Instagram dengan berbagai fiturnya telah mengambil tempat sebagai platform sosial media unggulan untuk bisnis. Hal ini disebabkan karena pengguna aktif instagram telah mencapai lebih dari 800 juta orang setiap bulannya. Bahkan banyak ahli percaya jumlah pengguna itu bisa mencapai satu miliar pada akhir 2018. Jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat pengguna aktif bulanan Twitter dan lebih dari tiga kali lebih banyak dari pengguna WhatsApp dan Facebook Messenger. Berikut ini adalah 10 data statistika penting tentang instagram yang erat kaitannya dengan stategi pemasaran dan manajemen instagram untuk bisnis.

  1. 7 dari 10 Hashtag di Instagram adalah Merek

Meskipun jumlah hashtag maksimal bisa mencapai 30, tapi gunakan optimum 11-20 hashtag saja. Kombinasikan hashtag popular dan hashtag merek terkenal agar postingan lebih banyak dilihat.

  1. Perkiraan 71% Bisnis di AS Menggunakan Instagram

Bagi Anda pebisnis pemula dapat menggunakan iklan dan Instagram bisnis untuk mempercepat pengembangan bisnis.

  1. 80% Pengguna Intagram mem-follow profil Bisnis di Instagram

Jika Anda belum memiliki Instagram profil bisnis dan masih menggunakan akun pribadi sebaiknya segera migrasi. Karena fitur akun profil bisnis lebih lengkap dan bisa digunakan untuk analisis instagram agar postingan Anda bisa mencapai target market yang tepat.

Baca juga : Semua Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Bisnis Di Instagram

  1. Pendapatan Iklan Instagram Hampir mencapai $ 7 Miliar pada 2018
data statistik instagram
Instagram ads

Banyaknya iklan yang bermunculan harus disiasati dengan menggunakan fitur Instagram Stories yang dilampirkan ke feed dan metode periklanan baru seperti Instagram Shopping.

  1. 25% dari Iklan Instagram Adalah Video

Buat iklan video Instagram Anda menonjol dengan durasi optimal 30 detik. Jika video Anda berupa narasi, jangan lupa menambahkan teks.

  1. Iklan Instagram meningkat sebesar 28% di Semester Kedua tahun 2017

Jumlah iklan yang tinggi berarti lebih baik untuk memasang iklan lebih awal pada tahun 2018.

  1. Postingan Lokasi membuat 79% Lebih Banyak Interaksi

Gunakan tag lokasi pada setiap postingan agar Audiens tertarik. Selain itu Anda bisa menambahkan tag pada tempat-tempat popular agar ketika orang mencari tempat tersebut, postingan Anda ikut muncul.

  1. 70% dari Posting Instagram Tidak Terlihat

Algoritma Instagram membuat 70% potingan tidak terlihat. Naikkan interaksi dengan menggunakan iklan Instagram Stories atau Video Live. Masukkan hashtag tempat yang popular di postingan Anda, sehingga orang yang mencari tempat-tempat tersebut dapat menemukan konten Anda.

Baca juga : 4 Ide Bisnis Kekinian untuk Para Generasi Millenial

  1. Pengguna Instagram Terlibat Lebih Banyak di Hari Kerja

Buatlah postingan pada waktu terbaik di jam kerja. Yaitu Selasa—Jumat jam 9 pagi hingga 6 sore. Hari Kamis adalah hari paling banyak interaksi, sebaiknya dimaksimalkan pada pukul 5 pagi, 11 pagi, dan 3 hingga jam 4 sore. Minggu adalah hari paling rendah interaksi.

  1. 80% dari Influencer Lebih suka Instagram untuk Kolaborasi Merek
data statistik instagram
Influencer dan selebriti di Instagram

Tentu hampir semua influencer atau selebriti memiliki instagram. Jadi bekerjasamalah dengan influencer atau selebgram agar brand produk Anda bisa lebih dikenal.

  1. Foto Instagram Hasilkan 36% Lebih Banyak enggangement Daripada Video

Postingan video yang berulang sudah tidak menarik lagi. Untuk menyiasatinya unggah postingan berupa foto agar audiens tidak bosan dan lebih banyak melakukan interaksi.

  1. 65% dari Produk Unggulan memberikan konten bermanfaat

Meskipun postingan produk disukai audiens, namun sebaiknya ikuti aturan 80/20. Artinya gunakan 80% postingan Anda untuk berbagi informasi yang mendidik, mencerahkan, dan menarik audiens, sementara sisanya 20% untuk mempromosikan brand.

  1. Foto Wajah Dapatkan 38% Lebih Banyak Like

Jangan selalu memposting foto produk saja. Posting juga foto-foto unik dari tim Anda di suatu acara atau di sekitar kantor. Karena postingan dengan wajah mendapatkan lebih banyak respon.

Baca juga : Pentingnya Personal Branding untuk Promosi Bisnis Online

  1. Konten Buatan Pengguna Memiliki Tingkat Konversi 4,5% Lebih Tinggi

Gunakan foto kiriman dari pelanggan Anda sebagai postingan, karena menghasilkan lebih banyak respon dari Audiens.

  1. Filter Instagram Paling Banyak Digunakan Adalah Clarendon

Gunakan filter Clarendon untuk hasil foto postingan yang mencerahkan, menyoroti, dan mengintensifkan bayangan. Untuk postingan alam gunakan filter Valencia, untuk Fashion filter gunakan Kelvin, Filter makanan gunakan Skyline dan untuk Selfie gunakan filter normal Normal.

  1. 50% dari Caption Instagram dan Komentar Berisi Emoji

Gunakan setidaknya satu emoji populer untuk postingan Anda. 10 urutan emoji terpopuler adalah hati merah, love looking face, kissing love face, smilling face, sunglasses face, two-pink hearted, winking face, kissing lips dan thumb (jempol).

  1. 59% dari data usia 18—29 tahun adalah pengguna aktif Instagram
data statistik instagram
Generasi millenial

Prioritaskan penggunaan instagram jika target market produk adalah usia 18—29 tahun, sementara untuk usia diatanya gunakan aplikasi.

  1. 80% dari Pengguna Instagram Hidup di Luar Amerika Serikat

Buatlah postingan yang mendunia, meskipun Anda tidak melayani pelanggan di negara lain tapi mereka bisa mendukung atau mempromosikan produk tersebut.

Itulah tadi 18 data statistika yang berkaitan dengan Instagram untuk mengoptimalkan pemasaran bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat.