Penjualan tiket secara online merupakan salah satu model bisnis e-commerce yang menjanjikan. Bagaimana tidak, tiket pesawat bukan lagi termasuk barang mewah, akan tetapi menjadi medium yang mempermudah urusan bisnis di era modern seperti sekarang.

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.

Apakah anda pernah mendengar pebisnis muda, Ferry Unardi ? Mungkin namanya tidak setenar dengan nama perusahaannya yaitu Traveloka.com.

Bagaimana kisah sukses Ferry Unardi pendiri Traveloka ?

Baca juga : Siapkah Bisnis Travel Anda Bersaing Secara Online?

Ferry Unardi lahir pada 16 Januari 1988 di kota Padang. Ferry merupakan seorang pengusaha Indonesia yang juga merupakan pendiri situs web traveloka. Situs tersebut didirikan oleh Ferry melalui jalan yang cukup berat.

Setelah menamatkan pendidikan SMA, Ferry memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Purdue University jurusan Computer Science dan Engineering.

ferry unardi
Traveloka juga telah berekspansi dengan meluaskan core bisnis dalam booking hotel penjualan voucher hotel dengan berbagai pilihan serta diskon menarik.

Berawal dari solusi untuk memecahkan permasalahannya sendiri ketika merasa kesulitan saat memesan tiket dari Amerika ke Indonesia, Ferry mengembangkan sebuah mesin pencari tiket pesawat dengan teknologi yang lebih modern, fleksibel dan praktis.

Pada waktu itu Ferry hendak melakukan perjalanan menuju kota kelahirannya yaitu kota padang, namun Ferry merasa sangat kerepotan untuk memesan tiket dari Amerika Serikat dikarenakan perjalanan dari amerika pemesanan hanya tersedia menuju Jakarta, jadi Ferry harus menuju Jakarta terlebih dahulu lalu melajutkan perjalanan dari Jakarta menuju Padang.

Ferry merasa hal ini sangat ribet dan mungkin bisa membuang-buang waktu yang banyak. Tidak hanya itu, Ferry juga merasa bahwa masalah ini bukan terjadi pada dirinya sendiri, namun juga dikeluhkan orang lain. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Ferry untuk mewujudkan startup reservasi tiket pesawat yang lebih modern, fleksibel, praktis untuk digunakan serta berguna bagi banyak orang.

Baca juga : 7 Tips Memulai Bisnis Travel Online

Pada Maret 2012, Ferry bersama 2 orang rekannya, Derianto Kusuma dan Albert Zhang yang juga berprofesi sebagai engineer memutuskan untuk mulai membangun konsep dan core business untuk menjalankan Traveloka. Melalui sistem pengembangan konsep e-commerce dan segala hal berupa kebutuhan teknis secara mandiri, akhirnya Traveloka berhasil dirilis dalam versi beta pada periode Oktober 2012.

Ibarat jalan yang tak selamanya mulus, bisnis mereka juga pada awalnya tidak berjalan dengan mulus. Pada awal launching, Ferry mengaku sama sekali tidak ada maskapai yang mau bekerja sama dengannya. Namun, seiring dengan kemajuan traffic website-nya, maskapai-maskapai tersebut mulai melirik, dan mau bekerjasama dengan startup yang ia dirikan.

Pelayanan dan inovasi yang berkualitas dan tersistematis menjadi salah satu kunci kesuksesan Traveloka.  Berawal dari tim kecil yang beranggotakan 8 orang, kini Traveloka terus tumbuh menjadi perusahaan besar dengan jumlah karyawan mencapai ratusan orang untuk beragam divisi. Tidak hanya itu, kini Traveloka juga telah berekspansi dengan meluaskan core bisnis dalam booking hotel penjualan voucher hotel dengan berbagai pilihan serta diskon menarik.

ferry unardi
Kini Traveloka tidak hanya melayani penjualan tiket pesawat saja namun sudah merambah jasa reservasi hotel dan juga tiket kereta api.

Baca juga : Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Bisnis Travel Online

Pada awal konsepnya Traveloka hanya berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Dan pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Traveloka sendiri saat ini berkembang sebagai salah satu startup tersukses di Indonesia dan dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan tiket online di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2012, Traveloka rintisan Ferry Unardi terus mendapatkan suntikan dana dari berbagai investor untuk mengembangkan bisnisnya. Bisnisnya tidak hanya melayani penjualan tiket pesawat saja namun sudah merambah jasa reservasi hotel dan juga tiket kereta api.

Nah itu lah kisah sukses Ferry Unardi, salah satu startup sukses pendiri Traveloka yang bisa menjadi inspirasi bagi kita bahwa setiap permasalahan pasti bisa dipecahkan asalkan kita mempunyai niat dan tekat yang bersungguh-sungguh.