Tak ada lagi yang Anda harus selalu lakukan selain menjaga engagement dengan para member/customer dan senantiasa membuat mereka mengingat Anda bagaimana pun caranya. Dengan tahun 2018 yang baru saja menyambut kita saat ini, cobalah memulainya dengan sesuatu yang mengejutkan. Berikut beberapa wow factor yang bisa Anda tunjukkan pada member dan customer Anda:

  1. Pertemukan mereka dengan staff Anda yang wow

Sangat sulit bagi Anda untuk menunjukkan wow factor Anda kepada para member tanpa adanya staff yang wow. Di balik tiap interaksi member dengan bisnis/service yang Anda sediakan, entah itu melalui email, social media, telepon, atau dalam event, harus ada seorang staff yang siap memanage point-point penting dari member tersebut. Karena peranan customer service di sini sangat krusial. Sambut mereka dengan baik. Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik. Pendekatan yang berkualitas semacam ini secara tidak langsung akan hinggap dalam ingatan para member tersebut, dan tentunya mereka akan semakin betah dengan Anda.

wow factor
Suasana kekeluargaan tim digitalentrepreneur.id
  1. Berikan sesuatu yang lebih dari biasanya

Berikan sesuatu yang ekstra untuk para member Anda. Cara yang satu ini cukup bisa menjamin terlihatnya wow factor Anda. Ketika seorang member memberikan komplainnya, jangan hanya menanggapi permasalahan tersebut dan menyelesaikannya saat itu juga tanpa ada kelanjutan di hari-hari berikutnya. Cobalah untuk menghubungi mereka lagi beberapa hari kemudian untuk memastikan semuanya telah benar-benar baik. Jika perlu berikanlah sesuatu yang unik semacam handwritting ucapan terima kasih atau informasi tentang event Anda yang akan datang atau produk terbaru yang akan launching. Action semacam ini akan sangat mudah diingat oleh para member dan customer Anda dan semakin membuat mereka stay dengan bisnis Anda.

Baca juga : Pentingnya Personal Branding Untuk Promosi Bisnis Online

  1. Personalize semuanya

Semua member Anda pasti ingin dianggap spesial, dan terlebih lagi mereka ingin selalu dianggap. Untuk memastikan hal tersebut tersampaikan kepada mereka, sesuaikan semuanya (email, letter, halaman profil, dll). Tak perlu khawatir, bahkan hanya dengan 10.000 member, hal ini sangat mudah dilakukan dengan AMS (Association Management System). Sebuah AMS dapat berintegrasi dengan database organisasi Anda, memudahkan Anda untuk mendapatkan data member yang Anda tempatkan dalam personalized email, custom member profile message, social community message yang unik, dll.

  1. Selalu berikan solusi terbaik

Para member bergabung dan menggunakan bisnis/service Anda tujuan utamanya tidak lain yaitu untuk bisa mendapatkan apapun yang mereka butuhkan. Jika Anda bisa menemukan solusi yang menarik atas permasalahan mereka, mereka tidak hanya akan bilang wow ke Anda, tapi mereka juga pastinya akan stay dengan Anda. Bahkan jika Anda tidak mampu untuk memberikan solusi atas keluhan mereka. Tidak perlu panik. Anda cukup memberikan mereka referensi lain atas pemecahan masalah mereka. Contoh, suatu hari seorang member dari Ecco Shoes ingin menanyakan apakah masih tersedia ukuran sepatu tertentu untuk member tersebut, dan ternyata mereka tidak memiliki stock yang dimaksud. Dalam masalah seperti ini, Ecco memberikan arahan kepada member tersebut kepada referensi toko-toko yang lain yang sekiranya memiliki stock barang tersebut. Jadi, dari hal ini Anda bisa lihat bahwa walaupun Ecco tidak memiliki solusi untuk permasalahan member mereka, mereka tetap berusaha memberikan cara yang lain agar permasalahan tersebut bisa teratasi.

wow factor
Berikan solusi terbaik walaupun Anda tidak memiliki solusi tersebut

Baca juga : 8 Kesalahan Sosial Media Marketing yang Perlu Dihindari

Dari hal-hal yang terlihat sederhana tersebut, siapa tahu tanpa Anda sadari bisa semakin meningkatkan member retention bagi para customer Anda. Jadi para customer tidak hanya sekedar merasakan service yang Anda berikan tetapi lebih dari itu semua, mereka bisa menjadi bagian terpenting dalam branding maupun pengembangan bisnis di tahun yang baru ini.