Jakarta, 29/10/18 – Festival Kinerja merupakan ajang bagi Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF) untuk menyampaikan hasil capaian kinerjanya kepada masyarakat luas dalam membentuk ekosistem ekonomi kreatif (ekraf) dan juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi kepada pelaku ekraf yang telah ikut berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Indonesia.

 

Tahun ini BEKRAF menggelar kembali BEKRAF Festival pada 15-17 November 2018 yang akan datang berlokasi di Grand City Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya, BEKRAF Festival 2017 telah sukses digelar di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Creative Hub, Kota Bandung, Jawa Barat, dengan jumlah kunjungan mencapai 33.900 orang.

Baca juga: Bekraf Dukung Pertumbuhan Ekosistem Start-Up Indonesia Melalui BE-X

“BEKRAF Festival diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap potensial ekraf yang dimiliki. Acara ini bisa memberikan gambaran apa saja yang telah dilakukan BEKRAF dalam mewujudkan Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi kreatif dunia ke depan,” ungkap Kepala BEKRAF, Triawan Munaf saat konferensi pers BEKRAF Festival 2018 di Kantorkuu Coworking & Office Space (Agro Plaza), Senin (29/10).

BEKRAF menyajikan capaian kinerja secara menarik dan terukur melalui data riset yang telah dilakukan selama ini. Memasuki tahun keempat, BEKRAF tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga bertanggungjawab memajukan ekraf Tanah Air.

 

Program-program pengemban kapasitas yang disinergikan dengan nomenklatur enam kedeputian, BEKRAF berupaya melibatkan pelaku ekraf secara langsung. Melalui program tersebut diharapkan dampak dari program kerja dapat langsung dirasakan.

 

Beberapa site menarik akan hadir pada BEKRAF Festival, diantaranya adalah IKKON, Kreatifood, BIIMA, Hello Dangdut, Deureuham, Coding Mum, ORBIT, BISMA, FoodStartUpIndo, CREATE, Retas dan Kreatiorial, Archipelageek, Akatara, Docs by The Sea, Identities, Pameran Ekraf Produk Lokal, WCCE dan masih banyak lagi.

 

Festival ini juga akan mengekspose 45 program dari seluruh Kedeputian BEKRAF yang terbagi dalam empat konsep acara utama yaitu gelar wicara (talkshow),lokakarya (workshop), pertunjukan (performance), dan pameran (exhibition). Kegiatan-kegiatan tersebut terbagi dalam berbagai area, seperti mainstage, ruang serbaguna besar dan kecil, area movie/talkshow, ruang meeting dan Oktagon. BEKRAF Festival juga dalam proses perencanaannya melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dalam hal ini Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia.

 

Acara ini memiliki konsep pelaksanaan dengan keliling di beberapa kota Indonesia. Penentuan tempat pelaksanaan BEKRAF Festival ini sebagai bentuk penghargaan kepada daerah yang mendukung sepenuhnya kemajuan ekonomi. Hal ini menjadi salah satu alasan Kota Surabaya terpilih menjadi tempat pelaksanaan BEKRAF Festival 2018. Berdasarkan hasil survey ekonomi 2016 dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa Kota Surabaya memiliki jumlah usaha ekonomi kreatif dengan jaringan usaha tunggal terbesar di Indonesia dengan persentase 6,41%. Selain itu, dari 99 kota di Indonesia menunjukkan bahwa Surabaya menduduki urutan teratas dari lima besar kota dengan potensi usaha/perusahaan ekonomi kreatif.

 

“Dengan diselenggarakannya BEKRAF Festival di Kota Surabaya, kami berharap masyarakat dapat lebih paham dan peduli terhadap perkembangan ekonomi kreatif di daerahnya dan terus konsisten dalam berkontribusi memajukan ekonomi kreatif di Indonesia. BEKRAF juga berharap, penyelenggaraan BEKRAF Festival 2018 akan membawa dampak positif bagi ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, akademisi, sektor bisnis, pemangku kepentingan ekonomi kreatif dan masyarakat luas bahkan menyentuh level pelajar dan mahasiswa.”  Tutup Triawan.