Marketing melalui sosial media telah menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Marketing melalui sosial media dinilai memiliki tingkat keuntungan yang jauh lebih tinggi dari pemasaran secara langsung.

Apapun yang kita jual, kita tetap dapat memanfaatkan sosial media sebagai media marketing yang efektif.

Disamping mengurangi biaya untuk pemasaran, merk yang Anda bangun akan tetap tumbuh. Sayangnya, banyak sekali pelaku usaha yang melakukan kesalahan sosial media marketing.

Simak 10 kesalahan umum sosial media marketing di bawah ini:

1. Tidak Memiliki Rencana

marketing sosial media
kesalahan marketing sosial media

Marketing membutuhkan perencanaan, begitu juga dengan marketing melalui media sosial. Anda perlu mempertimbangkan tujuan, anggaran, kebutuhan sumber daya, tindakan yang akan diambil serta bagaimana Anda akan mengukur hasil.

Marketing melalui media sosial tanpa rencana yang matang hanya akan membuang waktu. Sekalipun Anda menggunakan sosial media, Anda tetap harus memperhatikan rencana seperti marketing secara offline.

2. Merasa Sosial Media Marketing Tidak Efektif

Berhentilah berpendapat bahwa media sosial marketing tidak efektif. Beberapa orang beranggapan media ini hanya sesuai untuk remaja dan pakar teknologi.

Saat ini sosial media telah menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Jika Anda berpikir bahwa sosial media tidak tepat untuk industri Anda, maka Anda salah.

Jika Anda berhasil mengumpulkan strategi sosial media yang efektif maka Anda akan memiliki keunggulan dalam berkompetisi.

3. Mengabaikan visitor

marketing sosial media
kesalahan marketing sosial media

Apakah Anda aktif menanggapi komentar atau respon pengunjung?

Jika Anda melakukan pembaruan pada sosial media namun tidak peduli dengan respon pengunjung, maka tindakan marketing yang Anda lakukan akan sia-sia.

Anda harus merancang konten yang akan menghasilkan komentar dan respon dari pengunjung. Jika sosial media Anda tidak mendapat reaksi dari pengunjung, maka Anda harus meninjau kembali strategi yang Anda buat.

Ketika pengunjung memberi komentar atau respon, pastikan Anda membalasnya. Jangan lupa untuk tetap bersikap ramah dalam menanggapi komentar positif atau negatif.

4. Salah Menentukan Indikator Keberhasilan

kesalahan marketing
kesalahan sosial media marketing

Apa yang Anda jadikan patokan keberhasilan sosial media marketing?

Apakah jumlah pengikut di sosial media atau tingkat pertumbuhan bisnis Anda?

Seringkali pelaku bisnis menilai keberhasilan sosial media marketing dari jumlah pengikutnya seperti jumlah follower di Twitter atau jumlah penggemar di Facebook.

Jangan terlalu bahagia ketika jumlah pengikut Anda berkembang dengan cepat. Anda perlu memperhatikan marketing sosial media dengan dampaknya pada bisnis Anda.

Ketika sosial media Anda nampak mengalami kemajuan namun tidak terjadi pada bisnis Anda, berarti ada kesalahan yang harus Anda temukan.

Baca Juga Memaksimalkan Marketing di Media Sosial

5. Mengirimkan Pesan yang Sama ke Semua Akun

kesalahan marketing
kesalahan marketing

Berapa akun sosial media yang Anda miliki?

Jika Anda memiliki beberapa akun sosial media, pastikan bahwa Anda tidak mengirimkan pesan yang sama ke semua akun tersebut.

Setiap jejaring sosial memiliki karakteristik dan kebiasaan yang berbeda. Begitu juga dengan bahasa yang digunakan serta jenis konten yang dimunculkan.

Anda perlu memperhatikan perbedaan antara jejaring sosial tersebut agar usaha Anda efektif. Pelajari bagaimana orang berinteraksi dalam semua jejaring sosial yang Anda gunakan.

6. Memiliki Terlalu Banyak Akun

kesalahan marketing
kesalahan marketing

Memiliki terlalu banyak akun sosial media ternyata bukan ide yang bagus. Ini menjadi kesalahan yang sering dilakukan banyak pelaku bisnis.

Akun yang terlalu banyak hanya akan menunjukkan bahwa sosial media marketing Anda hanya memberi sedikit hasil.

Dua hingga empat akun sebenarnya sudah cukup untuk menghasilkan pemasaran yang efektif. Fokuskan sumber daya dan energi Anda pada jaringan sosial yang berdampak besar pada bisnis.

7. Hanya Tentang Anda

Ketika Anda hanya berbicara tentang diri sendiri atau hanya tentang bisnis Anda, maka Anda akan kesulitan berinteraksi dengan orang lain.

Jika Anda ingin sosial media marketing Anda berhasil, maka Anda harus mendekati penonton Anda. Buatlah konten berkualitas yang sesuai dengan minat dan norma dari pengikut Anda.

Anda perlu membuat konten yang terasa penting bagi pengikut Anda, sehingga mereka merasa tertarik terhadap konten sekaligus mengenal bisnis Anda.

8. Tidak memiliki kebijakan

 

kebijakan sosial media
kebijakan sosial media

Kebijakan dalam sosial media ternyata sangat dibutuhkan. Mengabaikan kebijakan dalam sosial media hanya akan membawa bahaya di masa depan.

Anda harus menerapkan kebijakan tertentu dalam sosial media Anda seperti menolak konten yang bersifat rasis, diskriminatif atau menghina. Pastikan juga bahwa seluruh karyawan Anda mengetahui kebijakan tersebut dan mengikutinya.

Pastikan juga Anda memiliki kebijakan yang sama dalam membuat dan mengelola akun resmi bisnis Anda. Anda juga perlu menjaga batasan akses ke akun tersebut dan ubahlah kata sandi secara teratur.

Apakah Anda masih sering melakukan kesalahan di atas?