Berikut adalah kamus istilah dalam dunia digital marketing yang kamu wajib tahu. Kamus istilah ini akan membahas dari huruf F, G, H, I dan J saja.

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z

F

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan melalui Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook. Ada 3 obyektif dari Facebook Ads, yaitu AwarenessConsideration dan Conversion.

Untuk lebih detil mengapa kita butuh beriklan di Facebook, dapat dilihat disini.

Filter Bubble adalah sebuah keadaan “isolasi intelektual’ yang dapat dihasilkan dari penelusuran yang dipersonalisasi saat algoritma situs web secara selektif menebak informasi apa yang pengguna ingin lihat berdasarkan informasi tentang pengguna, seperti lokasi, riwayat klik-perilaku dan penelusuran terakhir.

Saat ini Google dan mesin pencari lainnya berusaha untuk memiliki lebih dulu apa yang Anda inginkan saat Anda mencari. Geo-Targeting adalah salah satu contohnya, namun mesin pencari juga akan mencoba menebak yang Anda inginkan, dan menyesuaikan hasil Anda, dengan riwayat pencarian Anda sebelumnya.

Flame adalah pesan yang isinya menghina atau menghasut yang dikirim melalui email, atau dikirim ke sebuah forum atau newsgroup.

Flash adalah teknologi yang digunakan untuk memungkinkan video dan animasi disematkan di situs web atau di sebuah iklan digital.

Footer adalah bagian terbawah dari sebuah halaman web. Biasanya akan berisi tautan penting ke beberapa halaman atau media sosial yang terkait dengan website tersebut.

Baca juga : Bukan Digital Entrepreneur Jika Belum Mencoba beriklan di Facebook

G

Gamification adalah penggunaan mekanisme permainan untuk melibatkan pemain, dan menerapkannya pada pengalaman non-game untuk memotivasi tindakan yang memberi nilai tambah bagi bisnis Anda. Contohnya adalah seperti ini :

Geotargeting adalah layanan yang memungkinkan pengiklan dan pemasar menargetkan pengguna menurut lokasi secara berurutan untuk menyampaikan lebih banyak konten atau iklan yang relevan. Umumnya diraih oleh menggunakan layanan pencarian IP, perangkat berbasis GPS atau triangulasi menara sel.

Google+ adalah media sosial seperti Facebook atau Twitter yang diciptakan oleh Google sendiri. Google+ merupakan pesaing terbaru ke pasar jejaring sosial, dan menawarkan keuntungan untuk menggabungkan semua layanan Google lainnya di bawah satu situs jejaring sosial.

Google Analytics adalah alat berbasis browser gratis milik Google yang memungkinkan pengguna melacak banyak statistik yang berbeda mengenai situs web yang dimiliki. Alat ini sangat penting untuk SEO. Misalnya, seorang webmaster akan dapat melacak dari mana  pengguna tiba di situs Anda, browser apa yang mereka gunakan, halaman apa saja yang mereka akses dan banyak informasi lainnya.

Tampilan Google Analytics

Google Ad Grants adalah tawaran dari Google hingga $ 10.000 dalam iklan PPC gratis untuk tujuan amal (non-profit) yang memenuhi syarat. Seperti Google Adwords tapi untuk tujuan non-profit.

Google Display Network (GDN) adalah bagian dari Google Adwords yang memungkinkan Anda menampilkan iklan di jutaan situs di dunia seperti Detik, Kompas dan lainnya.

Google Keyword Planner adalah layanan gratis di Google untuk mengetahui berapa banyak suatu kata kunci dicari oleh orang setiap bulannya.

Google Trends adalah layanan gratis di Google yang menunjukkan kepadatan penelusuran menurut kata kunci. Hal ini dapat menunjukkan popularitas kata kunci dibandingkan dengan orang lain, serta popularitas selama jumlah waktu tertentu pada suatu negara tertentu.

Perbedaan Google Trends dari Google Keyword Planner adalah Google Keyword Planner lebih detil dan dapat dipakai langsung untuk membuat iklan Google Adwords.

Guerilla Marketing adalah strategi pemasaran konten kreatif yang membanggakan dirinya karena tidak konvensional. Berikut contohnya :

kamus digital entrepreneur
Contoh Guerilla Marketing
kamus digital entrepreneur
Contoh Guerrilla Marketing 2

 

H

Hangout adalah layanan video yang disediakan oleh Google + yang memungkinkan hingga 10 orang berbicara sekaligus.

Hoplink adalah nomor I.D keagenan dari suatu produk yang dapat ditawarkan oleh seorang affiliate. Sering juga disebut affiliate link.

HTML adalah singkatan dari Hyper-Text Mark-up Language yang merupakan bahasa yang digunakan untuk menulis halaman di Web. Jika Anda klik kanan pada halaman ini pilih “view code” atau klik “Ctrl + U” Anda bisa melihat kode ini.

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali kita membayar barang yang kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu kredit kita.

Hyperlink adalah sebuah tautan yang disematkan di dokumen elektronik yang, saat diklik, mengarahkan pengguna ke halaman web yang sesuai.

Baca juga : Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Online

I

Impression adalah istilah yang mengacu pada titik di mana iklan dilihat satu kali oleh pengunjung, atau ditampilkan satu kali pada halaman web. Jumlah tayangan iklan (impression) dihitung dari berapa kali iklan itu dipanggil dan dimunculkan dalam suatu web.

In-App Advertising adalah penempatan media berbayar di dalam aplikasi, baik di platform seluler atau sosial.

In-Game Advertising adalah media berbayar ditempatkan dalam game online atau game mobile.

Incoming Link adalah link yang datang ke situs kita dari situs lain. Sering disebut juga dengan Inbound Link atau Incoming Link

Inbound Link adalah link yang datang ke situs kita dari situs lain. Sering disebut juga dengan Backlink atau Incoming Link.

Influencer adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu dan, atau, memiliki banyak pengikut, sehingga punya kekuatan dalam mengkomunikasikan pendapat mereka kepada pengikut mereka, mungkin mempengaruhi pendapat dan perilaku mereka.

Instagram Ads adalah fitur iklan di Instagram untuk mendorong kesadaran dan meningkatkan basis pelanggannya melalui visual (foto maupun video).

Internet Marketing adalah pemasaran sebuah produk fisik maupun digital melalui media internet.

IM adalah singkatan dari Instant Messaging yang merupakan teks yang dikirim secara real-time. Hal ini dapat terjadi one-to-one atau dalam pesan grup. IM juga memungkinkan pengguna untuk merekam live dan video calling.

 

J

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

Joint Venture adalah kerjasama bisnis di mana dua atau lebih pihak sepakat untuk mengumpulkan sumber daya mereka untuk tujuan menyelesaikan tugas tertentu.

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z