Anda susah dalam mengembangkan toko baju? Terapkan 5 tips berikut. Apa saja itu?

Berjualan baju memang susah susah gampang. Kemudahannya yakni akhir-akhir baju dijadikan kebutuhan utama bagi orang yang memiliki pergaulan luas. Mereka akan lebih sering membeli baju agar terkesan kekinian.

Kendala utamanya adalah bagaimana caranya orang lain bisa mengenal baju yang Anda jual. Tentu, tidak mudah. Apalagi, Anda sudah punya toko baju.

Berikut ini lima tips agar orang lain bisa tertarik untuk membeli baju dari toko Anda.

1. Melakukan Survei Pasar

Punya toko saja, bukan berarti tugas Anda sudah selesai dalam berbisnis. Setidaknya, Anda melakukan survei pasar. Survei pasar dilakukan dengan melihat harga baju sejenis yang dijual di toko sekitar. Dengan mengetahui harga mereka, Anda bisa menentukan harga yang pantas untuk baju yang Anda jual. Harga baju yang Anda jual bisa lebih murah dari pesaing Anda.

Selain itu, Anda bisa mencermati kondisi persaingan bisnis baju di sekitar Anda. Tujuannya, untuk melihat siapa saja yang suka membeli baju dan apa saja kendalanya dalam berbisnis. Sejak awal, Anda bisa mengantisipasi resiko apa saja dan segera membuat solusinya.

Baca juga Cara Mudah Mendapat Banyak Like Di Instagram 

2. Menentukan Produk Unggulan

Jika Anda menjual berbagai jenis baju, pembeli Anda bisa dari berbagai kalangan dan usia. Namun, kelemahannya, Anda tidak bisa menentukan dari kalangan mana dan sekitar usia berapa pembeli Anda. Setelah Anda menentukan produk unggulan Anda, Anda bisa lebih tahu siapa pembeli Anda. Semisal, Anda menfokuskan produk unggulan pada baju anak-anak. Tentu, pembeli Anda adalah ibu-ibu (karena ibunya yang pegang uang) dan anak-anak. Dengan begitu, tinggal Anda bagaimana agar mereka tertarik dengan baju yang Anda jual.

Produk unggulan bisa juga Anda isi dengan produk yang laris terjual. Setelah mereka tahu, mereka akan tertarik dengan produk Anda. Apalagi zaman sekarang, memiliki baju yang lagi ngehits adalah suatu kebanggaan. Mereka akan membeli baju yang Anda letakkan di produk unggulan.

Baca juga 10 Macam Bisnis Di Instagram Yang Bisa Anda Dirikan

3. Menentukan Lokasi Yang Strategis

Jika Anda sudah punya toko baju namun kurang banyak pembeli, bisa saja lokasi toko Anda kurang tepat. Pemilihan lokasi toko sangat berpengaruh bagi pembeli. Terlebih untuk calon pembeli yang belum pernah ke toko Anda, mereka akan kesulitan jika lokasi Anda kurang strategis.

Pilih lokasi toko yang mudah ditemukan dan dekat keramaian. Misalnya, dekat dengan jalan raya, dekat dengan perempatan jalan, dan sebagainya. Selain itu, pilih lokasi toko yang dekat dengan tempat yang familiar. Misalnya, toko Anda beralamat dekat masjid, dekat kantor pos, dekat toko swalayan, dan lain sebagainya. Yang terakhir, pasang nama toko Anda di depan toko Anda. Pasti, tujuannya agar calon pembeli Anda tidak salah toko.

Baca juga Menambah Pemasukan Dengan Strategi Affiliate Marketing

4. Memiliki Strategi Promosi Yang Tepat

Sebuah strategi promosi sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Jangan menunggu pembeli Anda datang secara tiba-tiba tanpa promosi. Mereka tidak akan datang jika Anda tidak menawarkan kepada mereka. Anda bisa melakukan serangkaian promosi jitu untuk menarik calon pembeli ke toko Anda.

Sudah sering kita dengar bahwa toko online lebih diminati karena bisa menjangkau lebih luas. Apakah Anda sudah memiliki akun media sosial untuk menjual baju dari toko Anda? Jika belum, Anda perlu membuatnya. Anda bisa menggunakan facebook dan instagram sebagai tempat promosi baju. Dengan menggunakan media sosial, Anda memperluas jangkauan siapa yang membeli baju Anda.

Selain itu, beri diskon pada pembeli kesekian atau pada event tertentu. Dengan begitu, mereka akan tertarik membeli baju karena harganya lebih miring dari biasanya.

5. Menampilkan Yang Terbaik

Yang terakhir ini, yang paling penting. Memberi tampilan yang terbaik. Karena calon pembeli sama sekali tidak tahu baju yang Anda jual, Anda perlu menampilkan baju dengan foto yang baik. Setelah itu, pasang foto baju ke akun media sosial Anda. Bisa di facebook atau instagram.

Walaupun Anda memperluas penjualan lewat media sosial, bukan berarti Anda tidak mempercantik toko Anda. Toko offline Anda tetap Anda operasikan untuk melayani pembelian secara langsung. Selain itu, untuk membuat pembeli percaya bahwa toko baju Anda memang benar-benar ada secara offline.

 

Bagaimana dengan kelima tips di atas?

Apakah Anda mendapat wawasan baru untuk mengembangkan bisnis baju Anda?

Segera lakukan tips tersebut untuk mendapat penjualan yang hebat.

Apabila Anda punya tips lain, Anda bisa berbagi dengan kami lewat kolom komentar.