ActiveCampaign tunjang efektifitas email marketing sebuah bisnis? Ya, Active campaign adalah tools online yang umum digunakan untuk menunjang efektifitas email marketing sebuah bisnis. Tools online yang satu ini sangatlah berguna dalam proses pembangunan email list, dimana ia dapat dipergunakan untuk men-segmentasi penerima email/ audience berdasarkan kebiasaan audience/ penerima email dalam membaca email.

Email list tertarget dapat dibangun untuk email marketing yang baik. Tidak hanya itu, tools online active campaign dapat memungkinkan usernya untuk membalas email audience/ pelanggan secara langsung dan menggunakan tags serta CRM.

Di dalam email marketing sangat penting adanya automation. Lalu apa saja automation dalam ActiveCampaign yang bisa Anda terapkan untuk melancarkan bisnis Anda? Simak ulasan berikut:

1. Tag

activecampaign

Saat kontak email list Anda mengunjungi halaman produk tertentu di situs Anda, Anda dapat memberikan tag pada kontak list Anda. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mensegmentasikan dan mengirimkan penawaran yang sesuai dengan apa yang Anda targetkan pada mereka.

2. Welcome Sequence

automation di activecampaign

Jika Anda telah menerapkan upgrade konten pada beberapa halaman di situs Anda, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengirim custom sequence selamat datang untuk mengarahkan kembali kontak email list Anda ke lead magnet yang telah kontak Anda subscribe.

Namun, jika Anda menggunakan layanan email lainnya, Anda harus membuat list baru pada setiap lead magnet. Di dalam activecampaign, setiap sequence yang Anda buat akan dengan mudah mengotomasi sendiri dan Anda bisa menggunakan tag untuk memastikan kontak list Anda tidak masuk di welcome sequence lebih dari sekali.

3. Penghapusan List Berkala

automation di activecampaign

Kunci dari email marketing adalah tidak memiliki list terbesar atau terbanyak. Namun, pastikan untuk memiliki list yang reponsif. Setiap 60 hari sekali (Anda bisa menentukan jumlah hari sendiri), ActiveCampaign akan memeriksa apakah ada subscriber Anda yang telah membuka beberapa email sequence Anda.

Jika kontak email list Anda tidak membukanya sama sekali, ActiveCampaign akan mengirimkan beberapa email untuk memeriksa respon dari mereka. Jika kontak email list tersebut tetap tidak ada respon, maka ActiveCampaign akan menghapus kontak email list Anda dari list Anda secara otomatis.

4. Cart Abandonment Automation

automation di activecampaign

Katakanlah saat ini Anda sedang menjual sebuah produk di situs Anda. Jika kontak list Anda mengunjungi halaman checkout Anda tetapi tidak membeli produk Anda dalam waktu satu jam, automation ini akan mengirim sebuah email ke kontak list Anda.  Berisi tentang permintaan apabila mereka memiliki beberapa pertanyaan tentang produk atau pembelian produk tersebut dan mengingatkan mereka untuk menyelesaikan pembayaran mereka.

5. Penargetan Ulang pada E-mail

automation di activecampaign

Apakah Anda pernah memperhatikan ketika Anda mengunjungi website tertentu, dan Anda sering melihat iklan dari website tersebut di situs yang Anda kunjungi? Hal ini disebut dengan penargetan ulang pada iklan.

Anda bisa melakukan hal yang sama pada email.

Seumpama Anda memiliki sebuah blog yang berisi artikel yang membicarakan tentang keuntungan dari list building di situs Anda. Ketika kontak email list Anda mengunjungi halaman tersebut, Anda dapat membuat automation dari activecampaign yang bisa mengirimi mereka sebuah email promosi tentang list building sistem dan bagaimana solusi terbaik untuk membangun sebuah email list.

Resend  Campaign

automation di activecampaign

Fitur unik lain dari ActiveCampaign adalah bisa mengirim ulang campaign Anda. Sebagai contoh Anda memiliki campaign yang benar-benar bagus. Meskipun hanya dalam waktu 3 bulan saja Anda mengirimkan campaign tersebut, tetapi Anda telah berhasil menambahkan seribu subscriber baru ke list Anda.

Activecampaign memberikan opsi pada Anda untuk mengirimkan ulang campaign tersebut hanya ke kontak list baru yang belum pernah menerima campaign Anda tersebut. Namun Anda jangan khawatir, sebab kontak list Anda yang telah mengetahui campaign tersebut tidak akan menerima campaign tersebut lagi.

Activecampaign juga memberikan opsi lain yaitu Anda bisa mengirim email broadcast ke kontak list Anda yang tidak membuka email blast asli Anda. Maksudnya adalah untuk mengirim ulang campaign Anda namun dengan menggunakan subject line yang berbeda. Karena mereka tidak membuka email Anda di tempat pertama, mereka tidak pernah melihat konten tersebut dan Anda bisa tetap memakai subject line yang sama.

Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak membuka email Anda sebelumnya, dan opsi pengiriman ulang pada activecampaign ini memberikan kesempatan pada Anda untuk memperluas jangkauan Anda dengan menargetkan orang-orang tersebut.

Reports

automation di activecampaign

Waktu pengiriman email merupakan bagian yang sangat penting dalam bisnis Anda. Fitur reports merupakan fitur dimana Anda akan menghabiskan banyak waktu Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat apa saja yang berjalan dan tidak pada email marketing Anda.

Di laporan keseluruhan, Anda akan mengetahui grafik open rates harian Anda. Hal yang paling penting adalah ringkasan statistik (summary stats). Disini Anda akan mengetahui open rate Anda, click rate, unsubscribes dan bounce.

Laporan email klien juga sangat berguna. Anda dapat mengetahui email klien mana yang paling populer dan mengubah strategi Anda yang sesuai. Contohnya, jika mayoritas subscriber Anda menggunakan gmail, Anda mungkin ingin lebih fokus untuk memastikan email Anda berada di Gmail Primary Tab.

Jika subscriber Anda sebagian besar menggunakan email klien di  mobile atau smartphone, maka lebih baik Anda memastikan untuk menguji terlebih dahulu apakah email Anda terlihat baik di layar kecil atau pas untuk mobile.

automasikan dan mulai rekonstrusi cara kerja lama Anda!