Bagi seorang Digital Marketer atau pada saat Anda akan melakukan proses digital marketing, mengenal istilah-istilah dalam dunia digital marketing, sangatlah diperlukan. Berikut adalah kamus istilah digital marketing yang Anda wajib tahu.

Pada halaman ini hanya akan membahas dari huruf A dan B saja. Silahkan klik pada huruf lainnya untuk istilah-istilah lainnya.

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z

A

A/B Testing adalah pengujian dua (atau lebih) pilihan di media untuk mengukur perbedaan statistik dalam pengaruhnya masing-masing. Contoh  : menguji mana iklan yang lebih efektif, gambar atau video ? Gambar A atau gambar B?

Ad Ops adalah pengukuran dan optimalisasi periklanan melalui teknik program dan pengelolaan investasi media berbayar.

Ad Tech adalah teknologi untuk mengelolah penempatan, optimasi dan otomasi iklan digital di seluruh saluran.

(Google) AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search (pencarian Google) atau Google Network (Jaringan Google), lokasi target pasar, bahasa, dsb. Teknologi ini memudahkan penargetan iklan ke penelusuran tertentu, dan iklan muncul di atas dan di sebelah kanan penelusuran organik.

(Google) AdSense adalah sebuah program yang dijalankan oleh Google yang memungkinkan penayang di situs konten Google Network untuk menyajikan iklan teks, gambar, video, atau media interaktif, yang ditargetkan ke konten dan pemirsa situs.

Perbedaan antara Google Adwords dan AdSenese adalah AdSense menayangkan iklan AdWords ke konten website lain, sehingga Google akan membayar website penayang iklan tersebut sesuai jumlah klik atau tayangan (impressions) iklan, tergantung jenis iklan.

AdWords vs AdSense. Credit : wsionline

Advocacy Marketing adalah memanfaatkan pendukung merek (brand) sebagai aset untuk mendorong pembelian dari pembeli potensial, biasanya melalui media digital.

Affiliate Marketing adalah tindakan mempromosikan perusahaan lain dengan tujuan memberikan prospek sebagai imbalan untuk komisi yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut.

AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Ini adalah salah satu prinsip dasar pemasaran dan periklanan modern sebagai tahapan yang harus diingat dalam proses penjualan sebuah produk atau jasa. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian (A), mendapatkan dan mendorong minat (I), membangkitkan keinginan (D), dan menghasilkan tindakan (A).

Baca juga : Langkah Mudah Mengubah Ide Menjadi Bisnis Digital Sukses

Alexa Internet adalah sebuah situs web dan toolbar yang melacak jumlah klik (pengunjung) ke situs web tertentu dan memberi peringkat berdasarkan jumlah ini.

API adalah singkatan dari Application Programming Interface, sebuah antarmuka dokumen yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak untuk berinteraksi dengan aplikasi lain. Sebagai contoh website kita dapat memakai API Twitter atau API Facebook untuk mengijinkan pengguna masuk ke website kita (login) dengan akun Twitter atau Facebook mereka.

Augmented Reality (AR) adalah integrasi lingkungan fisik (dunia nyata) dan dunia digital untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara waktu sebenarnya (real time). Contohnya adalah game PokemonGo.

kamus digital marketing
Pokemon Go contoh game Augmented Reality. Credit : damngeeky

Automatic Content Generation adalah sistem yang secara otomatis membuat dan menggabungkan konten (misal Posting blog, artikel, posting media sosial) untuk dikonsumsi oleh pengguna.

Automatic Content Recognition adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat teknologi mengenali konten dalam kedekatannya. Contoh : Anda sedang menonton acara wisata di televisi Anda, tiba-tiba akan muncul iklan tentang paket wisata di gadget Anda.

Auto Responder adalah program teknologi yang dirancang untuk merespon email, komentar, atau pesan secara otomatis. Contoh artikel yang terkait tentang auto responder dapat dilihat disini.

Avatar adalah gambar yang mewakili sebuah akun di jejaring sosial atau forum.

 

B

B2B adalah singkatan dari Business-to-Business. Perdagangan yang lebih diutamakan antara sesama pelaku bisnis daripada antara para pelaku bisnis dan konsumen.

B2C adalah singkatan dari Business-to-Consumers. Perdagangan antara para pelaku bisnis dan konsumen.

B2G adalah singakatan dari Business-to-Government. Perdagangan antara para pelaku bisnis dan pemerintah.

Back link adalah tautan ke situs web kita dari web lain. Jika ada website lain yang memberi tautan (back link) ke website kita, ini akan meningkatkan peringkat situs web kita saat dievaluasi oleh webcrawler seperti PageRank, apalagi website tersebut sangat populer. Ini sangat ditekankan oleh SEO.

Bitly adalah aplikasi pemendekan URL gratis. Mereka juga menyediakan analisis pada tautan Anda. Untuk mencobanya, silahkan klik disini.

Blekko adalah mesin pencari yang relatif baru, bertujuan untuk lebih baik Google. Mesin pencari ini mengklaim bebas spam dan juga berisi fungsionalitas yang mempermudah SEO. Saat ini Teknologi blekko dan tim pengembangnya telah bergabung dengan IBM Watson

Blog adalah berasal dari kata WEB LOG yang secara sederhana berarti Jurnal Online. Blog biasanya akan berisi tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Biasanya blog dipakai sebagai buku harian, media berita, kegiatan perusahaan dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit e-commerce yang membuat blog untuk memperbaiki SEO mereka, seperti situs jual kado, Happy Kado.

Baca juga : Peluang Bisnis Lewat Blogging

Blogger adalah penulis blog.

Blogosphere adalah kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang saling tersambung di jagat internet ini.

Blogroll adalah metode tradisional bagi blogger untuk mencantumkan semua blog lain yang telah mereka baca. Daftar blog lain biasanya di cantumkan pada widget/sidebar. Hal ini bertujian sebagai pertukaran link (link exchange) antara blog anda dengan blog lainnya.

Boilerplate adalah blok salinan yang berisi standarisasi atau informasi tentang organisasi yang umumnya muncul di bagian bawah siaran pers, artikel, dll. Dan biasanya ini cukup penting juga untuk SEO karena akan berisi kata kunci-kata kunci yang sering dipakai oleh pengguna saat mencari di Google.

kamus digital marketing
Boilerplate. Credit : webmarketingtherapy

Bounce Mail adalah surat elektronik (email) yang tidak dapat mencapai tujuan akhir mereka karena penerima yang tidak sah alamatnya atau tertangkap dalam filter spam atau kegagalan mengirim lainnya

Brand Awareness adalah seberapa cepat sebuah merek bisa dipanggil ke pikiran atau dikenali oleh konsumen. Contoh : Jika saya sebuat “air mineral”, maka Anda akan teringat merek A*ua. Atau Jika saya sebut “pompa air”, maka Anda akan teringat merek “S*nyo”.

Baca juga : Pentingnya Personal Branding Untuk Promosi Bisnis Online

Buyer Persona adalah Seorang fiktif yang diciptakan untuk mewakili semua atribut atau karakteristik suatu potensi pembeli. Dibuat berdasarkan penelitian sehingga merek bisa lebih memahami siapa pembeli mereka berdasarkan siapa mereka, bagaimana mereka berpikir dan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya.

Biasanya untuk memuali bisnis, kita harus tentukan dulu karakteristik calon pembeli kita, seperti jenis kelamin mereka, usia mereka, hobi mereka, finansial mereka, media sosial apa yang mereka pakai, apa ketakutan mereka, harapan mereka dan sebagainya.

Buyer’s Journey adalah pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan potensial atau pelanggan yang sudah pernah membeli, mulai dari awal sampai akhirnya dia memutuskan untuk membeli. Tahapan ini sering dikategorikan dalam empat tahap: penemuan, pertimbangan, keputusan dan advokasi

Buzz adalah obrolan positif, menyebut (mention) dan posting online mengenai sebuah merek, produk atau acara.

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z