Berikut adalah istilah-istilah dalam dunia digital marketing yang kamu wajib tahu. Kamus istilah ini akan membahas dari huruf C, D, dan E saja.

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z

C

Call to Action adalah bagian dari iklan yang mendorong pengguna untuk bertindak (yaitu “klik disini” atau “Masukkan ke keranjang sekarang” atau “Gabung sekarang”).

Campaign adalah sebuah pesan pemasaran dengan tujuan tertentu. Campaign (Kampanye) dapat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan sebuah brand, mengumpulkan dana atau meningkatkan penjualan produk.

Click Through Rate (CTR) adalah rasio yang menunjukkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan Anda pada akhirnya mengklik iklan tersebut. Rumus CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditayangkan. Misal iklan ditampilkan 100x, dan ada 10 orang yang melakukan klik pada iklan tersebut, maka CTR-nya adalah 0.1.

Click Bait adalah istilah yang (biasanya) merendahkan pada konten web (biasanya pada judul konten), yang tujuan utamanya adalah membuat pengguna meng-klik tautan untuk membuka laman web tertentu.

Baca juga : Rumus Bikin Judul yang Click Bait Tapi Tidak Menipu Pembaca

Cloaking adalah teknik Search Engine Optimization (SEO) dimana konten yang disajikan ke search engine spider berbeda dengan yang disajikan ke browser pengguna. Hal ini sangat merugikan pengguna karena memanipulasi konten website dari yang sebenarnya dicari.

Cloud Advertising adalah layanan yang mendukung pemilihan dan penyampaian data periklanan berdasarkan pada mekanisme lelang yang sesuai dengan penawar tayangan iklan.

Content Aggregator adalah organisasi yang mengumpulkan konten dari berbagai sumber dan menyediakannya untuk bisnis / perusahaan / merek dengan biaya tertentu.

Content Marketing adalah praktik membuat dan mengurasi konten dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan sebuah merek, hubungan konsumen / merek, pengalaman pelanggan, pengaruh industri dan kesetiaan. Konten dapat mencakup, namun tidak terbatas pada, teks, video, citra, kutipan dari pernyataan pemimpin, dll. Hal ini juga bagus untuk SEO.

Sebagai contoh, Happy Kado adalah sabuah bisnis menjual kado yang melakukan pemasarannya dengan content marketing. Happy Kado membuat banyak artikel dalam blog-nya yang terkait dengan bisnis mereka, yaitu jual kado.

kamus istilah digital entrepreneur
Happy Kado, toko online penyedia kado dan souvenir

Conversion adalah saat pengguna menyelesaikan tindakan target, seperti mendaftar atau mengeklik atau berbelanja melalui di situs web.

Conversion Rate Optimisation (CRO) adalah sebuah sistem untuk meningkatkan persentase pengunjung ke situs web yang menjadi pembeli atau pelanggan, atau lebih umum, mengambil tindakan yang diinginkan pada halaman web (seperti mendaftar atau mengklik).

Cookies adalah kode tertulis yang disimpan sebuah website pada hard disk komputer pengunjungnya agar bisa mengingatkan sesuatu pada pengunjung tersebut di lain waktu. Misalnya, cookies mencatat untuk komputer prospek kita setelah ia mengklik suatu affiliate link. Cookies digunakan agar bisa mengidentifikasi affiliate mana yang harus diberi komisi.

Cost Per Click (CPC) adalah biaya untuk setiap klik pada link iklan PPC (Pay Per Click). Biasanya dihitung dari berapa budget yang Anda keluarkan untuk sebuah campaign dibagi dengan total klik yang terjadi melalui campaign tersebut. Misal : Anda mengeluarkan biaya Rp.10.000,- untuk sebuah iklan di Facebook. Dalam iklan tersebut terjadi klik sebanyak 100x. Maka CPC-nya adalah : 10.000 / 100 = Rp.100,-/klik.

Cost Per Lead (CPL) adalah biaya yang didapat pengiklan untuk setiap prospek yang didapat oleh affiliate. Misal : dalam sebuah iklan dengan budget Rp.10.000,- ternyata ada 10 orang yang bersedia mendaftar, maka CPL-nya adalah 10.000 / 10 = Rp.1.000/leads.

Baca juga : Kiat Membangun Mental Bisnis Yang Kuat

Cost Per Thousand (CPM) adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk menunjukkan harga 1.000 tayangan iklan pada satu halaman web. Jika penayang situs web menagih BPS Rp.10.000,-, itu berarti pengiklan harus membayar Rp.10.000,- untuk setiap 1.000 tayangan iklannya. “M” dalam CPM mewakili angka Romawi untuk 1.000.

Crawler adalah program yang secara sistematis menjelajahi World Wide Web, biasanya untuk tujuan pengindeksan Web (web spidering). Sering disebut dengan spider.

Cross Selling adalah konsep penjualan yang menggunakan produk utama sebagai trigger untuk penjualan selanjutnya karena adanya keterkaitan kebutuhan. Lihat artikelnya disini.

Crowdsourcing adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu proses dalam mendapatkan pekerjaan ataupun pendanaan dari sekelompok orang dalam jumlah banyak melalui fasilitas online.

Customer Acquisition Cost (CAC) adalah biaya yang terkait dalam meyakinkan pelanggan untuk membeli produk / jasa. Biaya ini dikeluarkan oleh organisasi untuk meyakinkan calon pelanggan. Biaya ini termasuk biaya produk serta biaya yang terlibat dalam biaya penelitian, pemasaran, dan aksesibilitas.

Customer Effort Score adalah ukuran usaha yang dibutuhkan pelanggan untuk terlibat dan berbisnis dengan sebuah merek.

Customer Touch Points adalah peluang yang tersedia bagi merek untuk terlibat dengan pelanggan di banyak saluran, baik digital maupun tradisional.

 

D

Data-Driven Marketing adalah pemasaran yang didukung oleh data yang diperoleh mengenai perilaku dan keinginan dari pelanggan.

Digital Commerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa menggunakan jaringan internet, jaringan mobile dan infrastruktur perdagangan.

Digital Marketing adalah penggunaan teknologi dan informasi terpadu untuk menciptakan
dan memasarkan produk dan layanan baru, memperbaiki proses dan terlibat (engage) dengan influencer dan pembeli dengan tujuan memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Ada agency tertentu yang menawarkan jasa digital marketing, seperti Alpha Next.

Baca juga : Tips Sederhana Untuk Memilih Nama Perusahaan

Digital Touch Points adalah peluang interaktif selama perjalanan pembelian oleh pelanggan yang dimungkinkan oleh media digital dan mungkin memerlukan tindakan (yaitu klik-tayang).

Digg adalah sebuah situs berita online yang memiliki algoritma unik. Situs ini memungkinkan pembacanya mengirimkan artikel dan juga memungkinkan orang untuk memilih apakah mereka menyukai artikel tersebut atau tidak. Artikel dengan jumlah suara tertinggi muncul di bagian atas halaman sementara cerita yang kurang populer bergerak ke bawah halaman.

 

E

Event-Triggered Marketing adalah pemasaran yang mempersonalisasikan pengalaman pelanggan dengan menawarkan penawaran dan komunikasi berdasarkan rincian yang secara khusus relevan bagi pelanggan dan kepentingan mereka. Contoh : pelanggan kita punya hobi olahraga basket, maka kita hanya akan menawarkan produk yang berkaitan dengan olahraga basket.

E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang berarti transaksi jual beli secara online.

kamus istilah digital marketing
GatsuOne, koleksi fashion Jepang terbaik adalah salah satu contoh e-commerce.

Email Marketing adalah pemasaran dengan mengirim pesan komersial, biasanya ke sekelompok orang, menggunakan email (surat elektronik). Beberapa alat email marketing seperti : Active Campaign, Alpha Mail, Get Response dan sebagainya.

Baca juga : Alasan Mengapa Email Marketing itu Penting untuk Bisnis

Email Automation adalah proses otomatisasi pemasaran dengan email (email marketing) yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke pelanggan Anda pada waktu atau kondisi yang telah ditentukan.

Email Signature adalah sebuah pesan singkat yang menjadi kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Email signature isinya bisa berupa affiliate links, yautan ke situs yang relevan, penawaran gratis dan pesan-pesan iklan lainnya.

Earning Per Click (EPC) adalah rata-rata pendapatan kita per klik. Jumlah ini diperoleh dari hasil pembagian pendapatan kita dengan banyaknya klik. Contohnya, jika kita mendapatkan klik sebanyak 100 kali dan setiap klik harganya (CPC) Rp.500,-, maka nilai EPC adalah Rp.5,-.

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z