Jakarta, 17 Oktober 2018. Perubahan lanskap ritel dan logistic di Indonesia saat ini telah menjadi latar belakang dan alasan diadakannya pameran e2ecommerce Indonesia pada tahun ini, sebuah pameran dagang utama untuk industry e-Commerce dan logistik di Indonesia.

Bertemakan “Be Digital-Go Global”, edisi ke-3 dari e2ecommerce Indonesia resmi dibuka pada tanggal 17 oktober 2018 di Kartika Expo-Balai Kartini, Jakarta. E2ecommerce Indonesia tahun ini akan memperkenalkan Smart Retail dan Smart Logistics sebagai bagian segmen dari pameran kali ini.

Dalam menghadapi tantangan industri e2ecommerce Indonesia 2018 akan memberikan solusi melalui konfrensi dan pamerannya, dengan mengenalkan 2 segmen baru yang akan membahas tren pasar di sector Smart Retail dan Smart Logistics saat ini. Para pelaku industri dapat memperoleh data, tren, strategi dan teknologi terbaru untuk memecahkan masalah yang muncul di sector ritel dan logistik di Indonesia.

E2ecommerce didukung kuat oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI), Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI), Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Supplychain Indonesia (SCI), diikuti oleh 7 negara, lebih dari 50 pembicara ahli dari perusahaan terkemuka di Indonesia dan dunia, menempatkan pameran e2ecommerce Indonesia sebagai salah satu acara wajib bagi industri e-Commerce dan ritel di Indonesia.

“e2ecommerce Indonesia diadakan demi percepatan pengembangan industri fulfillment regional dan local juga memberikan arti bagi pertumbuhan bisnis ini bagi end-user dan komunitas di Indonesia. eCommerce dan logistik bukan hanya mengenai akses dan fasilitas mudah ke pasar, tetapi juga menyangkut mengadopsi perubahan teknologi disruptif dan juga tentang bagaimana praktek industri global dapat membantu menembus pasar local dan regional di Asia. Hal ini jelas tercermin melalui unsur-unsur yang dikurasi secara khusus dari program kami, termasuk pengenelan tren terkini dalam Smart retail dan Smart Logistics. Usaha Bersama dari public dan sector swasta adalah bagian penting dalam menciptakan industri yang dinamis, berkembang dan gesit. Pertumbuhan seperti ini di sektor Indonesia telah menghasilkan tidak hanya manfaat ekonomi yang signifikan tetapi tetapi juga meningkatkan kerumitan dalam pengiriman barang. Kami melihat ini sebagi peluang bagus untuk membuat segmen acara baru yang akan menyediakan platform khusus untuk ekosistem e-Commerce”. Kata Adrian Sng sebagai General Manager SingEx Exhibitions.

“Indonesia adalah sebuah pasar yang dinamis, dikarenakan banyaknya informasi yang diperoleh melalui penetrasi internet. Teknologi smart store memungkinkan kita untuk memahami bagaimana pasar terlibat dengan produk sehingga dapat digunakan untuk memprediksi butuhan dan keinginan pasar. kita dapat memantau bagaimana orang indonesia berinteraksi dengan pilihan produknya berdasarkan pada masalah harga dan citra merek. bayangakan apabila kita bisa mengetahui apa yang akan dibeli oleh konsumen, mengetahui pola pembelian mereka dan memprediksi apa yang akan mereka beli di hari berikutnya. Bayangkan bisa melacak perjalanan pelanggan online yang mengarah ke pembelian, serta mampu memperoleh data untuk penelitian perilaku pembeli, yang mengarah ke layanan ritel on-point baik online maupun offline, e2ecommerce memainlan peran penting untuk mendapatkan tren dan teknologi terbaru terkait dengan teknologi Smart retail untuk semua pemegang saham yang berpatisipasi di pasar indonesia”. tambah Echo Sembiring, Head of Modern Trade & eCommerce, MAKARIZO.

Sementara itu Zaldy Masita sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menambahkan bahwa “Kebutuhan solusi retail dan logistic yang lebih cerdas menjadi sangat penting sekarang, dengan pertumbuhan ekonomi digital ekonomi yang tinggi di Indonesia, konfrensi e2ecommerce adalah cara yang baik untuk mengetahui pengembangan solusi logistik dan kebutuhan pelanggan serta pemain eCommerce dalam aspek retail dan logistik.”