Media sosial merupakan media online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun anda berada. Saat ini sosial media tidak hanya dijadikan sebagai media untuk bersosialisasi, hiburan dan informasi tapi juga dijadikan sebagai tempat usaha. Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, maka saat ini para pebisnis pun memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya.

Tren berjualan lewat social media seperti di instagram dan facebook saat ini telah banyak merubah gaya hidup masyarakat. Tidak hanya dinilai lebih mudah dan praktis tapi juga produk yang ditawarkan juga lebih menarik. Tak bisa dipungkiri lagi, para pelaku usaha dapat mengambil manfaat dari facebook dan instagram untuk mengembangkan bisnis mereka. Diantara banyaknya sosial media saat ini, Facebook dan Instagram adalah 2 sosial media yang paling menonjol untuk dimanfaatkan sebagai media baik untuk promosi atau berjualan online. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah pengguna aktif kedua sosial media ini yang cukup banyak dibandingkan sosial media lainnya sehingga menjadikan keduanya sebagai sosial media dengan jumlah akun bisnis online terbanyak.

Menurut data dari Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya. Sedangkan Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati memaparkan statistik perihal pengguna Instagram di Indonesia yang berjumlah 45 juta pengguna aktif. Dengan jumlah pengguna yang masif, Indonesia menjadi komunitas Instagram terbesar di Asia Pasifik, serta salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan. Padahal, pengguna aktif di awal tahun 2016 hanya 22 juta.

Baca juga : 6 Tips Social Media Untuk Memulai Bisnis Online

Kedua sosial media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari penggunaannya dan jenis bisnis yang dipilih. Jadi sebelum mencoba bisnis online, sebaiknya baca terlebih dahulu penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan antara kedua sosial media ini.

“Kelebihan dan Kekurangan Instagram”

  1. Dari Segi Gambar

Instagram sama seperti jejaring sosial lainnya, namun lebih fokus kepada foto atau pengeditan foto dengan menggunakan gambar sebagai konten utama, oleh karena itu instagram memiliki berbagai macam jenis efek dan filtrasi unik yang dapat diterapkan pada gambar yang di akan upload. Jadi anda tidak perlu repot lagi menggunakan aplikasi lain untuk mengedit foto produk yang akan anda upload.

Namun kekurangan dari segi gambar di instagram adalah tidak bisa di download jika anda tidak mempunyai aplikasi untuk mendownload gambar atau video dari instagram tersebut.

instagram atau facebook
“Indonesia menjadi komunitas Instagram terbesar di Asia Pasifik, serta salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan pada tahun 2016” – Sri Widowati , Country Director Facebook Indonesia
  1. Dari Segi Video

Sama seperti gambar, dari segi video instagram juga memiliki berbagai efek dan filter unik yang dapat diterapkan pada video yang akan diupload selain itu bisa memotong (cut) durasi  atau bagian yang tidak diinginkan pada video langsung di Instagram.

Sedangkan kekurangan dari editorial video instagram juga terjadi pada gambar, yaitu kualitas dari video akan menurun saat ingin mendownloadnya. Selain itu durasi video yang bisa diupload maksimalnya hanyalah 1 menit saja.

  1. Hashtag (#)

Hastag pada instagram berfungsi sebagai keyword pada kolom pencarian. Dengan menggunakan hashtag pengguna dapat langsung masuk ke topik yang ingin dilihat atau dicari. Hashtag ini tentu akan sangat membantu anda dalam mempromosikan produk. Cukup dengan mencantumkan hashtag terpopuler pada caption gambar produk yang diupload atau membuat hashtag unik yang hanya dimiliki oleh produk anda. Memberikan hashtag yang tepat akan mempercepat proses penyebaran informasi mengenai produk anda. Misalnya jika anda menjual produk fashion pakaian muslim anda bisa memberikan #pakaianmuslim #fashionmuslim dan lainnya.

  1. Instastory

Fitur terbaru pada instagram adalah instastory. Fitur ini menawarkan fitur-fitur tambahan dalam mengedit gambar atau video. Seperti menaruh stiker atau teks tambahan pada konten yang diupload baik gambar ataupun video yang bisa dilihat oleh banyak orang dan bisa dihubungkan langsung dengan facebook dan website/platform lainnya.

Tapi kelemahan dari fitur ini adalah konten yang diupload akan hilang dalam kurun waktu 24 jam dan durasi video yang diupload maksimal hanya 10 detik saja.

Baca juga : Semua Hal Yang HARUS Anda Ketahui tentang Bisnis di Instagram

“Kelebihan dan Kekurangan Facebook”

  1. Dari Segi Gambar

Kelebihan upload image dari facebook adalah kualitas gambar yang tidak akan berubah. Sehingga detail gambar pada produk akan terlihat lebih jelas, gambar produk juga bisa di download dan tentu dari sisi konsumen akan lebih puas karena konsumen dapat melihat kualitas produk hanya dari gambar dan memudahkan mereka dalam membuat keputusan pembelian.

Sedangkan kekurangannya adalah anda harus mengedit melalui aplikasi lain jika ingin memberi efek pada video yang diupload.

instagram atau facebook
“Di Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif pada tahun 2016” – Webershandwick, Perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi.

Baca juga : Trik Jitu Kebanjiran Order Melalui Facebook

  1. Dari Segi Video

Kelebihan upload video dari facebook sama seperti image adalah kualitas video tidak akan berubah, bahkan tidak ada batasan durasi pada facebook karena kapasitas yang facebook punya lebih besar dari sosial media lainnya.

Kekurangannya adalah anda harus mengedit melalui aplikasi lain jika ingin memberi efek pada video yang diupload. Kekurangan dari segi video facebook adalah anda harus mengedit melalui aplikasi lain jika ingin memberi efek pada video yang diupload.

  1. Hashtag (#)

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan hastag pada instagram. Manfaat hastag pada facebook juga untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk yang ingin dibeli. Seperti yang sebelumnya sudah saya bahas tentang manfaat penggunaan hastag untuk bisnis online dengan judul “Manfaat Hashtag Sebagai Strategi Marketing Di Social Media“.

Baik instagram atau facebook sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yang terpenting adalah bagaimana cara anda memasarkan produk yang anda jual. Jika menurut saya pribadi, saya lebih memilih keduanya dengan menghubungkan instagram pada facebook, sehingga ketika anda upload foto dari instagram bisa langsung dihubungkan dengan facebook dan dengan begitu produk anda bisa dengan mudah dikenal oleh masyarakat. Anda juga tidak perlu login dengan memasukkan user id atau password kembali sebab akun instagram anda sudah terhubung dengan akun instagram anda.

Baca juga : Kenapa Bisnis Online Shop Sering Dibanjiri Produk Fashion???

Apapun media yang anda gunakan dalam berjualan yang terpenting adalah memberikan pelayanan yang terbaik sebab pelayanan yang baik merupakan kunci utama dalam berbisnis. Berikan respon yang cepat dan pelayanan yang tepat sesuai dengan keinginan calon konsumen agar konsumen merasa puas.

Bagaimana agar business Anda semakin maksimal dengan menjangkau banyak orang melalui instagram? Telah hadir sebuah tools automation instagram CELEBGRAMME yang tidak hanya bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak real followers, tetapi juga bisa meningkatkan engagement para target users dan followers Anda, yang pada akhirnya akan semakin banyak orang mengetahui produk Anda dan value yang akan Anda berikan. Bagaimana cara pemesanan Celebgramme? Klik gambar di bawah ini.

hashtag
Celebgramme