Masa depan bisnis dan komitmen kesuksesan berada pada ide melihat bisnis Anda sebagai platform untuk komunitas Anda. Maka tidak salah juga jika gagasan ide bisnis sebagai platform komunitas online adalah salah satu yang cukup banyak bermain dalam berbagai konteks bisnis.

Konsultan mungkin bekerja dengan pemilik bisnis untuk membangun platform melalui komunikasi, tulisan, blogging dan menghubungkan di media sosial. Dan akhirnya, banyak perusahaan teknologi telah membangun platform dengan menciptakan perangkat lunak open source, seperti WordPress, yang memungkinkan penyedia pihak ke-3 lainnya untuk membangun perdagangan dan komunitas di atas kerangka kerja mereka.

Sebagai contohnya, Anda dapat melihat Amazon dengan bisnis penjualan bukunya dengan mengambil sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan bisnis yang ada, tetapi yang mereka telah menjadi sangat kreatif dan menciptakan Amazon Web Services yang memungkinkan ribuan bisnis untuk membangun kerangka Amazon itu sendiri.

Lain halnya dengan Airbnb yang menjelma pasar komunitas sehingga memungkinkan pemilik properti dan wisatawan untuk terhubung satu sama lain untuk tujuan penyewaan ruang liburan yang unik di seluruh dunia. Airbnb dibangun di Amazon Web Services dan menggunakan alat-alat database mereka untuk membangun komunitas mereka.

Lalu, apa platform dalam konteks ini?

Sebuah platform adalah sistem yang membantu orang menciptakan produk, jasa, keuntungan, bisnis, masyarakat, dan jaringan mereka sendiri. Dan dinamika keterbukaan dan kolaborasi harus hadir untuk menciptakan lingkungan sebuah platform.

Jadi, pertanyaan yang perlu direnungkan adalah:

  • Bagaimana mungkin Anda membangun bisnis sebagai platform?
  • Apa yang bisa orang lain bangun di atas bisnis atau produk Anda?
  • Bagaimana Anda bisa menambah nilai lebih melalui pendekatan platform Anda?
  • Bagaimana Anda bisa menghidupkan jaringan pada platform Anda?
  • Bagaimana bisa komunitas Anda menghasilkan nilai bagi satu sama lain?
  • Bagaimana platform Anda belajar dari anggota komunitas?
  • Bagaimana Anda bisa membuat sesuatu yang cukup terbuka untuk menarik pesaing Anda?
  • Dari platform yang ada apa yang Anda bisa bangun?
  • Cara apa yang bisa Anda peroleh untuk membangun sebuah platform?
  • Apa yang bisa Anda kembangkan sebagai cara untuk membangun sebuah platform?

Ketika Anda mulai berpikir tentang bisnis Anda dengan cara ini, Anda dapat bergerak di luar cara lama dan berbaur dengan pemikiran baru ke dalam model bisnis Anda, budaya dan akhirnya bagaimana Anda terlibat dan berkomunikasi dengan komunitas Anda.

Cari kerangka unik Anda untuk keterbukaan

Kuncinya adalah untuk menemukan kerangka yang unik Anda sebagai dasar platform. Sering kali ini membutuhkan pemikiran jauh di luar bisnis inti Anda terkait apa rancangan untuk melakukan dan melihat pada hal-hal murni yang dapat Anda lakukan sebelumnya, atau yang sudah dapat dilakukan dengan baik. Jadi, lakukan bahkan jika hanya hal kecil yang untuk mendukung bisnis inti Anda.

Sebagai contoh, Appletree adalah bisnis call center yang berkantor pusat di Wilmington Delaware. Perusahaan telah membangun platform dengan mencari tahu bagaimana mengubah paradigma budaya call center. Perusahaan telah menerima berbagai penghargaan keunggulan kerja dan merupakan anggota dari Inc 500 dan 5000.

Intinya, Paradigma baru dapat menjadi solusi untuk membuat kerangka yang unik dengan segala keterbukaannya sebagai penunjang perkembangan bisnis dalam sebuah komunitas.

Bangun sebuah nilai identitas lebih

Sebuah faktor utama dari komponen platform adalah penciptaan nilai identitas. Tidak peduli apa bisnis Anda tidak akan tenggelam (dirasakan atau sebaliknya) jika itu mempunyai sebuah nilai identitas yang baik. Hal ini sangat urgen ketika kita berbicara tentang aspek komunitas platform.

Banyak orang menambahkan fitur untuk produk dan jasa sebagai cara untuk mengatasi permasalahan identitas, tapi dampak nyata dalam penciptaan nilai identitas berasal dari cara strategis untuk menambah nilai dalam cara bisnis Anda dengan memberikan pengalaman yang unik untuk pelanggan dan bukan melalui beberapa semacam peningkatan produk.

Jadi, Ketika tejun ke pasar nilai apa yang Anda tawarkan pada produk Anda untuk mendapat kata layak dan harga premium. Orang-orang akan membayar mahal untuk sebuah pengalaman yang membantu mereka mendapatkan lebih dari apa yang mereka inginkan dari hidup.

Baca Juga 5 Tips Membangun Komunitas Bisnis Online