Pada suatu post di Reddit seorang user memposting pada kolom /r/SEO sebuah list yang mungkin dapat merangkum keseluruhan kegiatan Digital Marketing yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan SEO. Tulisan ini menyertakan secara runtut semua kegiatan yang dilakukan agar kegiatan Marketing di dunia digital. Post Ini bisa jadi adalah salah satu posting yang paling komprehensif dan singkat yang pernah dibuat untuk kegiatan digital marketing, dan semua yang ditulis seharusnya dapat langsung dieksekusi secara runtut.

Menignkatkan SEO memang bukan perkara mudah, perlu ketekunan dan perlu waktu. Namun dari pengalaman saya pribadi SEO adalah cara terbaik dan yang paling bisa longlasting dari kegiatan digital marketing yang lainnya. SEO yang sebenarnya adalah upaya optimisasi agar situs kita dapat ditemukan di google tanpa perlu membayar alias gratis. Namun di post ini sebenarnya bukan hanya terpaku pada peningkatan SEO tapi hampir seluruh kegiatan Digital Marketing bahkan lintas platform. Anda dapat menchecklist sendiri, kegiatan mana yang sudah anda lakukan dan mungkin anda belum terpikirkan melakukannya. Saya coba menerjemahkan post tersebut dan menyajikannya kepada anda di bawah ini.

1. Daftarlah ke yang namanya Google Tag Manager (tagmanager.google.com) dan install pixel tersebut di halaman anda

2. Masukan semua pixel anda ke dalam tag container – jadi Facebook, twitter, LinkedIn, Adwords, bahkan Quora dan Reddit, mereka semua punya yang namanya tracking Pixel yang berguna untuk melacak para visitor website anda. Maka jika anda menggunakan platform-platform diatas maka dapatkanlah pixelnya. Lalu install juga tools pelacak kegiatan visitor diwebsite anda, seperti hotjar.com atau crazyegg.com, jadi setiap swipe, tap, pergerakan mouse dan click yang dilakukan oleh orang-orang di website anda dapat terekam.

3. Pastikan Google search console anda juga terpasang dengan Google Analytics yang juga terpasang dengan Google Adwords – memang terdengar ribet, dan saya harus akui tidak simple untuk melakukanya. Delegasikanlah hal ini kepada orang yang memang mengerti, karena hal ini akan sangat signifikan nantinya.

4. Set up juga Conversion pixel berbeda dengan tracking pixel yang kerjanya adalah melacak yang mengunjungi situs anda, apa yang dilakukan conversion pixel adalah menandai mereka-mereka yang melakukan pembelian, atau mungkin mendaftar, sign up atau apapun tujuan anda membuat website yang benar-benar menghasilkan uang untuk anda.

5. Buatlah Custom Audiences di Facebook, Twitter, AdWords dan platform lain yang mungkin anda pakai. Custom audience didapat melalui email yang sudah anda punya dan anda upload melalui setiap platform, dan platform tersebut akan mencocokan email yang anda punya dengan yang dimiliki oleh platform tersebut. Mungkin sekarang anda memiliki 100-200 email misalnya, dan tentu saja jumlah tersebut masih kurang untuk dapat diiklankan, TAPII anda dapat membuat yang namanya “lookalike audiences” pada setiap platform dimana platform-platform tersebut akan mencari-cari orang yang cocok dengan kualitas, aspirasi, harapan, impian, dan demografi marketing pada miliaran orang yang terdaftar pada database mereka (lihat kenapa FB akhir-akhir ini menjadi bahan sorotan) dan kemudian akan memberikan anda Audience untuk di pasarkan.

Baca Juga: Diguncang Krisis, Akankah Nasib Facebook Sama Seperti Friendster???

6. Buatlah opt-in newsletter yang muncul saat orang melakukan scroll atau sudah berada di situs anda dalam jangka waktu tertentu. Anda juga bisa mengatur pop up yang muncul saat orang mau keluar/menutup website anda, hal ini disebut “exit intent” pop up. Mereka memang akan pergi, jadi apa salahnya untuk mendapatkan alasanya.

7. Buat Custom Audience yang lebih detail dari orang-orang yang mengunjungi halaman tertentu atau melakukan klik ke Button tertentu atau mereka yang sudah menaruh barang di keranjang namun tidak menyelesaikan pembelian, begitu juga orang-orang yang telah melakukan pembelian. Custom Audience seperti ini lah yang sangat bagus untuk ditujukan ke yang namanya “retargeting” atau “remarketing” – mereka adalah orang-orang yang telah mengunjungi website anda, melakukan berbagai hal namun tidak membeli misalnya, tapi tracking pixel telah ‘menandai’ mereka dan setelah mereka kembali ke sosial media yang mereka gunakan – well, akan ada iklan retargeting tentang produk yang telah mereka lihat-lihat atau kategori yang telah mereka pilih. Saya yakin anda sendiri pernah mengalami nya saat anda browsing sebuah baju, dompet, atau apapun – dan saat anda tidak melakukan pembelian produk tersebut seperti membuntuti anda kemanapun anda menjelajah internet. (jika marketernya memang mahir!)

8. PASTIKAN Google Analytics anda terset up dengan ecommerce package pula – jadi saat orang melakukan pembelian, anda tahu dimana mereka berada, menggunakan perangkat apa, kapan waktu terbaik transaksinya, berapa kali mereka bolak-balik ke situs anda sebelum membeli – dan kemudian dapat menentukan produk mana yang paling banyak terjual melalui data yang benar dibandingkan dengan felling saja.

9. Pastikan akun Instagram Anda tersetup sebagai Akun Bisnis dan pastikan anda melakukan apply untuk penggunaan Shopping Tags – hal ini berguna untuk orang dapat melakukan tap pada gambar item tanpa ads (kadang) dan langsung tap juga untuk membeli disitu kemudian. Hal yang powerfull tapi akun Instagram anda harus terverifikasi sebagai bisnis.

10. Berbicara soal Verifikasi Bisnis – set up juga Google My Business anda. Kita sudah membahas mengenai analytics + Search console dan lain-lain sampai disini, tapi saat anda mengeset semua keperluan di Google My Business dengan alamat di peta yang terverifikasi, nomor telepon, Link Situs, jam buka/tutup dan sebagainya – hal tersebut akan membantu anda ke hal keren berikutnya yaitu: Extensions untuk mereview, extensions lokasi dan extensions untuk menelpon, sebenarnya hampir semua extension yang sama yang digunakan saat anda membayar iklan di AdWords yang dapat menaklukan kompetitor anda. Namun bedanya semua fitur tersebut dapat anda lakukan Gratis, kecuali PPC nya tentu saja!

11. Buatlah Video Content yang menggugah! Tunjukkan bagaimana produk dibuat, bagaimana produk tersebut dipakai oleh customer dan bagaimana mereka bahagia memakai produk tersebut – benar-benar tuangkan emosi kedalam video tersebut.

12. Setup Channel YouTube anda juga, taruh semua video-video anda di YouTube dan Facebook page, dan bahkan Facebook pribadi anda! Lakukan bisnis melalui PROFIL FB PRIBADI anda dan perlakukan semua jejaring sosial sebagai alat bisnis sekarang, daripada hanya memposting tetek bengek teman dan keluarga – tetap lakukan itu, tapi tetap lah batasi di skala minimum agar anda tetap dapat menunjukan transparansi siapa sebenarnya orang DIBALIK Perusahaan.

13. Posting semua Video anda, dan berilah captions, caption sangat membantu, karena juga dapat terlacak oleh search Engine, jadi pastikan video anda bercaption. Di point ini bahkan disarankan menggunakan third party seperti Rev.com untuk mentranskrip video anda, selain mentranskrip mereka juga memberikan masukan video anda agar dapat dilihat dan dirangking. Namun saya ragu situs yang satu ini dapat digunakan di Indonesia.

14. Jika anda sudah menyambungkan Google Search Console, anda juga dapat mengaktifkan yang namanya YouTube Cards dengan link kembali menuju website anda yang dapat dimunculkan kapanpun saat video dimainkan. Namun ini kabar buruknya – belakangan YouTube mennyulitkan semua orang yang ada di Bisnis UKM terutama yang baru memulai, denga mengatakan bahwa fitur Cards hanya didapatkan jika anda sudah memiliki sejumlah subscriber dan juga watch time yang cukup. Anda dapat membelinya jika mau. Tenang saja – anda tidak perlu khawatir tentang fake subscriber ini, jika anda hanya menginginkan untuk mengatifkan fitur cards dengan link menuju website anda – YouTube sendiri yang membuat hal ini menjadi rumit.

15. Live Stream kan perasaan anda. Seperti halnya video, Live Stream kan produk yang sedang dibuat misalnya, dan lagi, tunjukan kepada viewers cerita-cerita yang menggetarkan hati, hal-hal tersebut sangat mudah untuk mendapatkan share.

16. Instagram Influencer marketing merupakan hal yang bagus, namun perhatikan juga akun-akun yang anda pilih perhatikan mana yang fake followers mana yang beneran followers, dalam hal ini kami ada artikel bagus yang dapat menentukan endorser yang tepat untuk melakukan influencer marketing.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Endorser yang Tepat untuk Bisnis Anda di Instagram

17. Tidak ada yang lebih efektif dari Ads Facebook, Instagram, dan Youtube untuk dapat terlihat dan mendapatkan traffic, dan mungkin Adwords sebagai retargeting juga (dan btw, Retargeting jauh lebih murah dibandingkan “cold” traffic). Hal ini harus masuk di agenda marketing anda.

18. Mungkin anda dapat juga membuat PR (Press Release) tentang bisnis anda atau story dibaliknya, dan dapat menyebarkannya untuk diulas di blog, majalah atau TV, jika bisa. Tak ada tekanan untuk ini dan tergantung kesempatan anda. DigitalEntrepreneur.id juga menerima Press Release dari bisnis anda untuk dapat kami ulas, feel free untuk mengirimnya ke email hello@digitalentrepreneur.id

19. Lakukan search terhadap situs competitor anda menggunakan WhatRunsWhere atau SimilarWeb dan lihat apa keyword yang mereka pakai di situs mereka – kemudai dengan info tersebut anda dapat menulis blog dengan keyword itu sekaligus menjalankan ads yang lebih baik dari mereka di Adwords!

20. Pastikan nomor telepon anda ada di Situs anda juga – seringkali orang-orang hanya ingin bicara dan bertanya ke seseorang. Pada bagian atas halaman anda tarulah nomor telepon dan juga mungkin “kirim pesan” juga, atau kalau memungkinkan anda juga dapat menggunakan fitur live chat yang banyak tersedia diluar sana. Tapi saran saya pribadi untuk pasar di Indonesia nomor WhatsApp lebih dari cukup, pastikan itu dapat diklik dan langsung mengbungkan ke WhatsApp anda dengan fitur ‘Chat to’

21. Jika anda menerapkan metode tradisional “Get Newsletter”, maka pastikan anda mempunyai CRM yang dapat anda pakai untuk mengirim Newsletter yang menarik dan keren Tersebut – anda dapat mulai dengan MailChimp atau Active Campaign atau wowtools.io (Active Campaign atau WOW memang lebih bagus karena anda dapat memberikan tag terhadap contact-contact anda. Dengan tag tersebut anda dapat secara otomatis mengirimkan pesan dnegan tag tertentu—cara kerja yang satu ini lebih kompleks anda dapat membacanya di artikel kami yang lain yang membahas email marketing dan Active Campaign)

22. Di point terakhir ini, mereka sebenarnya menyarankan Reddit IamA, sebuah rubrik reddit, yang menunjukan status atau jabatan anda di perusahaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai industri anda. Namun karena Reddit aksesnya diblock di Indonesia maka hal ini kurang relevan. Namun kegiatan yang disebutkan sebenarnya masuk akal, anda dapat mengganti platform Reddit, dengan menggunakan LinkedIn misalnya, atau Quora, atau malah forum Group di Facebook, atau jika anda adalah golongan ‘lama’ Kaskus juga bisa menjadi solusi karena sebenarnya Kaskus itu terinspirasi dari Reddit.

Yup 22 point untuk dichecklist, sebenarnya bagi saya checklist ini way beyond meningkatkan SEO, ini sudah cross platform, dan jika anda lakukan semuanya dengan benar efeknya tidak hanya akan ada pada peningkatan penemuan situs anda di Google, namun juga bisnis anda secara general dan mungkin hal pribadi anda.

Jika anda merasa kurang lebih 1500 kata di atas terlalu panjang dan anda enggan melakukannya, saya yakin anda sedang bercanda atau memang tidak serius dalam melakukan Bisnis Digital atau Digital Marketing. Point-point di atas hanyalah “tip of the Iceberg”, permukaannya saja, dari setiap point yang disebutkan. Dan ini hanyalah seperti to do list, yang harus anda centang setelah anda selesai melakukannya. Sedangkan tekhnis dan caranya, bisa menghabiskan bahkan berpuluh halaman untuk bebeberapa point tertentu.

Setidaknya list ini dapat memberi anda informasi dan dapat anda jadikan pedoman bagi anda yang bingung memulai dari mana untuk meningkatkan SEO website anda. Bagi anda yang sudah melakukan point tertentu, maka dengan ini anda akan mendapatkan versi yang lebih lengkap. Saya pribadi sudah melakukan sebagian besar point di atas, iya memang ada beberapa yang saya belum lakukan atau saya rasa belum maksimal. Jujur saya juga berproses seperti anda, dan syukurnya dengan adanya artikel ini saya bisa kembali lagi dan mengevaluasi hal-hal apa yang selama ini masih juga belum maksimal saya lakukan. Dan kemungkinan akan segera saya maksimalkan. Terakhir, saya harap artikel ini juga dapat bermanfaat bagi anda.

Note: Jika anda kesulitan memahami beberapa istilah yang ada di artikel ini anda dapat selalu mengakses KAMUS DIGITAL MARKETING kami

Source: Entrepreneurs Handbook/Medium