Instagram akhirnya meluncurkan fitur baru yang anda sendiri tidak pernah tahu membutuhkannya atau tidak: sebuah jaringan TV

Aplikasi IGTV – Sebuah aplikasi tapi juga fitur, dan keduanya sebagai sebuah sistem TV tapi juga tidak bisa serta merta dikategorikan seperti itu – diklaim oleh Instagram sebagai “fitur paling menarik hingga saat ini”. Tapi nyatanya fitur yang satu ini sedikit membingungkan, setidaknya di awal-awal ini.

Singkatnya, ini adalah cara untuk melihat banyak sekali video di Instagram tanpa harus memikirkan apa itu post, feeds, atau stories. Nyatanya aplikasi ini lebih dari itu.

Apa itu aplikasi IGTV?

Ini adalah Instagram, yang mempunyai Video yang panjang. Aplikasi ini di peruntukan untuk menonton konten yang jauh lebih panjang.

Hal utama yang membedakan IGTV dari Isntagram biasa adalah tidak adanya feed, tak ada gambar tidak bergerak dan tak ada story. Ini juga menghilangkan pembatasan durasi video yang dimiliki oleh Instagram yang biasanya hanya berdurasi satu menit – di IGTV, video dapat berdurasi satu jam.

Dan IGTV membedakan dirinya dengan rival-rivalnya seperti YouTube dengan berfokus hanya kepada Video Vertikal, dengan berkata “dibangun untuk bagaimana seharusnya anda menggunakan ponsel”. Singkatnya, anda tak perlu harus memutar-mutar ponsel untuk melihat postnya.

Di organisir melalui yang namanya “Channel”, dan bukan profile. Namun keduanya sebenarnya sama saja: ketika anda atau siapapun yang anda ikuti mendaftar ke Service tersebut, anda akan diminta membuat channel, dan channel tersebut akan dicocokan dengan profil yang biasa anda gunakan di Instagram.

Banyak diantara Instagrammer terkenal dunia yang telah membuat channel mereka, atas permintaan Instagram. Dan Itu termasuk dinasty Kim Kardashian West hingga Klub bola favorit saya Manchester United.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Algoritme Instagram?

Kenapa aplikasi seperti ini dibuat?

Ada dua jawaban untuk pertanyaan ini: Keduanya benar, dan entah yang mana yang menurut anda penting tergantung pada bagaimana pandangan anda terhadap Instagram.

Yang pertama, orang-orang suka dengan video yang ada di Instagram – meskipun sebenarnya Instagram di desain sebagai aplikasi Foto, namun gambar bergerak telah mengambil alih platform ini. Jadi Instagram telah meluncurkan cara lebih baik dan lebih panjang untuk menikmati dan menonton video yang anda suka, menaruhnya ke app khusus agar orang-orang dapat melakukannya dengan mudah.

Namun penting juga sebagai catatan bahwa pemilik Instagram saat ini yaitu Facebook sudah dari sejak lama ingin menjadi sebuah video platform – dan telah meluncurkan berbagai initiatif, dan tidak semuanya dikatakan berhasil untuk pencapaianya. Iklan yang ditaruh di dalam video memiliki biaya yang lebih tinggi dan juga lebih berharga bagi Facebook dan Instagram, semakin orang-orang didorong untuk menonton mereka, maka akan semakin baik.

Bagaimana saya bisa mendapatkan IGTV?

Ada dua cara untuk menggunakan IGTV. Yang pertana melalui Instagram, dimana tombol kecil akan muncul saat orang-orang di feed anda memposting sesuatu yang baru. Namun yang paling jelas dan penting ada aplikasi terpisah yang bisa anda download di Playstoer dimana IGTV beneran hidup.

Saat ini sudah bisa anda download melalui playstore, namanya IGTV by Instagram.

Bagaimana saya dapat melihat Video IGTV?

Tinggal download aplikasinya dan buka. Selama anda telah memfollow beberapa orang di Instagram, maka video IGTV mereka akan muncul dan otomatis diputar secara Full Screen.

Di bawahnya, anda dapat menswipe scroll berbagai post di tab “For You”, yang disusun berdasarkan informasi Instagram dalam mencoba menebak-nebak apa yang ingin anda lihat di IGTV.

Anda dapat juga membuka tab “Following” untuk melihat list post terbaru yang dibagikan oleh orang-orang yang anda follow, lalu tab “Popular” semacam trending videos yang sedang dilihat di seluruh IGTV, atau tab “Continue Watching” untuk melanjutkan video panjang yang mungkin belum selesai anda lihat.

Setidaknya untuk saat ini fitur-fitur itu yang ada. Mungkin ada juga sedikit fitur di aplikasi IGTV mengenai pengalaman menonton video.

Bagaimana Cara membuat Channel IGTV?

Seperti apa yang dikatakan oleh Instagram tentang para selebriti yang bergabung dengan layanan mereka, IGTV juga ingin orang-orang biasa seperti kita untuk terlibat juga. Jadi anda juga bisa membuat Program IGTV anda sendiri, jika anda berminat.

Meski begitu, aplikasi tersebut tidak secara terang-terangan menunjukan bagaimana cara untuk melakukanya. Sepertinya jelas bahwa fitur ini diutamakan untuk para selebritis dan channel besar yang membuat, sementara orang normal sebagai pemirsanya.

Maka untuk memulai IGTV channel anda sendiri sebenarnya sangatlah mudah, buka aplikasi IGTV dan click ke Foto profil anda yang ada disamping sebelah icon gear. Setelah itu anda akan ditanya untuk membuat channel anda, dan akan membawa anda ke beberapa langkah dan memberi arahan anda untuk membuat channel.

Setelah selesai, and akan kembali ke Home feed anda. Sekarang kapanpun anda ingin membagikan video anda dapat tap foto profil anda lagi dan anda akan masuk ke channel anda – kemudian tinggal tap lagi tombol Plus dan anda bisa melakukan upload Video.

Penting untuk catatan bahwa – tidak seperti Instagram – IGTV tidak dibekali dengan fitur apapun untuk membuat Video yang ingin anda Upload. Maka, anda perlu merekamnya dengan cara lain, seperti contohnya melalui Camera App bawaan ponsel kemudian membagikannya melalui Camera Roll anda.

Jadi Bagaimana menurut anda tentang Aplikasi IGTV ini? Yang pasti munculnya Aplikasi IGTV ini seperti udara baru bagi bisnis digital, pesatnya perkembangan Instagram marketing bisa saja menjadi-jadi jika influencer dapat memanfaatkan IGTV. Lalu bagaimana efeknya dengan yang sudah lebih dulu mapan YouTube? Yang satu ini juga patut kita simak bersama, simak perkembangan IGTV melalui ulasan-ulasan kami di DigitalEntrepreneur.id