Berikut adalah kamus istilah dalam dunia digital marketing yang kamu wajib tahu. Kamus istilah ini akan membahas dari huruf N, O dan P saja.

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z

N

NoFollow adalah sebuah kode yang diletakkan pada tautan oleh webmaster untuk memberi tahu mesin telusur agar “Jangan mengikuti tautan di laman ini” atau “Jangan mengikuti tautan khusus ini”.

Negative Keyword adalah kebalikan dari “keyword” (kata kunci). Jadi jika pengguna memasukkan negative keyword (kata kunci negatif), maka hasilnya tidak akan ditampilkan. Hal ini berguna jika Anda memasang iklan di Google Adwords.

Kata kunci negatif dapat membantu memfokuskan kampanye Anda pada apa yang benar-benar dicari atau diminati pelanggan Anda. Misalnya, saat Anda menambahkan “gratis” sebagai kata kunci negatif ke kampanye atau grup iklan Anda, Anda memberi tahu AdWords agar tidak menampilkan iklan Anda untuk penelusuran yang berisi istilah “gratis”.

Baca juga : Kiat Membangun Mental Bisnis Yang Kuat

News Feed adalah pusat dari semua update berita atau postingan orang lain. Untuk Facebook, news feed terdiri dari posting milik teman. Di Twitter, ini dikenal sebagai Timeline yang terdiri dari tweet dari orang-orang yang Anda ikuti. Umpan berita terus disegarkan dengan tulisan terbaru.

Credit : businessinsider

Newsletter adalah sebuah buletin yang diterbitkan secara periodik, biasanya melalui email, ke anggota, bisnis atau organisasi.

 

O

Online Advertising Data Exchanges adalah pasar online dimana anggota dapat membeli dan menjual data dengan tujuan meningkatkan efektivitas periklanan.

Online Retailers adalah perusahaan yang menjual produk atau layanan secara online.

Organic Marketing adalah suatu tindakan agar pelanggan Anda datang kepada Anda secara alami dari waktu ke waktu tanpa menggunakan tautan berbayar atau boosted postOrganic Marketing adalah kebalikan dari Paid Marketing (berbayar).

Organic Listing adalah merupakan hasil pencarian web secara alami (tanpa berbayar).

Credit : websightdesign

Outbound Link adalah tautan dalam situs web yang akan mengarahkan pengguna ke website lain.

Baca juga : Pajak Bisnis Online, Start-up, dan E-commerce Berlaku Tahun Ini

Outgoing Link adalah tautan di website kita yang membawa pengguna ke website lain. Sama dengan Outbound Link.

Opt-in Email adalah istilah yang digunakan ketika seseorang diberi opsi untuk menerima email yang didahului dengan proses subscribe atau berlangganan.

Salah satu opt in email di Happy Kado

 

P

Page Rank adalah cara untuk mengukur penting-tidaknya sebuah halaman situs web. Menurut Google: PageRank bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas tautan ke halaman untuk menentukan perkiraan kasar seberapa penting situs web tersebut.

Page View adalah metrik untuk menghitung berapa banyak pengguna berkunjung ke halaman tersebut. Sering disebut juga dengan Page Impression.

Paid Marketing adalah bentuk pemasaran di dunia digital dengan cara berbayar (bukan alami). Pemasaran ini dapat berupa tautan berbayar ataupun boosted boost. Paid Marketing adalah kebalikan dari Organic Marketing.

Paths to Purchase adalah rangkaian perjalanan dari calon pembeli hingga menjadi pembeli (terjadi pembelian). Disebut juga Customer Journey.

Baca juga : Kapan Saat Tepat Untuk Membuat Website E-commerce Anda Sendiri?

Pay-Per-Action (PPA) adalah komisi yang dibayarkan oleh pemasang iklan untuk setiap tindakan tertentu yang dihasilkan oleh affiliate. Tindakan itu seperti penjualan, klik, pengiriman formulir (pendaftaran) dan sebagainya.

Pay-Per-Click (PPC) adalah komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap klik yang melalui situs affiliate.

Pay-Per-Lead (PPL) adalah komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh affiliate.

Pay-Per-Sale (PPS) adalah komisi yang dibayar oleh pemasang iklan untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh affiliate.

Payment Gateway adalah sebuah layanan e-commerce yang memproses pembayaran online seperti kartu kredit.

(Google) Penguin adalah pembaruan algoritma pencarian Google yang diumumkan pada tahun 2012 yang berfungsi mencegah black-hat SEO.

Platform adalah kerangka yang menjalankan perangkat lunak dan menyajikan konten. Sebagai contoh ada begitu banya platform untuk e-commerce seperti WooCommerce, Magento, Easy Store, dan sebagainya.

Plugin adalah komponen perangkat lunak yang menambahkan fitur tertentu ke program komputer yang lebih besar yang sudah ada sebelumnya.

Podcast adalah file audio digital yang tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler, biasanya tersedia dalam bentuk series (rangkaian).

Baca juga : Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Online

Posting adalah proses transfer informasi. Sebagai contoh kita posting sebuah status di Facebook, unggah foto di Instagram dan sebagainya.

kamus digital marketing
Posting on Instagram

Privacy Compliance adalah alat yang memastikan semua data yang dikumpulkan dari web, periklanan atau pihak lainnya adalah dalam peraturan yang diatur oleh undang-undang privasi.

Programmatic Direct Advertising adalah periklanan yang mengandalkan teknologi otomasi untuk pelacakan dan penempatan iklan digital, umumnya berdasarkan kontrak antara pengiklan dan perusahaan media lainnya. Juga berlaku untuk penempatan iklan televisi.

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z