Bisnis online memang memiliki potensi yang besar. Selain menawarkan profit yang menggiurkan, pengelolaan bisnis online juga terasa lebih mudah. Tetapi, meskipun dijalankan di dunia maya, Anda tetap perlu melakukan pengelolaan keuangan secara nyata. Jika tidak, maka keuntungan yang Anda peroleh tidak dapat Anda rasakan secara maksimal.  Jangan buru-buru membayangkan hal rumit terlebih dahulu. Anda tidak perlu menjadi seorang pakar akuntansi untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Ada beberapa cara sederhana mengelola keuangan bisnis online yang dapat Anda lakukan.

  1. Hitunglah Biaya Produksi

Penghitungan biaya produksi adalah menghitung besarnya biaya yang diperlukan untuk menghasilkan satu buah produk. Pertama-tama, Anda perlu menghitung total keseluruhan biaya tetap serta biaya variabel. Biaya tetap merupakan biaya yang tidak berubah atau terpengaruh jumlah produk yang dihasilkan. Contoh biaya tetap adalah gaji karyawan serta biaya berlangganan internet atau kuota. Sedangkan biaya variable adalah biaya yang berubah secara proporsional tergantung jumlah produksi. Contoh biaya variable adalah biaya belanja bahan, biaya produksi, biaya untuk kemasan, dan lain sebagainya. Apabila semua biaya produksi sudah tercatat dengan rapi, pekerjaan Anda akan jadi lebih mudah. Catatan ini akan membantu Anda dalam menentukan harga produk danmenghitung laba penjualan nantinya.

Baca juga : Promosi Efektif Untuk Bisnis Online

  1. Rutin Mencatat Transaksi Harian

Anda perlu disiplin mencatat seluruh detail transaksi harian. Catatan ini meliputi pemasukan dan pengeluaran. Contoh pendapatan adalah hasil penjualan produk, komisi dari supplier atau produsen, donasi dari investor, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh pengeluaran adalah biaya operasional seperti listrik, pulsa, biaya promosi, jasa kurir, dan lain sebagainya. Catatlah detail transaksi harian, mingguan, serta bulanan ini dalam sebuah buku catatan khusus. Anda juga bisa memasang aplikasi pembukuan yang dapat Anda unduh bebas di Google Play Store.

cara sederhana mengelola keuangan
Mencatat transaksi keuangan
  1. Menghitung Laba dan Rugi

Cara sederhana mengelola keuangan bisnis online Anda adalah dengan menghitung besaran untung serta rugi. Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengurangi hasil penjualan bisnis online Anda dengan jumlah biaya produksi.  Jika Anda ingin menaikkan laba, maka Anda perlu melakukan usaha ekstra untuk meningkatkan  penjualan.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan keuntungan dengan cara menekan biaya produksi. Untuk yang satu ini, Anda perlu berpikir kreatif agar biaya operasional bisa dapat dikurangi. Tinjau ulang kebutuhan listrik saat ini. Evaluasi biaya tidak tetap Anda. Siapa tahu biaya yang dikeluarkan untuk promosi selama ini terlalu tinggi. Anda dapat mencari alternatif cara promosi lain yang biayanya lebih terjangkau.

Baca juga : 4 Ide Bisnis untuk Generasi Millennial

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Bisnis

Hal ini sering kali dilanggar oleh para pelaku bisnis online. Yang perlu Anda ingat saat memulai bisnis adalah jangan mencampur adukkan keuangan pribadi Anda dengan bisnis. Meskipun bisnis online yang Anda rintis baru berskala kecil, Sebaiknya tetap disiplin memisahkan keuangan. Jangan biarkan kebiasaan buruk menggunakan uang hasil bisnis untuk kepentingan pribadi terbawa hingga nanti.

cara sederhana mengelola keuangan
Memisahkan keuangan

Sebaiknya Anda membuat akun bank terpisah agar pengelolaan keuangan dapat lebih mudah and tertata. Jangan lupa untuk memisahkan pemasukan dan pengeluaran pribadi dengan bisnis online Anda. Hal ini akan memudahkan saat mengevaluasi untung dan rugi bisnis yang sedang Anda jalanka. Selain itu, pemisahan keuangan juga akan memudahkan Anda untuk menentukan strategi pengembangan bisnis kedepannya.