Teknologi informasi di era modern seperti saat ini sangat berpengaruh pada pola kehidupan konsumen. Perubahan pola serta selera akan kebutuhan konsumen menuntut mereka untuk mengambil suatu keputusan berdasarkan kebutuhan dari berbagai macam produk atau jasa yang ditawarkan. Teknologi informasi ini pun sudah melekat pada kehidupan manusia guna memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi antar satu sama lain.

Di era modern ini, iklim jual beli di masyarakat memang telah berubah. Media sosial membuat banyak perubahan dalam perkembangan bisnis, dan pada akhirnya mengubah juga cara konsumen berinteraksi dengan perusahaan. Mau tak mau sebagai pelaku bisnis anda harus mengikuti perkembangan ini jika ingin memenangkan pasar. Jika tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sudah pasti kita akan tergerus secara perlahan. Suka tidak suka, tren pemasaran dengan menggunakan media digital memang harus dihadapi.

Baca juga : Memaksimalkan Marketing Di Media Sosial

Berbicara mengenai strategi pemasaran modern, saat ini memang telah terjadi perubahan besar dalam dunia bisnis. Media promosi adalah salah satu hal yang mengalami perubahan drastis. Semakin dekatnya dunia maya dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, membuat era digitalisasi tidak bisa kita hindari.

Social selling merupakan metode penjualan yang memanfaatkan media sosial untuk menemukan calon konsumen potensial, membangun kepercayaan, dan pada akhirnya, menjual produk atau jasa. Alasan social selling menjadi sangat penting bagi perkembangan bisnis di era modern seperti saat ini adalah karena adanya perubahan iklim jual beli yang tadinya masyarakat harus datang ke toko ritel untuk membeli barang, namun sekarang hanya melalui media sosial atau internet saja masyarakat sudah bisa membeli produk atau jasa yang dibutuhkan. Dan tidak bisa dipungkiri lagi konsumen di masa modern seperti sekarang ini memiliki ketergantungan yang erat dengan teknologi kekinian.

Sedangkan peran social selling di era pemasaran modern seperti saat ini adalah:

  • Social selling sebagai media promosi yang efektif

Media sosial menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif dan langsung ke sasaran. Melalui facebook, twitter dan instagram anda dapat memberikan informasi seluas-luasnya akan produk anda kepada konsumen. Dengan memanfaatkan media sosial, konsumen anda juga tidak terbatas, dalam arti bisa dari dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi berkat jaringan internet, kini siapa pun dapat berbelanja dengan lebih mudah kapan dan dimana saja sehingga produk anda lebih muda dikenal masyarakat.

Baca juga : 4 Ide Bisnis untuk Generasi Millennial yang Sangat Menguntungkan

  • Social selling membantu membangun hubungan yang nyata dan mendekatkan anda dengan konsumen potensial
social selling
Menggunakan sosial media untuk berhubungan langsung dengan pelanggan akan membangun jaringan yang kuat

Komunikasi dengan calon pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk mendekatkan diri dengan mereka. Jika bisnis anda masih kecil mungkin akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Tapi bagi perusahaan besar mungkin mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Beruntungnya, pada era digital saat ini semua perusahaan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan para pelanggannya, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

Menggunakan sosial media untuk berhubungan langsung dengan pelanggan akan membangun jaringan yang kuat lewat berbagai media sosial yang memungkinkan anda mencari prospek pengenalan produk baru dan pelanggan juga bisa langsung menyampaikan keluhan mereka kepada anda sehingga dengan cepat membangun kepercayaan publik.

  • Social selling memudahkan anda untuk menemukan partner bisnis yang lebih luas

Adanya media sosial juga dapat memudahkan anda terhubung dan menemukan rekan bisnis baru sehingga anda bisa menjalin kerjasama untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis anda. Mungkin juga anda bisa mendapatkan partner untuk distributor baru. Saat ini media sosial merupakan ajang untuk mencari keuntungan para pebisnis.

  • Social Selling membantu anda dalam mengikuti persaingan pasar yang ketat
social selling
Melalui media sosial anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor

Jika bisnis anda tidak menerapkan social selling, maka bisnis anda akan menghadapi persaingan yang lebih menantang dikarenakan para pesaing yang sudah banyak menerapakannya dalam strategi pemasaran mereka. Terutama pada era digital seperti sekarang ini, setiap brand terkenal dan penjualan profesional telah melakukannya sejak lama. Melalui media sosial anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor atau pesaing. Dari informasi yang didapat, anda bisa menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran. Sebagai pelaku bisnis online anda juga bisa lebih banyak belajar dari pesaing-pesaing anda bagaimana anda bisa menjual produk anda agar lebih unggul dari produk yang dijual oleh para pesaing.

Baca juga : Mengubah Strategi Bisnis Agar Tetap Bertahan Di Era Digital

Dengan adanya perubahan pencarian informasi dan juga cara berkomunikasi dengan orang lain ini, tentunya strategi pemasaran juga mengalami perubahan. Kalau kita bisa memahami trend saat ini dan mampu memanfaatkannya, maka kita akan bisa memenangkan pasar dengan mudah. Sebaliknya jika kita sebagai pebisnis tidak bisa mengikuti perkembangan pasar di era modern maka siap-siap saja bisnis kita tidak akan bisa berkembang dan bisa jadi akan mengalami kerugian yang cukup besar.