Jika Anda pernah mendengar tentang gantibaju.com ataupun tees.co.id, maka belum lengkap rasanya jika belum mengenal pendiri dibalik kesuksesan bisnis tersebut.

Adalah Aria Rajasa Masna seorang entrepreneur muda yang mengawali karirnya sebagai desainer grafis yang berfokus pada web design. Pekerjaan itu dia mulai semenjak masih kuliah yang membawa dia memiliki banyak relasi, koneksi dan modal.

kesuksesan aria rajasa
Aria Rajasa Masna Founder Tees.co.id

Kesukaannya pada menggambar dan merancang desain, memberikan kemudahan padanya setelah lulus kuliah untuk merintis usaha di bidang konsultan web bersama temannya. Ditambah lagi dengan pengalamannya yang memang sudah terasah semenjak di bangku kuliah, dari beberapa pekerjaan sampingan di bidang tersebut dan membuat kliennya puas.

Baca juga : Memulai Bisnis fashion Online Untuk Pemula

Rajasa Web and Graphics merupakan perusahaan pertama yang dibangunnya. Perusahaan ini berfokus pada bidang IT dan juga desain website. Lulusan Teknologi Informatika Universitas Indonesia ini telah menangani beberapa web yang dimiliki oleh perusahaan perusahaan besar, yang membawanya semakin mudah memasuki pasar ini.

Perjuangannya selama merintis usaha memang tidak bisa dibilang gampang. Bekerja tanpa mengenal waktu, berkorban tenaga, pikiran, dan uang, merupakan proses yang tidak pernah dia lupakan. Membangun usaha dan melakukan branding terhadap usaha tersebut, merupakan proses yang dihadapinya tanpa putus asa. Keyakinan terhadap usaha yang dirintisnya, membuat dia percaya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.

Pada tahun 2009, nama Aria Rajasa Masna semakin dikenal publik ketika memperkenalkan bisnis clothing dengan sistem crowdsourcing pertama kali di Indonesia. Memperkenalkan gantibaju.com sebagai web yang merangkul para desainer untuk bekerjasama dalam pembuatan kaos, di mana para desainer tersebut bersaing untuk memperkenalkan desainnya yang kemudian di voting dengan suara terbanyak. Hasil voting tertinggi akan diproduksi dan dipasarkan ke seluruh pelosok Indonesia. Keuntungan yang didapat, juga dibagikan pada pemiliki desain yang telah memenangkan voting.

Kemunculan gantibaju.com yang digagas oleh Aria Rajasa ini telah menarik perhatian para desainer. Terbukti, setelah tahun pertama dari pertama kali diperkenalkan, gantibaju.com telah memiliki 10.000 desainer yang bergabung di dalamnya.

Penggemar olahraga basket dan pecinta kaos ini, awalnya pernah bekerja di beberapa perusahaan setelah lulus kuliah. Terbilang pernah berganti-ganti pekerjaan sebanyak 6 kali dalam kurun waktu 2 tahun, sebelum akhirnya menyadari bahwa passionnya tidak cocok untuk menjadi pegawai dan bekerja dibawah korporasi yang memiliki ritme lambat. Keputusannya memang tepat, dengan mendirikan gantibaju.com, banyak penghargaan yang telah dia terima berkat usahanya tersebut. Seperti Best Stratup di Indonesia 2010, Best Bussiness 2011, The Marketeers Top 100 Most Influencial Youth, Women, Netizen 2011, International Young Creative 2011.

Baca juga : Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Tetap

Sukses dengan gantibaju.com, Aria Rajasa Masna kembali melakukan inovasi dengan mendirikan Tees.co.id.  Masih bergerak di bidang clothing, hanya saja kali ini lebih memfokuskan kepada kemudahan para pembeli untuk untuk memesan merchandise sesuai dengan konsep dan desain yang dimiliki oleh pembeli tersebut. Website ini lebih seperti marketplace merchandise, dimana pengguna yang ingin menggunakan jasa hanya memerlukan atau memiliki desain yang ingin diproduksi pada suatu item seperti jaket, koas, casing handphone, dan sebagainya, sisanya akan diproses oleh Tees.co.id untuk diproduksi.

kesuksesan aria rajasa
Tees.co.id

Tees.co.id memang berawal dari pengalaman dan riset hasil dari kerja gantibaju.com. Dimana banyak sekali pelanggan ataupun calon customer yang meminta untuk dibuatkan kaos sesuai dengan desain sendiri dengan ditambahi kata-kata sesuai dengan keinginan. Mereka menginginkan hal tersebut hanya untuk 1 baju. Padahal, pada saat tersebut, pembuatan kaos sesuai custom dengan hanya memproduksi 1 item barang teknologinya masih belum mendukung seperti sekarang ini. Namun konsep ini telah menjadi buah pikiran sehingga berdirilah Tees.co.id untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan permintaan saja. Tidak ada minimum order dan stok yang berlebih bagi pembeli.

Seiring dengan makin banyaknya permintaan custom dan terkenalnya Tees.co.id, perusahaan ini menjadi semakin besar hingga sekarang.