Berikut adalah kamus istilah dalam dunia digital marketing yang kamu wajib tahu. Kamus istilah ini akan membahas dari huruf T, U, V, W, X, Y dan Z saja.

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z

T

Tag adalah kata kunci yang dilekatkan pada sepotong konten, seperti entri blog, untuk membantu hasil pencarian.

Target Audience adalah sebuah kelompok yang menjadi target pengiklan yang biasanya berdasarkan demografi, minat, pola pembelian produk, pemakaian produk atau pemakaian media.

Template adalah sebuah file yang berfungsi sebagai titik awal untuk sebuah dokumen baru.

Thread adalah aliran percakapan, misalnya daftar komentar di posting blog.

Thumbnail adalah stilah yang digunakan oleh desainer grafis dan fotografer untuk representasi gambar kecil dari gambar yang lebih besar, biasanya dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat tampilan atau pengelolaan kelompok gambar yang lebih besar.

Tracking URL adalah URL (Uniform Resource Locator) khusus yang digunakan untuk melacak elemen tertentu saat link diklik. Contoh url : http//www.namaweb.com/?myID. Sehingga pengunjung yang telah datang dilacak kembali melalui kode khusus atau ID Kita.

Baca juga : Rumus Bikin Judul yang Click Bait Tapi Tidak Menipu Pembaca

Traffic Generation adalah cara untuk mendatangkan traffic ke webiste atau landing page dari produk kita.

Trending adalah acara atau topik yang populer dan banyak dibicarakan secara online.

Trick Banner adalah iklan spanduk yang mencoba mengelabui orang agar mengklik, sering dengan meniru pesan sistem operasi.

kamus digital marketing
Trick banner – Credit : slidesharecdn

 

U

Uniform Resource Locator (URL) adalah referensi ke sumber daya web yang menentukan lokasinya di jaringan komputer dan mekanisme untuk mengambilnya. Dalam bahasa sehari-hari sering disebut alamat website.

Unique Visitor adalah seorang pengguna yang telah mengunjungi situs web dan telah dihitung sebagai satu tampilan statistik, meski ada kemungkinan pengguna tersebut pernah berkunjung ke website berkali-kali. Ini dibedakan dari keseluruhan jumlah pemirsa (viewers), yang mungkin berisi mereka yang telah berkunjung lebih dari sekali.

Baca juga : Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Tetap

Uptime adalah waktu dimana sebuah website dapat diakses / sedang online. Lawan dari dari “down time“.

User Experience Design adalah proses peningkatan kepuasan pengguna dengan suatu produk dengan meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi dengan produk.

User Experience Platforms adalah teknologi yang menyediakan kemampuan untuk membuat desain yang berfokus pada pengalaman pengguna.

User-Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat secara organik oleh pengguna di situs web untuk digunakan di situs web itu sendiri atau untuk didistribusikan ke situs lain juga, seperti blog, komentar, ulasan (review), podcast dan lainnya.

 

V

Viral adalah persitiwa menyebarnya sebuah konten dari orang ke orang dengan sangat cepat di dunia maya.

Virtual Actors adalah tokoh manusia, seperti hologram, yang membawa kehidupan nyata ke sebuah merek dan bisa bertindak sebagai panduan atau tenaga penjualan virtual dalam pengaturan iklan dan penjualan.

Virtual Domain adalah domain yang ada di virtual server.

Virtual Server adalah server yang berada di lokasi orang lain yang dibagi kepada sejumlah pemilik website sehingga setiap pemilik website dapat menggunakan dan mengelolahnya karena mereka memiliki kuasa penuh atas server tersebut.

Vlog adalah sama seperti blog, tapi didokumentasikan menggunakan video bukan konten tertulis.

 

W

Web 2.0 adalah sebuah istilah yang menggambarkan perubahan tren penggunaan teknologi World Wide Web dan desain Web yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, berbagi informasi yang aman, meningkatkan kolaborasi, dan memperbaiki fungsionalitas Web seperti yang kita ketahui di Web 1.0.

Tidak seperti Web 1.0, Web 2.0 memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web, sehingga memungkinkan pengguna berinteraksi lebih bebas satu sama lain. Web 2.0 mendorong partisipasi, kolaborasi, dan berbagi informasi.

Baca juga : Membangun Website Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Web Analytics adalah aplikasi yang memungkinkan untuk pemahaman, perbaikan dan optimalisasi pengalaman pengguna online dan pengembangan kampanye digital, seperti Google Analytics.

Webinar adalah seminar secara online termasuk audio dan / atau video yang dapat diikuti oleh pengguna melalui saluran telepon atau sebuah panggilan telepon di web.

Web Crawler adalah mesin pencari bekerja dengan mengindeks semua halaman web yang tersedia dan mencetaknya berdasarkan sejumlah faktor untuk mengukur kepercayaan dan popularitas mereka. Kadang-kadang disebut bot, robot atau spider.

Web Hosting adalah aktivitas atau bisnis penyediaan ruang penyimpanan dan akses untuk situs web.

Web Ops adalah pengelolaan merek dan konten digital perusahaan, termasuk penerapan,
pembaruan dan analisis keberhasilan.

Website Experience Analytics adalah subkategori analisis web dengan tujuan menganalisis seberapa efektif sebuah website memberikan pengalaman pengguna yang positif.

WordPress adalah sistem pengelolaan konten blog dan situs web yang open source.

Baca juga : Peluang Bisnis Lewat Blogging

 

Y

Youtube adalah situs berbagi video gratis yang memungkinkan orang mengunggah, melihat, dan berbagi video

 

Z

Zine adalah majalah yang hanya dipublikasikan secara digital (online), yang merupakan kebalikan dari yang dipublikasikan di media cetak tradisional.

kamus digital marketing
Zine – Credit : Pinterest

 

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J |

K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T |

U | V | W | X | Y | Z