Berikut adalah kamus istilah dalam dunia digital marketing yang kamu wajib tahu. Kamus istilah ini akan membahas dari huruf N, O dan P saja.

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z

Q

Quantified Self adalah jumlah semua analitik, aktivitas sosial dan seluler, dan aktivitas digital lainnya dari seorang pengguna, dikumpulkan oleh pengguna itu sendiri untuk lebih memahami jejak digital dirinya.

Query adalah rangkaian kata-kata yang menjadi input pada mesin pencari.

 

R

Rate Card adalah sebuah dokumen yang berisi harga dan deskripsi untuk berbagai pilihan penempatan iklan yang tersedia dari outlet media.

Real-Time Bidding (RTB) adalah format yang memungkinkan kesempatan lelang online secara real-time antara pembeli dan penjual iklan, yang memungkinkan tayangan (impression) ditawar saat itu terjadi.

Real-Time Marketing adalah respon cepat terhadap berbagai peluang dan ancaman dengan tujuan mengambil segera aksi yang dibutuhkan konsumen saat itu juga. Berbeda dengan penjadwalan set jangka panjang yang mungkin tidak memungkinkan untuk tindakan cepat dan relevan.

Baca juga : Apa Hubungan Psikologi Dengan Marketing?

Reciprocal Link adalah sebuah kesepakatan antara dua webmaster untuk menyediakan tautan di dalam situs mereka sendiri ke situs web masing-masing. Dengan kata lain, pertukaran tautan. Umumnya hal ini dilakukan untuk memberi pembaca akses cepat ke situs terkait, atau untuk menunjukkan kemitraan antara dua situs.

Rectangle ad adalah beberapa ukuran banner (spanduk) besar yang disarankan oleh Biro Periklanan Interaktif (Interactive Advertising Bureau / IAB).

Secara khusus, ukuran rectangle ad yang baru meliputi:
300 x 250 IMU (Medium Rectangle)
250 x 250 IMU (Square Pop-up)
240 x 400 IMU (Vertical Rectangle)
336 x 280 IMU (Large Rectangle)
180 x 150 IMU (Rectangle)

Referrer adalah URL atau alamat situs darimana pengunjung tersebut berasal.

Referring URL adalah tautan yang membawa pengguna ke halaman tertentu pada saat dia klik tautan tersebut.

Repeat Visitor adalah seorang pengguna yang pernah berkunjung ke Website sebelumnya dan sekarang kembali. Repeat Visitor juga sebagai metrik ukuran jumlah aktivitas kunjungan selama periode pelaporan.

Baca juga : Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Tetap

Responsive Design adalah desain yang memungkinkan situs web Anda menyesuaikan diri dengan perangkat yang dilihat pengguna Anda.

Rel adalah singkatan dari “relation” yang merupakan bagian dari kode tautan (href) yang berfungsi untuk menentukan hubungan antara dokumen saat ini dan dokumen / sumber terkait.

Retargeting adalah mentarget kembali individu yang telah menyatakan minatnya terhadap sebuah produk namun gagal untuk melakukan pembelian menggunakan teknik tertentu berdasarkan data dan analisis seputar individu tersebut.

Robots.txt adalah sebuah file yang mengatakan ke mesin pencari WebCrawler “Jangan cari saya!”. Dengan menempatkan sebuah file bernama robots.txt di direktori utama sebuah situs web memungkinkan webmaster untuk memblokir semua WebCrawlers mengakses halaman, atau secara khusus memblokir WebCrawlers tertentu, dan oleh karena itu berhenti tampil di hasil search engine.

ROI adalah singkatan dari Return on Investment yang merupakan rasio laba bersih terhadap biayaROI biasanya merupakan pengukuran yang paling penting bagi pengiklan karena pengukuran ini didasarkan pada sasaran iklan tertentu dan menunjukkan pengaruh yang nyata dari upaya periklanan terhadap bisnis Anda.

RSS Feed adalah singkatan dari Rich Site Summary yang meruapakan jenis umpan web (feed) yang memungkinkan pengguna mengakses pembaruan konten online dalam format standar dan mudah terbaca oleh komputer.

RSS Reader adalah fitur untuk mengambil semua informasi dari situs berita dan blog yang berlangganan, fitur tersebut akan memasukkan semua informasi ini ke dalam satu tempat yang mudah dicerna.

RON (Run Of Network) adalah sebuah bentuk pemasaran internet dimana sebuah kampanye iklan online diterapkan pada kumpulan situs web yang luas tanpa kemampuan untuk memilih situs tertentu. Jaringan periklanan menjual ruang untuk iklan online agar muncul di sejumlah situs web, blog, dan saluran serupa.

ROS (Run Of Site) adalah bentuk pemasaran internet dimana penempatan iklan dapat muncul di halaman manapun dari sebuah situs target.

 

S

Sales Page adalah sebuah halaman atau bahkan website yang biasanya hanya merupakan 1 halaman panjang ke bawah, dan berisikan penawaran khusus tentang suatu produk atau jasa.

Search Engine adalah situs web yang memungkinkan pengguna memasukkan kata kunci dan mencari di Internet untuk situs web dan informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut. Contoh Search Engine adalah Google, Yahoo, Baidu, Ask.com, dan sebagainya.

Search Retargeting adalah layanan yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari data penelusuran konsumen untuk menargetkannya dengan iklan dan penawaran di lokasi lain di web.

SERPS adalah singkatan dari Search Engine Results Pages. Anda mungkin melihat ini setiap hari; itu adalah halaman yang ditampilkan saat Anda mencari dengan mesin pencari. Ini akan memiliki daftar hasil yang relevan dengan pencarian Anda, begitu pula iklan PPC. Tujuan SEO adalah untuk memindahkan situs web ke bagian atas halaman hasil dari istilah pencarian yang relevan.

Server Logs adalah sebuah file log (atau beberapa file) yang dibuat dan dikelola secara otomatis oleh server yang terdiri dari daftar aktivitas yang dilakukan. Contoh tipikal adalah log web server yang menyimpan riwayat permintaan halaman.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Suatu proses yang mempengaruhi visibilitas online situs web atau halaman web dalam hasil mesin pencari yang tidak dibayar – sering disebut sebagai hasil “natural”, “organic”, atau “earned”. SEO dilakukan dengan harapan web kita muncul pada halaman pertama dan bagian atas pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.

Baca juga : 5 Strategi SEO yang Sering Terabaikan. Apa Saja Itu?

Shopping Cart adalah keranjang belanja pada situs e-commerce.

Shopping Cart Abandonment adalah istilah yang digunakan saat pembelanja di situs e-commerce menempatkan barang belanjaan mereka di keranjang belanja untuk membeli, namun meninggalkan situs tanpa membeli barang-barang tersebut.

Site Retargeting adalah layanan yang menggunakan iklan, email dan alat pemasaran lainnya untuk mendorong pelanggan yang telah meninggalkan keranjang belanja atau transaksi lainnya untuk kembali dan menyelesaikan transaksinya itu.

Sebagai contoh kita sedang berbelanja di situs A, tapi kita tidak selesai hingga proses checkout. Maka pada saat kita sedang di situs B, tiba-tiba muncul iklan yang meminta kita menyelesaikan belanja kita di situs A.

Site Map adalah sebuah model visual dan tekstual yang berisi daftar halaman-halaman yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi untuk menemukan informasi yang dicarinya dalam suatu website. Biasanya, peta situs disusun secara hierarkis, mengelompokan informasi website tersebut pada area subyek yang spesifik secara bertingkat.

Skyscrapper Ad adalah iklan banner yang tinggi (bahkan sangat tinggi) dan sempit dengan ketinggian sering berkisar antara 500 sampai 800 piksel (dan lebar biasanya berkisar antara 120 sampai 160 piksel) yang biasanya diletakkan di sisi kanan konten pada halaman website.

Smart Kiosk adalah bagian teknologi interaktif di tempat umum yang memberikan informasi berbasis pada teknik seperti motion sense atau mengenali fitur dari pengguna seperti usia atau jenis kelamin.

kamus digital marketing
Contoh Smart Kiosk – Credit : flatlandkc

Social Analytics adalah analisis data dan informasi yang dikumpulkan berdasarkan interaksi digital dan keterlibatan dengan orang dan ide dalam konteks komunikasi sosial.

Social Co-browsing adalah berbagi layar kolaboratif dengan banyak pihak di jejaring sosial sehingga masing-masing pihak dapat melihat layar yang sama dengan yang lainnya dimanapun lokasinya.

Social Commerce adalah penggunaan jejaring sosial untuk berjualan.

Social Content adalah ide organik, pernyataan, opini, posting blog, citra, dll. yang disampaikan melalui saluran sosial dan ditujukan untuk dilihat oleh pengguna lain.

Baca juga : Bingung Mengisi Konten Di Website? Isi Dengan 4 Jenis Konten Ini

Social Feedback adalah komentar yang diberikan oleh pengguna media sosial pada potongan konten.

Social Marketing adalah subkategori pemasaran yang didedikasikan untuk keterlibatan (engagement), peningkatan merek (brand enhancement) dan sukses melalui interaksi sosial.

Social Marketing Management Platforms adalah alat yang ada untuk membantu kehadiran sosial, suara dan interaksi sosial sebuah merek. Beberapa alat yang terkenal seperti HootSuite, HubSpot, MeetEdgar, TweetDeck dan sebagainya.

digital marketing
HootSuite – Credit : Blogspot

Social Media Optimization (SMO) adalah suatu tindakan mengarahkan lalu lintas (traffic) melalui saluran media sosial untuk mencapai tujuan tertentu.

Social Media Policy (SMP) adalah dokumen tertulis yang menguraikan bagaimana karyawan harus berbicara tentang bekerja di media sosial dan juga memberi saran kepada mereka tentang cara terbaik menggunakan situs media sosial. Ini ditulis untuk melindungi perusahaan dan menjelaskan apa yang dapat dan tidak dapat dikatakan oleh karyawan di media sosial.

Baca juga : Beberapa tips sosial media yang berguna untuk memulai bisnis online

Social Network Analysis (SNA) adalah mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai platform dalam jaringan sosial untuk mengidentifikasi informasi dan hubungan yang lebih baik.

Social Networking adalah pemanfaatan koneksi personal dan profesional dengan tujuan berbagi informasi dengan atau mendapatkan keuntungan dari jaringan orang secara online.

Social Ops adalah pengoperasian percakapan publik dengan pelanggan di situs media sosial dengan tujuan untuk menumbuhkan hubungan dan meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek.

Social TV adalah interaksi sosial yang terkait dengan TV (baik melalui TV atau melalui perangkat digital) yang menciptakan keterlibatan komunitas secara real time atau berkenaan dengan konten sesuai permintaan. Atau dengan kata lain bersatunya antara TV dengan media sosial.

kamus digital marketing
Social TV – Credit : Medium

Social TV Enablers adalah platform yang dirancang untuk membantu pengembangan aplikasi sosial untuk mendukung interaksi program TV dengan media sosial.

Spam adalah pesan atau tautan yang tidak relevan atau tidak pantas dikirim ke Internet ke sejumlah besar penerima.

Splash Page adalah halaman awal pada sebuah website yang berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat, juga sebagai promosi atau penuntun menuju halaman web berikutnya.

SSL (Secure Sockets Layer) adalah standar teknologi keamanan untuk membangun hubungan terenkripsi antara server web dan browser.

Subscribe adalah tindakan mendaftar untuk mendapatkan update dan informasi dari situs tertentu seperti majalah bulanan.

 

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z