Mempunyai toko online sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi digital entrepreneur. Sebelum Anda memutuskan untuk menunjuk programmer atau digital agency untuk membuatkan bagi Anda (seperti Alpha Next) atau Anda memakai layanan pembuatan toko online yang otomatis (seperti Easy Store), Anda perlu tahu fitur wajib apa saja untuk website e-commerce Anda.

Untuk itu, saya coba mengambil dari studi kasus Happy Kado, sebagai penjual online berbagai macam kado.

1. Mudah digunakan

Menurut penelitian, 76% konsumen mengatakan karakteristik yang paling penting dari sebuah situs web adalah kemudahan penggunaan.

fitur wajib ecommerce
Credit : Hubspot

Tujuan utamanya adalah untuk membantu pembeli mendapatkan apa yang mereka inginkan, lebih cepat dan tanpa mengalami kompleksitas yang tidak perlu yang bisa membatalkan mereka untuk membeli.

Jangan terobsesi dengan desain visual situs Anda, tapi terobsesilah dengan kegunaan bagi pelanggan Anda.

Jangan gunakan flash, grafis berat, atau “ribuan” video untuk website e-commerce Anda. Gunakan tata letak dasar yang biasa digunakan oleh pelanggan Anda.

Baca juga : Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Online

2. Mobile friendly

Berdasarkan 91% pengguna internet di Indonesia lebih banyak menggunakan mobile device daripada PC mereka. Jadi pastikan bahwa website e-commerce Anda tampil dengan baik di layar gadget mereka.

Credit : smartinsights

Google menyatakan bahwa semua situs web diharuskan memiliki versi mobile-friendly pada tahun 2017 atau jika tidak akan mengalami konsekuensi SEO. Jika ini bukan alasan yang cukup, ada statistik yang mengatakan satu dari tiga pembelian online dilakukan melalui smartphone.

Dengan situs web yang responsif, konten secara intuitif menyesuaikan diri dengan perangkat apa pun yang mengaksesnya untuk memberikan pengalaman yang paling user-friendly.

 

3. Pencarian yang mudah

Ketika pelanggan berkunjung ke toko online Anda, pastikan mereka mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Input pencarian terletak di posisi yang mudah terlihat, misal di bagian atas sendiri
  • Algoritma pencarian juga penting. Pastikan ketika pelanggan mencari dengan kata kunci “kado wisuda”, artinya mesin akan mencarikan produk dengan 3 kata kunci sekaligus “kado”, “wisuda” atau “kado wisuda”.
  • Apa saja yang dicari juga penting. Jangan hanya mencari pada judul produk saja, tapi juga pada deskripsi, SKU, maupun kategori produk.
fitur wajin ecommerce
Credit : Happy Kado

4. Keamanan terjamin

Transaksi online merupakan bagian integral dari kehidupan kita. Dengan demikian, situs web e-commerce bisa menjadi sasaran yang menguntungkan bagi penjahat dunia maya. Sangat penting bahwa penjual online melindungi informasi pelanggan dan mengambil langkah untuk memastikan privasi.

Fitur keamanan e-commerce “yang harus dimiliki” lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah:

fitur wajib ecommerce
Keamanan pada Happy Kado
  • Sertifikat SSL: menetapkan konektivitas yang aman antara pengguna dan situs web. Cari HTTPS dan kunci hijau di bilah alamat sebelum mempercayai toko online dengan informasi Anda. Pilih vendor sertifikat SSL dengan pengenalan nama.
  • Autentikasi dua faktor: menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan meminta nama pengguna / kata sandi dan kode yang dihasilkan oleh sistem yang dikirim melalui email atau SMS.
  • Gunakan firewall: menyediakan gateway atau dinding di antara dua jaringan dan mengizinkan lalu lintas resmi dan memblokir lalu lintas berbahaya.
  • Tautan kebijakan privasi di footer: alamat kebijakan privasi situs web dan janji data pelanggan tidak dibagikan ke pihak ketiga.

 

5. Metode pembayaran yang mudah ditambahkan

Ada banyak pilihan pembayaran online yang populer, mulai dari COD, transfer bank, paypal, kartu kredit, e-money, dan sebagainya. Kuncinya adalah memahami siapa pembeli Anda dan menerapkan solusi yang paling efektif. Jika sebuah Anda harus membatasi pilihan pembayaran, pastikan untuk menjelaskan alasannya.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk menambahkan metode pembayaran baru pada toko online sangatlah tidak mudah dan butuh waktu yang cukup lama. Karena itu ketika membuat toko online, pilihlah platform yang memudahkan Anda untuk menambah metode pembayaran.

Baca juga : Semua hal yang Perlu Anda Tahu dari Tencent

6. Rating dan review

Pembeli (sekitar 92%) suka membaca ulasan (review). Peringkat bintang pada suatu produk adalah faktor nomor satu yang digunakan oleh konsumen untuk menentukan keputusan untuk membeli. Pastikan di toko online Anda terdapat fitur untuk memberi rating maupun review.

 

7. Frequently Asked Questions (FAQ)

Makin mahal harga produk yang Anda jual, maka penjelasan perlu makin detil. Untuk itu Anda perlu membuat daftar pertanyaan dan jawaban yang paling sering akan ditanyakan oleh pelanggan Anda, mulai dari metode pembayaran, lama pengiriman, bagaimana jika barang rusak, retur, dan lain sebagainya.

 

8. Checkout yang mudah

60% keranjang kosong (batal berbelanja) terjadi karena pembayaran yang rumit. Pastikan ini bukan kasus Anda. Jika Anda benar-benar ingin menjual produk, buat petunjuk langkah-demi-langkah yang jelas yang membimbing pelanggan Anda untuk membeli dengan selamat.

 

9. Penawaran khusus

Salah satu contoh halaman penawaran khusus di Happy Kado

Ketika pembeli menyadari bahwa mereka mendapatkan penawaran khusus, itu akan memotivasi mereka untuk membeli lebih banyak dan meluangkan lebih banyak waktu untuk mencari situs ini.

Pastikan di website e-commerce Anda :

  • Mudah dalam membuat halaman “penawaran khusus” tanpa perlu bantuan programmer lagi.
  • Mudah membuat penawaran berupa diskon.
  • Mudah membuat penawaran berupa kode kupon.

 

10. Tracking and analytics

Penjualan akan lebih efektif jika kita sebagai penjual mempunyai data untuk dapat kita analisis. Hasil analisis itu akan kita pakai untuk membuat strategi penjualan. Karena itu di website kita perlu ada fitur untuk melakukan tracking terhadap data pengunjung di website kita. Berapa banyak orang yang berkunjung di website kita pada periode tertentu ? Mereka berkunjung ke halaman apa saja ? Berapa lama mereka berkunjung ? Dan sebagainya. Dan usahakan website kita terintegrasi dengan Google Analytics. Itu akan sangat mebantu sekali.

Baca juga : Membuat website atau aplikasi mobile? Atau keduanya?

11. Live chat

Bagi seorang pembeli, “rasa aman” sangat diperlukan dalam melakukan transaksi online. Dan ini dapat dibantu dengan hadirnya “live chat“, karena pembeli tahu harus kemana dia bertanya jika ada keraguan dalam dirinya.

Tunjukkan bahwa Anda adalah manusia dan bersedia menangani keberatan apa pun, merekomendasikan produk dan banyak hal lagi melalui “live chat“.

 

12. Produk terkait

Produk terkait pada toko online Happy Kado

Dengan adanya fitur “produk terkait” itu akan membantu calon pembeli untuk mengambil keputusan juga. Fitur “produk terkait” tidak harus menampilkan produk sejenis, bisa saja itu bukan produk sejenis tapi masih terkait. Sebagai contoh : calon pembeli mencari kemeja pria, kita bisa menampilkan juga dasi pria.

 

13. Social Proof

Alasan utama seseorang membeli adalah TRUST (percaya). Karena itu perlu ada fitur atau halaman yang menampilkan testimoni dari para pembeli kita, atau siapa saja client kita selama ini.

 

14. Metode pengiriman

Kita perlu menampilkan dengan jelas mengenai metode pengiriman kepada calon pembeli. Adalah baik jika calon pembeli dapat menentukan metode pengirimannya, apakah COD (cash of delivery), dengan JNE, TIKI, GoJek atau lainnya.

Sebagai informasi tambahan, menariknya, pembeli akan menghabiskan 30% lebih banyak per pesanan saat pengiriman gratis disertakan. Pastikan untuk menyajikan kode pengiriman gratis di semua halaman situs melalui navigasi header, jika ada.

 

15. Kebijakan pengembalian barang

Kebijakan pengembalian merupakan fitur penting dari website e-commerce manapun. Statistik di bawah ini benar-benar berbicara untuk diri mereka sendiri, namun kebijakan pengembalian harus jelas terlihat dan ditulis dengan baik atau diilustrasikan. Ini akan meyakinkan pembeli bahwa jika mereka tidak puas atau adanya kesalahan ukuran, toko online itu ada untuk menjawab mereka.

Sebuah infograf dan survei tahun 2016 oleh Invesp menunjukkan:

  • Setidaknya 30% dari semua produk yang dipesan secara online telah dikembalikan.
  • 92% konsumen akan membeli lagi jika proses pengembalian produk itu mudah.
  • 67% pembeli memeriksa halaman pengembalian sebelum melakukan pembelian.

Baca juga : Pentingnya Testimoni Dalam Bisnis Online

16. Terintegrasi dengan fitur digital marketing

Apa gunanya kita menjual produk yang bagus dengan harga yang bagus pula di toko yang cantik, tapi tidak ada seorangpun yang berkunjung ke toko kita? Bukankah itu hal yang menyedihkan?

fitur wajib ecommerce
Sepi – Credit : CNN

Begitu pula dengan toko online kita. Sekalipun website e-commerce kita sangat cantik desainnya dengan fitur yang sangat canggih, tapi tidak ada seorang yang menemukan website kita, apa gunanya itu semua ?

Bagaimana memasarkan toko online kita ?

  • Apakah dengan billboard seharga Rp. 450.000.000 / tahun ? Atau,
  • Pasang iklan di televisi nasional seharga Rp.20.000.000 / 30 detik ? Atau,
  • Pasang iklan di koran seharga Rp.15.000.000 / 7 cm saja ? Atau,
  • Pasang iklan di radio seharga Rp.400.000 / 30 detik saja ? Atau,
  • Dengan bagi brousur / pamflet saja yang lebih murah ?

Itu semua tergantung budget Anda sih. Tapi perlu Anda ketahui : yang pertama, semua iklan tradisional tersebut tidak tertarget dengan tepat. Misal, iklan jual makanan bayi di brosur. Bagaimana Anda menjamin bahwa si penerima brosur adalah seseorang yang sedang mempunyai anak bayi ? Kalau dengan digital marketing itu sangat memungkinkan, misal dengan Facebook Ads.

Yang kedua adalah biaya pemasaran secara digital jauh lebih murah daripada biaya pemasaran tradisional. Sebagai gambaran saja, biaya iklan yang dilihat oleh per orang di Facebook, bisa hanya Rp.5 saja.

Karena itu pastikan bahwa toko online Anda telah terintegrasi juga dengan beberapa fitur digital marketing, seperti email marketing, Facebook pixel, CRM, survei dan sebagainya.

 

17. SEO yang bagus

Mudah ditemukan, itu kata kunci yang penting saat kita berjualan online. Biasanya calon pembeli akan mencari produk yang dia inginkan melalui Google. Dan biasanya mereka hanya akan mencari sampai di halaman 2 saja. Sebab itu penting agar website kita bisa tampil di halaman pertama di halaman pencarian Google. Ini mengapa SEO (Search Engine Optimization) penting.

Seperti di website Happy Kado, mereka ada fitur yang memudahkan pembuat konten (entah itu konten berupa produk atau artikel) agar SEO-nya bagus.