Facebook merupakan salah satu media yang paling sering digunakan untuk pemasaran suatu produk dan jasa. Adakah trik jitu kebanjiran orderan melalui Facebook?

Tentunya, setiap media pemasaran memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan Facebook. Namun, Facebook memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan media promosi lainnya dan memiliki kekurangan juga tentunya. Karena itulah, pada tahun 2014 lalu Facebook merombak platform-nya itu. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan lahirnya sistem edgerank. Dengan adanya edgerank, jangkauan posting pada setiap halaman Facebook pun semakin mengerucut. Contoh, bila di halaman Facebook Anda memiliki 100.000 fans, maka ketika Anda memposting sesuatu pada halaman tersebut, postingan Anda hanya mampu menjangkau paling banyak 5000 orang atau hanya sekitar 5% dari total fans yang ada. Ini merupakan salah satu efek yang ditimbulkan oleh edgerank.

Masih bingung dengan istilah edgerank?

Edgerank adalah sistem yang diciptakan oleh Facebook untuk memilah dan menghilangkan postingan teman-teman yang ada dalam friendlist Anda, fanpage yang Anda like, dan juga grup yang Anda ikuti, yang sekiranya berada dalam batas tidak penting untuk Anda.

Lalu, apakah Facebook tetap bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran suatu produk dan jasa dengan adanya edgerank?

Sangat bisa.

Tetapi, perlu strategi dan teknik khusus agar Anda tetap bisa kebanjiran order melalui Facebook. Apa saja trik jitu yang harus dilakukan agar kebanjiran order melalui Facebook?

  1. Buat Fanpage Facebook khusus untuk bisnis online Anda

Fanpage merupakan hal pertama yang harus Anda gunakan sebagai media pemasaran produk dan jasa Anda di Facebook. Karena dengan cara ini, Anda bisa membidik target pasar sesuai dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

kebanjiran orderan melalui facebook
Credit : Infomart

Baca juga : Trik Ampuh Membuka Toko Online di Instagram

  1. Perbanyak jumlah like serta ciptakan interaksi

Setelah fanpage bisnis online Anda berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah memperbanyak like pada fanpage tersebut. Tentunya Anda akan mengibaratkan fanpage ini sebagai saluran promosi bukan. Bila tak ada orang yang tahu tentang media promosi Anda ini, berarti tidak ada orang yang melihat promosi bisnis online Anda. Bila tak ada yang melihat, berarti jelas tidak ada orang yang tahu tentang bisnis online Anda. Karena itu, pentingnya membangun interaksi di fanpage Facebook Anda agar orang menyukai fanpage Facebook Anda.

Bagaimana caranya?

kebanjiran orderan melalui facebook
Credit : State of Digital

Promosikan Fanpage Facebook Anda di blog, website, toko online, maupun sosial media lain yang Anda miliki. Cara lainnya adalah dengan mengiklankan fanpage Facebook Anda. Salah satu kelebihan Facebook ads atau iklan Facebook adalah Anda diberi kemudahan untuk menargetkan sasaran iklan tersebut. Jadi, iklan tersebut bisa disetting agar tertuju pada kalangan tertentu saja misalnya. Hal ini tentunya sangat efektif agar Anda dapat kebanjiran order melalui Facebook. Gunakan Facebook Ads untuk membangun interaksi yang cepat dan terarah. Ini juga merupakan salah satu trik jitu agar Anda kebanjiran order melalui Facebook. Jangan lupa pastikan fanpage Facebook Anda telah terisi dengan konten yang sesuai sebelum Anda gencar mempromosikannya. Konten pada fanpage Facebook memiliki fungsi penting karena merupakan wadah interaksi mumpuni antara Anda dengan fans pada fanpage Facebook Anda. Tentunya, sebuah kepercayaan dibangun dari interaksi dan kedekatan antara Anda dan para fans tersebut.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk membangun interaksi seperti itu?

Salah satunya dengan membagikan tips bermanfaat sesuai kebutuhan para fans di fanpage Anda. Misalnya saja target pasar yang Anda tentukan adalah para ibu-ibu muda. Tentunya Anda harus tahu tips-tips sederhana apa yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika mereka merasakan manfaat dari banyaknya tips yang Anda berikan, mereka pasti akan semakin tertarik dan menyukai Anda. Hal ini pastinya dapat menumbuhkan kepercayaan yang lebih untuk membeli produk Anda, sehingga tujuan Anda agar kebanjiran order melalui Facebook pun tercapai.

Baca juga : 6 Alasan Harus Menjalankan Micro Influencer Marketing

Jangan lupa memberikan beberapa konten berupa testimonial dari pembeli produk dan jasa Anda. Dengan adanya testimonial, fans Anda pun akan semakin percaya bahwa bisnis online Anda memang terpercaya. Semakin banyak testimonial, maka fans pun akan semakin yakin tentunya dengan reputasi bisnis online yang Anda jalankan.

kebanjiran orderan melalui facebook
Credit : Inspiration Feed

Beri sedikit selingan dengan membahas isu-isu terhangat. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu tentang berita apa saja yang saat ini sedang asyik dibicarakan. Bangun interaksi dengan menanyakan pendapat mereka mengenai isi tersebut. Namun, Anda harus tetap ingat agar jangan sembarangan melemparkan isu. Pilih isu yang sesuai dengan fans Anda, karena bila Anda salah maka hal itu tentunya akan mencoreng kredibilitas fanpage Facebook Anda sendiri.

Sudah sepatutnya bila Anda terus melakukan pembaharuan konten pada fanpage Facebook Anda. Berikan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga rasa percaya dan juga interaksi mereka dengan Anda dapat terbangun sempurna. Lagi-lagi ini merupakan trik mujarab agar Anda kebanjiran order melalui Facebook.

Baca juga : 5 Tips Memilih Endorser yang Tepat untuk Bisnis Di Instagram

  1. Mulai menawarkan produk dan memperbanyak jumlah fans

Bila Anda sudah berhasil membangun kepercayaan dengan berbagai interaksi bermanfaat, maka selanjutnya Anda sudah bisa memanfaatkan halaman tersebut untuk memasarkan produk dan jasa yang Anda jual.

Apa sih bedanya pemasaran dan berjualan?

kebanjiran orderan melalui facebook
Credit : Qontak

Pemasaran atau bahasa kerennya marketing, bukan hanya bertujuan untuk menjual tetapi juga mengedukasi target, membangun branding, hingga mengumpulkan data untuk mengetahui kebutuhan pasar. Sementara jualan adalah proses untuk menawarkan produk dan jasa Anda. Kedua hal tersebut tentunya sangat perlu diterapkan pada fanpage Facebook Anda agar bisnis online Anda dapat kebanjiran order melalui Facebook.

Dengan memahami beberapa langkah di atas, maka Anda sudah dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar kebanjiran order melalui Facebook. Silahkan coba dan semoga sukses.