Testimoni Ulasan atau Review pada online marketing  sangatlah memengaruhi bisnis anda. Untuk bisnis yang ingin tetap kompetitif, mendapatkan kepercayaan, meningkatkan kredibilitas dan penjualan, testimoni dan Review merupakan bagian penting dari

Perusahaan-perusahaan seperti Amazon dan TripAdvisor fokus pada testimoni yang dihasilkan user mereka. Tapi anda tidak perlu menunggu untuk menjadi perusahaan sebesar itu untuk mulai fokus pada Testimoni

Berikut ini mengapa mendapatkan Testimoni penting dan bermanfaat untuk bisnis anda.

Mengapa Testimoni Penting?

Berdasarkan hasil survei oleh Dimensional Research, menemukan sebesar 90% dari pengguna internet akan membaca ulasan/testimoni terlebih dahulu, yang mana akan memengaruhi keputusan pembelian mereka. Kemudian, hasil survey oleh BrightLocal menemukan bahwa 85% dari konsumen percaya pada testimoni dari rekomendasi personal.

Pada lokal bisnis, ulasan online ini memiliki pengaruh bagi konsumen. Sebuah bisnis yang mendapatkan testimoni positif akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Selain itu, mendapatkan testimoni online dari konsumen akan menaikkan peringkat dan visibilitas.

Dari sini apakah anda sudah percaya bahwa ulasan, Testimoni, dan Rating itu penting? Selanjutnya Mari kita lihat bagaimana cara menndapatkannya.

Bagaimana Menghasilkan Testimoni?

Berikut ini ada empat tahap yang dapat anda lakukan:

1. Meminta pada Waktu yang Tepat

Ketika anda mendapatkan konsumen dan mencoba untuk memintanya menulis sebuah Testimoni, waktu adalah segalanya. Hal ini maksudnya adalah menentukan waktu yang tepat ketika konsumen sedang senang atau dalam mood yang baik. Waktu seperti ini biasanya terjadi ketika:

  • Setelah Membeli produk atau jasa anda
  • Setelah Menerima produk atau jasa
  • Mendapatkan manfaat/mengalami hasil atau result dari produk atau jasa yang anda janjikan

Apakah anda memiliki kendala terhadap poin terakhir? Untuk menjawab hal tersebut, anda dapat melakukan uji coba untuk menentukan kapan saat yang terbaik dengan menggunakan survei dan poll, melihat apa yang kompetitor anda lakukan, atau bahkan hubungi konsumen anda secara langsung.

2 .Tanyakan dengan Baik

Dari beberapa studi menunjukan bahwa meminta testimoni akan memberikan anda peringkat yang lebih tinggi daripada tidak memintanya. Tapi bagaimana seharusnya anda meminta?

  • Spesifik- memintalah dengan jelas untuk testimony dan star rating
  • Personalisasi testimony dengan produk atau jasa yang mereka beli
  • Pastikan anda menulis brand anda

Ada beberapa metode yang paling sering digunakan:

  • Email
  • SMS/WA/Chat lain
  • Push Notification
  • Facebook and Google Ads (remarketing ke segmen yang lebih spesifik)
  • Offline
  • Telepon

3. Push It

Buatlah sebuah halaman khusus berupa“Review Page” di website anda, dengan mengarahkan berbagai sosial media, atau situs marketplace lain yang mempunyai fitur ini.

Tapi pada situs yang mana anda perlu menambahkan review page anda? Hal ini bergantung pada negara dan industri anda. Secara umum, situs terbaik di dunia adalah:

  • Facebook reviews
  • Google My Business
  • Petunjuk Bisnis, seperti Yelp
  • Marketplace (Amazon/eBay/Tokopedia/Shopee dll)

Namun, anda mungkin juga perlu memperhatikan situs-situs lainnya, seperti Zomato (restoran), TripAdvisor (hotel) atau situs lebih kecil agar situs anda lebih mudah untuk ditemukan melalui Google.

  1. Gunakan beberapa “Hack” untuk Melengkapi Ulasan Anda

Terdapat beberapa “hack” sederhana yang akan membawa testimoni anda ke tingkat yang baru, seperti:

  • Sebelum meminta Testimoni anda bisa meminta nilai dulu ke Customer anda melalui Skala 1-10, jika hasilnya positif 8-10 misalnya, baru anda arahkan mereka untuk menulis testimoni di
  • Anda juga bisa meminta Review untuk value yang anda berikan diluar Produk utama anda – contoh Pelatihan Gratis, eBooks, Konsultasi
  • Beri insentif kepada mereka yang memberikan testimoni kepada anda (dan tim anda yang mendapatkan review untuk bisnis anda) – anda dapat memberikan hadiah, diskon, atau memberikan sumbangan amal atas nama mereka
  • Mintalah staff, teman dan keluarga untuk menulis review untuk anda (pastikan untuk meminta hal ini)
  • Pantau jaringan sosial anda untuk menemukan orang-orang yang membicarakan bisnis anda dan mintalah ulasan dari mereka di tempat yang anda inginkan.
  • Tiru pesaing anda yang telah berhasil menghasilkan ulasan – bagaimana mereka meminta, kapan mereka meminta dan dimana mereka mempublikasikan ulasan
  • Lacak dan hasilkan laporan untuk ulasan anda menggunakan tools seperti reviewtrackers.com atau podium.com untuk memastikan tim anda terus berupaya meningkatkan jumlah ulasan dan peringkat bintang yang anda terima.

Masih banyak sebenarnya Hack yang bisa anda lakukan utnuk meningkatkan jumlah Review dan juga rating anda, jadi pastikan anda tetap kreatif dan mencoba hal-hal tersebut

 

Apa Selanjutnya?

Ulasan-ulasan memang tak ternilai harganya untuk kesuksesan bisnis anda. Tapi menghasilkan ulasan tersebut hanyalah sebagian dari pertempuran.

Setelah anda mendapatkan testimoni-testimoni yang bersinar tersebut, kesenangan tidak berakhir sampai di situ. Sangatlah penting untuk memaksimalkan review-review tersebut untuk mendapatkan keuntungan bagi anda seperti:

  • Menanggapi dengan cepat dan proaktif untuk ulasan yang negatif
  • Berterima kasih kepada pengulas yang positif dan ajak mereka untuk masuk ke dalam program referral.
  • Tampilkan Testimoni terbaik pada website anda, dan gunakan pada setiap kegiatan marketing baik online maupun offline.
  • Dan yang paling penting, mempelajari dan mengevaluasi bisnis dan konsumen anda melalui testimoni dan feedback yang diberikan.

Meskipun semua kegiatan untuk menghasilkan dan mempromosikan review ini sepertinya sangat ekstensif, namun sebagian besar dari itu semua sebenarnya dapat di-automisasi dan mampu menghasilkan impact yang positif terhadap bisnis anda, jadi sangatlah layak anda berinvestasi untuk sektor ini.