Bisnis online saat ini semakin menarik perhatian para pelaku bisnis. Bukan hanya di kalangan individu saja, beberapa perusahaan kini memiliki metode bertransaksi secara online sebagai salah satu alternatif untuk menyentuh konsumen dari jarak jauh. Segala macam bentuk barang dan jasa dapat dijual melalui online dengan memanfaatkan koneksi internet untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

Alhasil foto produk pun sangat mempengaruhi keputusan pembelian dalam bisnis online. Saat konsumen mengunjungi toko online anda, mereka tidak tahu pasti seperti apa tampilan asli produk yang anda jual, sehingga mereka hanya mengamati tampilan fotonya dan mulai memberikan penilaian.

Salah satu kunci sukses jualan online adalah mempelajari fotografi agar dapat mengambil gambar produk yang dapat menarik perhatian orang yang melihatnya, dan tujuannya untuk membuat mereka memutuskan membeli produk tersebut. Maka dari itu anda harus memperhatikan kualitas foto setiap produk yang anda jual.

Namun jika anda tidak memiliki basic sebagai seorang fotografer tentunya anda pasti tidak tahu apakah gambar tersebut dapat menarik perhatian konsumen atau bahkan justru membuat mereka tidak akan tertarik sama sekali dengan produk yang anda upload, padahal kualitas produk untuk seorang pebisnis online sangatlah penting.

Baca juga : Produk Bagus Tapi Tidak Laku? Harus Berbuat Apa Lagi?

Apa saja sih yang dapat meningkatkan kualitas foto produk? Berikut 7 hal yang harus diperhatikan saat kamu melakukan pemotretan produk, agar hasil fotonya dapat mencerminkan kualitas produk itu sendiri dan tentunya dapat menarik perhatian orang yang melihatnya :

“Gunakan Kamera dengan Resolusi Tinggi”

Anda dapat menggunakan kamera DSLR, mirrorless, pocket, hingga kamera smartphone. Kamera yang memiliki resolusi tinggi umumnya didukung dengan perangkat pengaturan yang maksimal sehingga menghasilkan foto yang berkualitas baik. Tidak perlu merogoh kantong hingga dalam guna membeli kamera yang mahal. Manfaatkan kamera digital saku atau smartphone sebagai alternatif dalam pemakaiannya. Lakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu agar obyek yang difoto nampak jelas dengan hasilnya maksimal.

“Sumber Pencahayaan yang Tepat”

memaksimalkan foto produk
Sumber lighting atau pencahayaan sangat berpengaruh pada hasil pemotretan.

Apapun jenis kameranya, sumber lighting atau pencahayaan sangat berpengaruh pada hasil pemotretan. Anda bisa mengandalkan cahaya lampu pijar, atau cahaya matahari langsung,dan cayaha dari flash. Tapi bukan berarti cahaya dari flash bisa digunakan pada setiap pengambilan foto. Misalnya, ketika anda mengambil foto produk gelas atau botol yang berbahan kaca, jika menggunakan flash dengan jarak dekat akan menimbulkan pantulan yang dapat menganggu hasil gambar.

Perhatikan juga asal cahaya, apakah dari depan, belakang, samping, atau atas. Pastikan pencahayaan tidak menimbulkan bayangan yang menganggu keindahan foto. Penataan lighting harus tepat agar dapat menangkap bentuk dan dimensi produk, serta menghasilkan foto yang berkarakter.

Yang perlu anda ingat dalam mengambil gambar adalah jangan mengambil obyek dengan berlawanan arah dari datangnya cahaya. Sensor kamera akan otomatis menyesuaikan cahaya yang masuk dengan menurunkan intensitas penerimaan cahaya yang masuk sehingga menghasilkan obyek menjadi gelap.

Baca juga : 6 Tips Sederhana Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Online Sampingan

“Penataan Background”

Background yang berwarna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu, paling baik untuk fotografi produk. Seperti karton putih, dinding ruangan, atau kain tebal yang tanpa tekstur. Bisa juga menggunakan background dengan motif sederhana seperti papan kayu. Background tersebut akan membuat produk terlihat menonjol.

Boleh saja menggunakan aksesoris pendukung untuk menambah daya tarik.  Namun hindari penggunaan background yang ramai. Karena yang anda ingin perlihatkan adalah produknya, bukan benda lain di sekitarnya, sehingga fokus pelanggan adalah pada produk yang anda jual bukan pada background tersebut.

“Ambil Gambar dari Berbagai Sisi”

memaksimalkan foto produk
Semakin banyak foto yang diambil dari sudut pandang berbeda, semakin mudah anda menemukan foto produk yang terbaik.

Ketika anda ingin mengambil gambar dari produk yang anda jual, fotolah produk tersebut dari berbagai sudut. Untuk menunjukkan bentuk produk, satu sudut foto tidak cukup. Biasanya sebuah produk akan terlihat lebih bagus ketika produk tersebut di foto dari sudut tertentu.

Anda perlu mengambil gambar produk dari berbagai angle atau sudut pengambilan untuk mendapatkan dimensi yang sempurna. Semakin banyak foto yang diambil dari sudut pandang berbeda, semakin mudah anda menemukan foto produk yang terbaik. Setiap foto yang diambil dari sudut berbeda, akan menghasilkan tampilan karakter produk yang berbeda pula. Anda bisa mengunggah foto-foto dari berbagai sudut tersebut untuk.

Baca juga : Onlinekan Bisnis, Produk pun Laris!!

“Gunakan Model”

Sebuah produk akan terlihat lebih bagus apabila anda menggunakan model yang memakai produk tersebut karena model tersebut bisa menunjukkan fungsi dari produk yang anda jual. Jangan lupa memadu-padankan produk yang anda jual dengan produk lain. Misalnya anda menjual pakaian muslim, maka tambahkan dengan hijab atau aksesoris lainnya yang sesuai agar pakaian tersebut terlihat lebih menarik untuk dibeli oleh calon pembeli.

“Edit Foto”

memaksimalkan foto produk
Edit foto untuk memaksimalkan produk.

Mengedit foto adalah opsi tambahan untuk meningkatkan kualitas gambar. Anda perlu melakukannya jika anda merasa hasil foto tersebut belum maksimal dan ada yang harus diperbaiki. Anda dapat memperindah foto produk dengan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop.

“Perhatikan Ukuran Foto Sebelum Diupload”

Foto atau gambar yang dipajang merupakan media yang sangat krusial yang dapat mempengaruhi minat dan kepercayaan konsumen. Seringkali ditemui pada saat konsumen sedang mencari informasi produk, penjual hanya menampilkan satu foto saja dan ukuran foto yang disediakan terlalu kecil. Ini tentu saja akan mempersulit konsumen untuk mendapatkan detail produk yang ditawarkan. Karena itu ada baiknya membuat foto dengan resolusi 800 pixel ke atas. Semakin tinggi pixel yang digunakan, maka obyek foto akan semakin tajam.

Baca juga : Sukses Bisnis Fashion Online Lewat E-Commerce

Sebagai pebisnis online, foto produk memang memainkan peran yang besar dalam kesuksesan bisnis online. Jadi, jika anda ingin merebut hati konsumen untuk membeli produk yang anda tawarkan, maka anda harus memperhatikan kualitas foto produk yang anda gunakan untuk mempromosikan toko online anda.

Nah, itulah hal-hal yang wajib anda perhatikan saat memotret produk. Jika anda merasa belum menguasai fotografi produk dan tidak memiliki peralatan yang memadai, anda perlu mempertimbangkan hal-hal diatas. Karena jika anda sebagai pebisnis pemula, anda tidak mungkin harus menyewa jasa fotografer terus-menerus. Hal ini akan menambah biaya pengeluaran anda.