Cari Tahu Tentang E-Commerce? Simak Di Sini

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana menjual produk Anda secara online? Jika demikian, maka Anda bisa bergabung dengan jutaan pengusaha yang telah mendahului di dalam dunia e-commerce. Memang, tren belanja online sedang marak diterapkan oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, kini banyak perusahaan yang semula menerapkan bisnis secara offline atau tradisional, lalu berbondong-bondong merambah ke bisnis online melalui konten digital yakni menerapkan e-commerce.

Lalu sebenarnya apa itu e-commerce? Apa saja yang termasuk dalam E-Commerce? Dan bagaimana perkembangan bisnis E-Commerce di Indonesia pada saat ini? Berikut kami jelaskan lebih detail dan mendalam.

Pengertian E-commerce

E-commerce adalah Electronic Commerce. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya perdagangan elektronik. E-commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Sederhananya, e-commerce dapat diartikan sebagai transaksi jual beli barang atau jasa dengan media jaringan komputer yang terkoneksi internet.

e-commerce

Jenis E-Commerce di Indonesia

  • Iklan baris : merupakan e-commerce yang menjadi pelopor evolusi iklan baris yang biasanya kita temui di koran cetak hingga menjadi iklan baris ke website secara online. Pada umumnya, penjual menggunakan forum untuk mengiklankan produknya. Biasanya, tidak langsung melakukan transaksi pada website tersebut. Melainkan penjual dan pembeli harus berkomunikasi sendiri untuk melakukan transaksi.Situs e-commerce iklan baris hanya bersifat penghubung atau perantara pada transaksi bisnis. Contohnya, OLX.co.id, Berniaga
  • Retail: merupakan e-commerce tempat segala proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail tersebut. Oleh karenanya, kegiatan jual-beli disini dapat dikatakan relatif aman. Contoh: Lazada & Zalora.
  • Marketplace: disebut juga sebagai mall online, namun yang menjual bukanlah penyedia website, melainkan para anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace tersebut. Marketplace biasanya hanya menyediakan lapisan sistem keamanan tambahan untuk setiap transaksi, seperti sistem pembayaran rekening bersama.Pada setiap transaksi, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yg menerima pembayaran sementara hingga produk telah diterima oleh pembeli. Setelah pengiriman selesai, barulah kemudian uang pembayaran diberikan kepada penjual.

Tidak seluruh aktivitas bisnis melalui internet itu termasuk dalam e-commerce. Beberapa aktivitas berikut adalah contoh proses dalam dunia e-commerce, yaitu :

– website / CMS
– app mobile (online shop)
– transfer dana elektronik (metode pembayaran)
– internet marketing (email marketing, social media marketing, Search Engine Optimazion)
– proses transaksi (online banking)
– pertukaran data elektronik untuk kebutuhan transaksi
– informasi pengiriman dan pemesanan
– sistem pengumpulan data otomatis (misalnya demografi)
– transaksi jual beli di online marketplace
– mengembangkan website toko online melalui katalog online
– informasi pelaporan pelanggan

Kemudian kini istilah tersebut diartikan lebih spesifik dan makna lebih sempit lagi menjadi “perdagangan web”, yakni jual beli barang atau jasa melalui www (World Wide Web) dengan server.

Situs e-commerce populer

Saat ini telah banyak e-commerce yang telah berkembang sangat pesat. Berikut ini yaitu beberapa situs e-commerce terpopuler dan terbesar di dunia, diantaranya yaitu :

 

Mudahnya, E-commerce adalah aktivitas bisnis online untuk transaksi jual-beli barang maupun jasa. Tujuannya yakni mendapat keuntungan tertinggi dari suatu perusahaan melalui pemanfaatan teknologi informasi.