Pada artikel kali ini saya merasa tertarik untuk mengulas tentang dunia blogging. Awalnya saya tidak tahu bahkan tidak paham sama sekali apa itu yang namanya dunia blogging/seorang blogger. Tapi justru dari ketidaktahuan itulah muncul rasa ingin tahu hingga sekarang saya terjun kedalam dunia blogging. Tapi agak minder sih kalau disebut sebagai seorang blogger, karena masih jauh banget dan masih terus banyak belajar.

Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di blog. Sedangkan ngeblog adalah salah satu hobi yang tidak jauh dari kegiatan menulis. Dan, emang menulis adalah satu-satunya cara untuk menghidupkan sebuah blog agar menjadi besar dan banyak di kunjungi oleh pembaca.

Yuupp!!! Dunia tulis menulis inilah yang sekarang sedang saya tekuni, dan di luar dugaan ternyata membuat saya langsung ketagihan dan jatuh cinta! Heheee ;). Meskipun disini saya masih baru, tapi saya merasakan manfaat yang luar biasa, selain itu banyak keuntungan yang saya dapatkan semenjak suka dengan dunia blogging.

Baca juga : Bagaimana Menulis Artikel Blog yang Menarik???

Latar belakang saya terjun kedunia blog, tentu salah satu faktornya adalah karena tuntutan pekerjaan dan ingin mengasah kemampuan menulis. Kapan lagi punya wadah untuk menulis dan bisa ditemukan/ dibaca banyak orang. Disinilah salah satu manfaat menekuni blog, tulisan kita akan lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Lalu apa saja manfaat/ keuntungan menjadi seorang blogger ??

Ini lah keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menjadi seorang blogger :

“Rajin membaca”

Untuk bisa menjadi publisher yang berkualitas apalagi profesional, seorang blogger dituntut harus rajin membaca. Karena untuk dapat menghasilkan tulisan yang baik secara kualitas, seorang blogger harus mempunyai sumber referensi yang banyak. Nah, dari manakah sumber referensi itu? Dan bagaimanakah cara mendapatkannya?
Darimana lagi kalau bukan dari membaca buku dan semua media ilmu yang ada, seperti internet (google). Oleh karena itu, ciri utama seorang blogger (apalagi yang sudah profesional) tidak akan pernah terlepas dari kebiasaan membaca.

“Mengasah kemampuan menulis”

Untuk memulai aktivitas ngeblog kita tidak perlu memiliki kemampuan menulis yang baik, yang terpenting anda punya “kemauan” tulis apapun yang ada dalam pikiran, tuangkan dan publikasikan. Tidak perlu minder tulisan kita jelek, buruk atau bahkan tidak enak di baca. Karena yang terpenting jalan dulu mengenai kemampuan nulis artikel yang berbobot akan bertambah seiring waktu. Lama kelamaan kemampuan menulis yang awalnya minim akan bertambah seiring dengan kecintaan kepada dunia tulis menulis.

keuntungan menjadi blogger
Menjadi seorang blogger dapat mengasah kemampuan menulis.

Semua penulis blog pasti memulainya sama dengan yang kita alami. Memang sih menulis itu kelihatannya mudah, tetapi saat mencoba dan menjalaninya akan terasa sulit jika kita tidak terbiasa. Untuk itulah kita harus membiasakan diri, salah satu cara membiasakannya adalah dengan terus belajar dan membaca tulisan orang lain. Semakin lama dengan selalu mencoba dan terus belajar, yakin dan percaya diri kemampuan menulis kita akan bertambah.

Baca juga : Tips Menjaga Konsistensi Untuk Bisa Menulis Setiap Hari

“Wawasan menjadi berkembang”

Dengan ngeblog seseorang di tuntut untuk menyajikan informasi yang berkualitas, fress dan selalu up to date. Demi memenuhi tuntutan ini seorang blogger yang baik tentunya selalu mencari, mengumpulkan, memilah serta memilih informasi yang mereka dapatkan untuk di sajikan dalam bentuk artikel yang menarik, unik dan yang terpenting memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Seorang blogger tidak pernah merasa cukup akan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki, mereka selalu dan selalu berusaha bagaimanapun caranya untuk mencari tahu apa yang tidak di ketahui serta selalu meningkatkan pengetahuan yang telah dimiliki. Blogger sejati tidak pernah takut untuk meminta dan belajar kepada seseorang apabila mereka tidak atau belum benar–benar memahami akan suatu hal.

“Selalu up to date”

keuntungan menjadi blogger
Seorang blogger harus selalu up to date.

Tak bisa dipungkiri, selain wartawan, blogger adalah orang yang paling up to date terhadap perkembangan berita. Karena blogger selalu ingin mencari tahu berita terbaru untuk menjadi bahan posting di blognya. Untuk itu blogger selalu haus akan info terbaru dan berita terbaru yang ada di dunia saat ini sehingga menjadikan ia seseorang yang selalu up to date. Misalnya saja, seorang yang ingin menjadi penulis blog, harus mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk membuat blog yang lebih baik. Jika masih menggunakan teknik/ cara lama tentu saja ia akan jauh ketinggalan, karena seiring berjalannya waktu, cara bikin blog terus di update (diperbarui), sehingga menjadi lebih sederhana, gampang dan mudah.

Baca juga : Mengapa Iklan Blog Cukup Mengganggu? Berikut Ini 13 Alasannya

“Punya jaringan koneksi yang luas”

Ketika menjadi soerang blogger tentu anda bisa memiliki banyak teman di kehidupan nyata. Dengan menjadi blogger anda akan meningkatkan dan menambah jaringan pertemanan baru yang sehobi dengan pekerjaan anda tersebut. Enaknya di dunia blogger itu tidak ada yang namanya blogger senior, blogger pemula, dan blogger profesional. Semuanya setara dan menganggap dirinya adalah orang biasa. Anda harus bangga punya komunitas seperti itu, karena disitulah pengetahuan dan ilmu anda akan semakin bertambah.

“Dikenal banyak orang”

keuntungan menjadi blogger
Salah satu blogger di Indonesia yang dikenal banyak orang adalah Raditya Dika.

Dengan ngeblog kita bisa menjangkau seluruh dunia, bukan hanya kota, kabupaten, provinsi, atau suatu negara. Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Blogger kondang multi talenta ini sangat terkenal baik di dunia maya ataupun dunia nyata. Namun tak jarang juga banyak orang yang belum tahu jika Raditya adalah seorang blogger.
Dengan menjadi blogger, maka terbukalah peluang bagi anda untuk dikenal masyarakat luas. Kalaupun tidak sepopuler Raditya, tulisan-tulisan anda akan dibaca oleh orang lain. Anda akan dikenal dengan karya tulisan anda. Dengan demikian kesempatan untuk lebih di kenal banyak orang terbuka luas. Apalagi jika artikel yang di sajikan memberikan manfaat kepada orang lain.

“Menjadi Disiplin”

Dengan menjadi seorang blogger seseorang bisa menjadi lebih disiplin. Untuk membangun blog yang di kelola kita dituntut untuk selalu up to date agar bisa bersaing dengan blogger lainnya.  Karena kalau jarang up date bisa jadi blog yang dikelola di tinggal oleh para pembaca dan penggemar yang akan berimbas pada traffik dan penghasilan yang menurun. Demi mempertahankan eksistensi blog, hampir semua blogger berusaha keras, memutar otak mereka untuk selalu mengikuti perkembangan dan perubahan dunia internet serta kebutuhan pembaca sehingga dapat menjadikan mereka benar-benar disiplin.

Cara terbaik agar blog anda tetap ramai dikunjungi adalah dengan disiplin menulis setiap hari/ membuat postingan, rajin berkomentar di blog lain, share posting ke social media, dan lain-lain. Kedisiplinan adalah kunci paling penting untuk menggapai kesuksesan.

Baca juga : Peluang Bisnis Lewat Blog

Dengan menjadi penulis blog (blogger) kita bisa membantu banyak orang, selain itu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat dengan disadari atau tidak. Nah itu lah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menjadi seorang blogger. Dan beberapa keuntungan tersebut sudah saya rasakan saat ini. Semoga artikel kali ini memberikan manfaat bagi anda.

Dan dalam kesempatan ini, Digital Entrepreneur ID membuka wadah bagi kalian para blogger atau siapa pun yang hobi menulis baik untuk blog pribadi maupun pengisi konten di website untuk bisa saling terkoneksi dan membuka kesempatan untuk menghasilkan uang dari dunia blogging. Segera daftarkan diri kalian di sini atau klik gambar di bawah ini.

blogging
DEID blogger community