LinkedIn merupakan situs jejaring sosial untuk kaum profesional. Menurut Statista, penggunanya mencapai 467 juta orang di 200 negara di dunia. Ia merupakan salah satu jejaring sosial paling populer dalam hal pengguna aktif. Ia tersedia dalam 24 bahasa.

LinkedIn menghubungkan industri dan bisnis dengan kaum profesional dan karyawan sehingga bisa saling menemukan kecocokan. Perusahaan menemukan karyawan yang tepat, sementara pekerja bisa mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

LinkedIn bisa memberikan manfaat yang besar bagi kesuksesan karier jika kita memanfaatkannya dengan baik. Ada tiga hal yang bisa dilakukan agar kita bisa memaksimalkan LinkedIn.

1.Buat Profil yang Lengkap dan Menarik

Hal pertama yang akan dilihat orang ketika mencari kita di LinkedIn adalah profil. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalisasi bagian profil kita. Dalam membuat profil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Gunakan foto profil yang tepat. Karena LinkedIn adalah platform media sosial profesional, maka kita harus menggunakan foto profil yang juga profesional. Foto profil LinkedIn yang baik harus fokus ke diri kita dan bukan gambar kelompok. Foto profil juga harus jelas, sehingga koneksi kita dapat mengenali kita dengan mudah. Terakhir, jangan pernah menggunakan foto selfie.

memaksimalkan Linkedin

Tuliskan pengalaman Anda sedetail mungkin. Kesalahan umum yang sering dilakukan orang adalah, tidak terlalu memperdulikan pengalaman yang mereka tulis pada profil LinkedIn. Ada dua tips untuk memaksimalkan LinkedIn melalui pencatuman pengalaman anda.

Pertama, sertakan pencapaian terbaik yang pernah kita capai selama menjabat posisi tertentu, contohnya jika anda pernah menjadi social manager, campaign apa yang pernah anda lakukan dan berhasil, atau anda seorang penulis, maka tulisan atau buku apa yang menurut anda terbaik.

Kedua, LinkedIn menyediakan fitur untuk menautkan dan menambah grafis visual yang dapat anda manfaatkan. Maka jangan lupa untuk menggunakannya, selain membuat profil anda lebih menarik hal tersebut dapat membantu para scout untuk melihat langsung achievement yang anda raih.

Baca Juga: Muncul Aplikasi Sosmed Baru, Akankah Menggeser Facebook dan Instagram???

2.Bangun Relasi yang Baik

Media sosial LinkedIn adalah soal membangun relasi dengan orang yang tepat. Terhubung dengan orang yang sudah kita kenal itu bagus, namun terhubung dengan orang-orang baru di luar lingkaran kita juga sangat penting.

Untuk membangun relasi yang baik, kita harus memahami 2 hal penting. Pertama, siapa orang-orang yang tepat untuk kita jalin hubungan baik dan kedua, bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

Contoh singkatnya adalah, bidang apa yang anda tekuni saat ini? jika anda seorang content marketer, maka anda juga dapat membangun relasi dengan para content marketer yang ada di komunitas LinkedIn, selain untuk menasbihkan bahwa anda juga seorang content marketer, hal tersebut dapat membantu anda menambah wawasan tentang dunia content marketing. Begitu juga jika anda seorang Graphic Designer, Blogger, atau lainnya.

3.Buat Konten yang Bagus di Linkedin

Baca Juga: Semua Hal yang HARUS Anda Ketahui Tentang Bisnis Di Instagram

Strategi terakhir yang tidak kalah penting adalah, kita harus membuat konten yang bermanfaat bagi koneksi kita. Yang dapat mereka ambil makna dan ilmunya untuk perkembangan karir atau pekerjaan mereka.

memaksimalkan linkedin dengan konten
Konten yang bagus memungkinkan anda akan ditemukan oleh perusahaan atau relasi yang anda inginkan

Ada 3 hal yang dapat menjadi pedoman anda tentang konten yang bagus di LinkedIn. Pertama, bercerita tentang pengalaman Pribadi, tentunya yang berhubungan dalam hal karir dan pekerjaan. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik ‘katanya’, dan setiap orang seringkali memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Maka pengalaman dapat menjadi konten yang menarik untuk para relasi anda.

Kedua, menawarkan bantuan, konten seperti ini memang tergantung dengan skill dan kemampuan anda, tapi hal seperti ini biasanya sangat diapresiasi terutama jika anda seorang expert dari bidang yang anda tawarkan untuk membantu.

Ketiga, melemparkan pertanyaan, saat melemparkan pertanyaan tentunya anda ingin mengetahui reaksi atau jawaban dari relasi anda bukan, dan apa lagi kalau bukan reaksi tersebut yang anda cari saat membuat sebuah konten? Konten yang bagus akan mendorong orang untuk menyukai dan memberikan komentar. Semaki banyak likes dan komentar yang ada pada konten LinkedIn kita, semakin banyak orang yang akan melihat konten dan juga profil kita.

3 tips diatas adalah hal yang sangat mendasar, dan tentunya hampir wajib anda terapkan jika anda ingin memaksimalkan Linkedin untuk pendongkrak karir atau bisnis anda. Saat ini para profesional dan perusahaan besar telah menjadikan Linkedin sebagai alat kurasi untuk menilai kemampuan seorang profesional, maka jangan sampai Profil Linkedin menjadi penghambat karena hal ini. (Nabilah)

Source: Tirto.id