Di era serba digital ini memberikan kemudahan bagi para pengguna teknologi untuk mendapatkan barang dengan sangat mudah melalui situs-situs e-commerce yang telah tersedia dengan berbagai macam nama domain.  Bahkan hal ini pun juga terjadi pada pada bisnis jual beli online penyedia barang elektronik khusus fotografi dan cinematografi beserta aksesorisnya. Bisnis penyedia jasa fotografi  dan cinematografi kian berkembang untuk mengabadikan momen spesial, salah satunya adalah perkawinan. Tidak hanya untuk para penyedia jasa profesional di bidang fotografi saja. Ada banyak peng-hobby fotografi  yang juga memerlukan perangkat yang mumpuni untuk menunjang hobby mereka. Dengan meningkatnya kebutuhan akan jasa untuk mengabadikan momen penting dan juga para pecinta  tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan akan alat-alat yang berhubungan dengan fotografi. Ada banyak permintaan akan perangkat fotografi dan cinematografi dalam beberapa tahun belakang ini.

Adalah Rico Satria Candra, seorang pria asal Surabaya ini menangkap kesempatan ini. Dengan intuisi bisnis seorang pengusaha, ia dengan jeli melihat adanya kesempatan yang tersedia di bidang itu. Ia  kemudian memulai bisnis penjualan barang elektronik khusus tersebut.

Baca juga : Kreatifitas Tanpa Batas Alamanda Shantika Santoso

Pada awalnya ia menggunakan  platform Kaskus dengan FJB-nya atau Forum Jual Beli untuk untuk menjual barang elektronik  khusus fotografi salah satunya adalah kamera. Ia memulai usaha melalui platform ini ada tahun 2011. Pada tahun ini, Rico Satria Candra memperoleh keuntungan sebesar 80 juta tiap bulannya, dengan rata-rata transaksi sebanyak 2500 transaksi per bulan. Saat Rico memulai usaha ini hanya bermodalkan kurang lebih tujuh juta rupiah saja!!

rico satria
Rico Satria Candra Founder PlazaKamera.com

Pada akhir tahun 2011, terhitung sejak dimulainya usaha bisnis barang elektronik khusus kamera dan aksesorisnya, ia mendapatkan keuntungan total sebesar 564 juta rupiah. Pada tahun 2012 Rico memutuskan untuk membuka toko online dengan menggunakan platform WordPress untuk blog-nya. Blog ini terbilang sederhana jika dibandingkan dengan pendapat yang ia raup pada akhir tahun 2011. Hanya berupa catalog yang dibuat dalam format PDF. Bahkan saat ia membuka toko online-nya pada tahun 2012, kantor yang ia gunakan untuk menunjang bisnis jual beli online itu hanya berupa garasi yang ia sewa dari seorang temannya. Tidak perlu waktu lama, pada bulan Maret masih di tahun yang sama yakni 2012, Rico bisa menyewa sebuah tempat yang kemudian ia gunakan sebagai kantor dan pada bulan dan tahun yang sama ia juga telah memiliki situs e-commerce sendiri dengan domain PlazaKamera dot com.

Baca juga : Kapan Saat Tepat Untuk Membuat Website E-commerce Anda Sendiri?

Penjualan yang dilakukan oleh Rico Satria Candra dengan domain PlazaKamera.com ini tidak hanya melayani pembelian melalui situs e-commerce miliknya. PlazaKamera.com pun melayani penjualan offline walk-in Store. Bahkan PlazaKamera.com ini tidak hanya melayani pembeli atau pelanggang dari pulau Jawa saja, namun juga melayani penjualan dari daerah Papua. Situs e-commerce ini memiliki produk lebih dari 4000 buah yang telah terdaftar, dengan rata-rata pengunjung situs e-commerce ini sebanyak 45 ribu orang pengujung tiap bulannya. Traffic yang cukup padat untuk sebuah situs e-commerce yang baru saja diluncurkan.

rico satria
Kamera dan aksesoris fotografi

PlazaKamera.com ini tercatat sebagai sebuah situs e-commerce pertama yang menyediakan produk elektronik khusus fotografi dan cinematografi. Setiap tahunnya industri fotografi baik di bidang jasa ataupun hiburan semakin tumbuh dengan pesat. Kebutuhan akan produk elektronik khususnya bagi peralatan fotografi dan cinematografi semakin meningkat, dan PlazaKamera.com menghadirkan dan menyediakan segala kebutuhan penghobi ataupun penyedia jasa di bidang fotografi ini.