Dunia sedang berubah menuju keseimbangan baru, hal itu tidak bisa kita halangi. Transformasi semakin tampak pada semua sektor bisnis. Salah satu contohnya bisa Anda lihat pada bisnis transportasi, kini muncul Gojek, Uber, Grab yang kehadiranya pasti akan mengganggu bisnis tranportasi konvensional. Sementara itu orang-orang sudah mulai familiar berbelanja di Lazada, E-bay, Tokopedia, menunjukkan digitalisasi pada sektor bisnis retail. Demikian juga di sektor bisnis keuangan digital, pasti sudah mengenal bitcoin. Sayangnya bitcoin di Indonesia tidak diakui sebagai mata uang digital. Akan tetapi Indonesia mengakui  Blockchain, yaitu semacam operating system yang menjalankan Bitcoin.

Dengan konsep bisnis masa depan yang menuju ke arah Desentralisasi, maka Blockchain-lah yang sanggup mewujudkannya. Blockchain adalah sistem keuangan masa depan. Dalam beberapa tahun lagi hampir semua corporate diprediksi akan menggunakan sistem Blockchain. Mengapa demikian? Ada banyak sekali keunggulan penggunaan sistem Blockchain bagi sebuah corporate, berikut ini adalah empat diantaranya.

  1. Perjanjian Bisnis /MoU

Dalam sebuah bisnis pasti diperlukan sebuah kerjasama dengan perusahaan lain. Maka dari itu dibuatlah MoU yang mengikat kedua perusahaan. MoU tersebut berisi kontrak kerjasama yang saling menguntungkan kedua perusahaan. Pada beberapa kasus pelanggaran MoU oleh salah satu pihak akan berakhir di meja pengadilan. Namun kadang biaya yang dikeluarkan untuk membiayai suatu sidang tidak sebanding dengan keutungan dari MoU tersebut.

Blockchain dapat menjadi sebuah sistem yang memberikan solusi. Sistem ini nantinya menjembatani kedua perusahaan yang sudah menandatangani MoU, serta memastikan tidak ada pihak yang melanggar isi Mou tersebut. Blockchain dapat mencatat MoU suatu perusahan dan dapat mengeksekusinya sesuai dengan kesepakatan kedua perusahaan secara otomatis. Sehingga dalam perjalanan menjalani masa kontrak tersebut, tidak akan ada interupsi dari salah satu pihak saja sampai selesainya MoU.

Baca juga : Whatsapp Business Sudah Bisa Digunakan Di Indonesia

  1. Sistem Pembayaran
blockchain
Sistem pembayaran dengan blockchain lebih aman dan mudah

Sistem pembayaran yang menggunakan Blockchain terbilang jauh lebih murah dan lebih aman. Dengan menggunakan sistem Blockchain, Anda bisa melakukan transfer atau pembayaran langsung kepada orang atau perusahaan yang dituju. Istilah umumnya adalah “Peer To Peer” atau “Person to Person”. Berbeda dengan pembayaran konvensional yang selama ini Anda lakukan. Jika Anda mentransfer atau membayar suatu tagihan, maka Anda melakukan transfer ke bank terlebih dahulu sebagai pihak ke tiga. Nah, akan ada banyak biaya tambahan yang harus Anda keluarkan, diantaranya adalah biaya kliring, biaya bulanan, biaya administrasi transfer. Apalagi jika Anda akan melakukan transfer ke negara lain, maka akan semakin banyak tambahan biayanya. Sedangkan jika Anda menggunakan Blockchain maka biayanya menjadi lebih murah.

  1. Perekrutan Karyawan

Meskipun beberapa pakar memprediksi bahwa di masa depan para karyawan akan digantikan oleh robot, tetapi perusahaan akan tetap membutuhkan manusia untuk bekerja di perusahaannya. Namun perusahaan menjadi lebih selektif dalam memilih SDM yang berkualitas untuk bekerja di perusahaan. Akan menjadi sebuah hal yang mendebarkan, ketika perusahaan merekrut seorang karyawan untuk tugas dan tanggung jawab yang besar. Karena jika gagal memilih seorang karyawan yang berkualitas dan bertanggung jawab, maka masa depan perusahaan bisa terancam. Selain itu terlalu sering bongkar pasang karyawan juga akan menghambat kemajuan perusahaan.

Sistem blockchain bisa memberikan solusi untuk masalah yang satu ini yaitu dengan mencatat rekam jejak seseorang. Meskipun hal ini tidak 100% akurat, akan tetapi bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan Anda dalam perekrutan seseorang karyawan. Melalui sistem Blockchain Anda bisa mengetahui alasan calon karyawan keluar dari suatu perusahaan. Demikian juga sebaliknya calon karyawan dapat melihat rekam jejak Anda sebagai calon bos mereka.

  1. Media Cloud Penyimpanan Data
blockchain
Media penyimpanan blockchain lebih aman dan terjamin

Pada saat ini media cloud sudah sangat mendunia. Blockchain dapat juga dipakai dalam sistem cloud penyimpanan data. Dalam sistem cloud Blockchain, data bisa terbagi menjadi beberapa tingkat sehingga keamanan data akan sangat terjamin. Blockchain dapat menerima upload dari berbagai media dan mengumpulkannya dalam satu data. Kemudian data tersebut akan dibagi menjadi empat bagian kecil dan akan disatukan kembali ketika kita akan membukanya.

Baca juga : Penyebab Nilai Tukar Bitcoin Semakin Menurun Drastis

Demikianlah ulasan tentang Keunggulan BlockChain dalam Transformasi Masa Depan Digital. Semoga bermanfaat.