEO produk. Bagi Anda yang bergelut di bidang e-commerce, SEO produk sangatlah penting untuk bisnis Anda. Lalu bagaimana cara meningkatkan SEO produk untuk e-commerce? Berikut ini cara meningkatkan SEO produk yang akan membantu Anda meningkatkan omset bisnis.

Berikut ini adalah cara meningkatkan SEO produk:

1. Struktur URL

Cara meningkatkan SEO produk yang pertama yaitu dengan memperhatikan struktur URL produk. URL haruslah KISS (Keep It Simple, Store-owner!). Maksudnya adalah URL itu harus sederhana, relevan dan mudah dipahami oleh manusia dan juga mesin pencari.

Menurut Anda lebih relevan mana kedua url di bawah ini?

  1. https://happykado.com/shop/ php?item=12908
  2. https://happykado.com/shop/jual-boneka-stitch-murah/

Jawabannya adalah URL no.2. Semakin sederhana, relevan dan mudah dipahami oleh manusia maupun mesin pencari, maka Google akan semakin mudah mengidentifikasinya. Ini merupakan cara meningkatkan SEO produk yang sangat krusial.

Untuk awal keyword lebih baik mencantumkan kata ‘jual’ dan bisa diikuti kata ‘murah’ maupun suatu kota. Misalnya kota Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, dan kota lainnya

2. Breadcrumbs

Breadcrumbs biasanya muncul secara horizontal di bagian atas sebuah halaman website, yaitu di bawah bar judul atau header. Breadcrumbs berfungsi untuk mengetahui sedang dihalaman mana sekarang visitor berada. Dengan breadcrumb pula, urusan navigasi link akan lebih mudah.

Contoh breadcrumbs seperti di bawah ini:

Breadcrumbs ini merupakan cara meningkatkan SEO produk. Tidak hanya membantu visitor mencari tahu di mana mereka berada di toko Anda. Tapi juga untuk membangun link internal ke halaman lain di situs Anda.

Baca juga: 5 Strategi SEO yang Sering Terabaikan

3. Tag

Cara meningkatkan SEO produk yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tag. Tag ini berfungsi sebagai deskripsi singkat dari konten halaman produk Anda. Sama halnya seperti URL, tag juga membantu mesin pencari untuk lebih mudah melakukan mengidentifikasinya.

Berikut ini adalah formula untuk mengoptimalkan tag SEO produk:

Kata Kunci Primer | Kata kunci sekunder | Nama merk

4. Deskripsi Produk

Kebanyakan orang cenderung meremehkan kegunaan deskripsi produk ini. Padahal ini merupakan salah satu cara meningkatkan SEO produk Anda. Ini merupakan cara terbaik untuk membedakan online shop Anda dengan online shop lainnya di luar sana. Bisa saja ada terlalu banyak e-commerce dengan deskripsi produk seperti yang didapatkan dari produsen. Jadi sebagian besar e-commerce tidak merubah deskripsi produk yang didapatkan dari produsen.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap Algoritma Google Panda. Google Panda adalah Algoritma Google yang difokuskan untuk mencari dan mebredeli ranking sebuah situs yang mempunyai kualitas situs rendah.

Jadi deskripsi produk ‘kembar’ yang dilakukan oleh beberapa e-commerce akan terdeteksi oleh Algoritma Google Panda ini. Hal ini bisa saja dikategorikan sebagai spam oleh Google. Terlihat jelas bukan bahwa Google benar-benar ingin menyingkirkan situs yang hobi copas tanpa memikirkan keoriginalitasan.

5. Gambar Produk

Dewasa ini, banyak visitor yang melakukan pencarian melalui pencarian gambar. Jadi gambar produk ini merupakan cara meningkatkan SEO produk untuk pencarian gambar. Nama gambar produk akan banyak membantu dalam pencarian gambar. Daripada nama gambar produk itu 15967502_1368486746554655_1626358934_o-600×600.jpg , akan lebih baik kalau disesuaikan dengan tag, deskripsi produk, maupun keyword yang digunakan. Bisa meletakkan lebih dari 1 gambar, yaitu berupa album.

Ukuran gambar juga mempunyai peranan di sini. Hindari ukuran hambar yang terlalu besar maupun yang terlalu kecil. Apabila ukuran gambar terlalu besar, ini akan memperlambat kecepatan website Anda. Selain itu juga menyebabkan visitor akan drop off dan mesin pencari akan menurunkan peringkat Anda. Ukuran gambar yang terlalu kecil, akan membuat visitor kurang jelas untuk mengetahui gambar produk Anda.

6. Meta Deskripsi

Ketika membicarakan mengenai optimasi SEO, tidak dapat dipungkiri banyak e-commerce yang menggunakan meta deskripsi yang sama untuk produk mereka. Namun tahukah Anda, bahwa hal ini juga merupakan salah satu musuh dari SEO. Meta deskripsi antara produk satu dengan produk lainnya haruslah berbeda satu sama lainnya.

Di dalam meta deskripsi harus ada kata-kata sama dengan keyword yang digunakan. Bisa juga diikuti dengan nama suatu kota, maupun kata ‘murah’ dan juga ‘jual’. Selain itu, juga harus merupakan bagian dari URL dan judul SEO produk tersebut. Meta deskripsi harus ditulis dengan tujuan untuk membantu e-commerce Anda bisa menarik untuk diklik ketika muncul di mesin pencari.

Baca juga: 5 Tips Memilih Endorser yang Tepat untuk Bisnis Anda di Instagram

7. Keyword

Keyword ini merupakan langkah awal dalam cara meningkatkan SEO produk. Anda harus menentukan terlebih dahulu keyword apa yang ingin Anda gunakan. Keyword bisa berhubungan dengan produk yang ditampilkan. Akan jauh lebih baik apabila ada kata ‘jual’ maupun ‘murah’ di dalam keyword. Hal ini dikarenakan kebanyakan visitor akan melakukan pencarian dengan kata ‘jual’, ‘murah’, maupun nama suatu kota, dan juga merk produk tersebut.

8. Review Produk

Jika e-commerce Anda tidak memiliki review produk, Anda akan kehilangan kesempatan besar untuk meningkatkan SEP produk Anda. Tidak hanya orang saja yang senang dan mencari review produk, namun mesin pencari. Hal ini akan membantu Anda mengoptimalkan produk Anda.

Review produk juga menambahkan micro-data ke halaman Anda. Dalam contoh ini Anda dapat melihat bagaimana mikro-data yang bermanifestasi sebagai rating bintang dan jumlah ulasan. Ini akan membantu visitor memutuskan apakah mereka harus mengklik pada hasil atau pergi ke laman berikutnya.

Itulah cara meningkatkan SEO produk Anda. Jangan sampai Anda tidak menghiraukan hal tersebut. Karena ini akan sangat mempengaruhi website dan tentunya bisnis Anda.

Dari kedelapan cara meningkatkan SEO produk di atas, ada berapa cara mana yang belum Anda terapkan?

Apakah Anda ingin merubah bisnis OFFLINE Anda selama ini untuk menjadi bisnis ONLINE? Bagaimana caranya? Berikut ini panduan GRATIS bagi Anda untuk mengubah bisnis Anda menjadi online dan bersiaplah untuk omset yang akan meningkat dengan mudah. KLIK DI SINI UNTUK FREE EBOOK ANDA >> http://bit.ly/deid-free-ebook