Saat ini, semakin banyak bermunculan komunitas-komunitas bisnis yang beragam. Ada komunitas pengusaha muda, pengusaha muslim, pengusaha pencinta olahraga, hingga per sektor bisnis, seperti komunitas pengusaha industri kreatif.

Dalam sebuah kota, tempat atau suatu wilayah jika anda mendirikan sebuah startup sangat penting untuk mengenal dan tahu startup atau bisnis lain yang ada di wilayah tersebut. Banyak alasan, tapi yang paling penting adalah mengenal, mendapat relasi dan akhirnya anda bisa berbincang untuk meminta pandangan atau masukan untuk bisnis anda.

Bagi seorang pebisnis, terutama bagi pebisnis pemula/ startup, bergabung dengan komunitas bisnis bisa membantu memperbanyak jaringan dan relasi, sehingga dapat mendorong kemajuan bisnis. Order dan pembelian produk/ jasa juga bisa didapatkan dari jaringan ini.

Baca juga : Kiat Menarik Investor Bagi Para Startup Indonesia

Para anggota sering mengadakan event offline sebagai wadah bagi mereka untuk bertemu dan bertukar pikiran demi kemajuan bisnis masing-masing. Namun saat ini, dengan pertumbuhan pemakaian internet yang semakin meningkat, para anggota tidak harus membutuhkan pertemuan offline, mereka bisa memanfaatkan forum/ komunitas online untuk saling diskusi/ bertukar pikiran. Misalnya dengan menggunakan group via whatsapp, facebook, hangout, dan group chatting lainnya.

Kenapa anda harus bergabung di komunitas startup ??

Berikut ini ada 5 alasan, sebagai pelaku bisnis startup kenapa anda harus bergabung di komunitas startup :

“Meningkatkan Ilmu Bisnis”

Salah satu fungsi bergabung dengan komunitas startup adalah memudahkan para anggota untuk saling bertukar informasi, pikiran atau sharing mengenai dunia wirausaha/ bisnis yang sedang dijalankan. Yang kerap dilakukan dalam komunitas bisnis adalah menggelar pelatihan, seminar maupun workshop dalam bidang bisnis. Tujuan utamanya adalah agar para anggota bisa meningkatkan ilmu bisnisnya. Misalnya menggelar pelatihan pemasaran online, dan sebagainya.

Lewat forum diskusi yang berjalan terus menerus, anda dapat memetik pelajaran yang bisa anda terapkan untuk bisnis anda. Bahkan, anda bisa menggali  feedback dari anggota komunitas perihal produk yang tengah anda kembangkan.

“Meningkatkan Penjualan”

komunitas startup
Salah satu manfaat bergabung dengan komunitas bisnis adalah dapat meningkatkan penjualan.

Biasanya di dalam komunitas bisnis memiliki tujuan utama yang sama yaitu untuk meningkatkan penjualan. Meski tidak dibantu secara langsung, tapi dengan bergabung di komunitas startup bukan tidak mungkin para anggota lain yang bergabung dengan komunitas tersebut akan merekomendasikan produk anda kepada para konsumen yang mencari produk seperti yang anda jual. Dengan cara seperti ini maka penjualan anda kemungkinan besar akan meningkat.

Baca juga : Kenapa Para Startup Bakalan Remote Di Tahun 2018???

“Jaringan Bisnis yang Luas”

Dengan banyaknya orang yang tergabung dalam komunitas, anda memiliki kesempatan mengenal pebisnis lain dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda. Dengan begitu wawasan bisnis anda akan berkembang dan bisa diaplikasikan pada bisnis yang sedang anda jalankan.

Memiliki jaringan bisnis yang cukup luas tentunya akan memudahkan anda dalam menjalankan usaha. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari jaringan bisnis yang anda miliki. Mulai dari peluang kerjasama dibidang permodalan, memudahkan anda dalam pemasaran bisnis, serta tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala yang selama ini anda hadapi dalam menjalankan usaha dapat terselesaikan dengan bantuan jaringan bisnis yang anda bangun dengan baik dengan para anggota komunitas anda.

“Lebih Mudah Mendapatkan Partner Bisnis yang Potensial”

komunitas bisnis
Mendapatkan partner bisnis yang potensial dari komunitas bisnis.

Intensnya pertemuan/ diskusi antar anggota dalam komunitas, baik itu dalam pertemuan offline maupun online menjadikan hubungan para anggota tidak sekedar hubungan biasa, namun sudah menjadi hubungan yang akrab dan emosional. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, relasi bisnis bisa membantu dengan mendiskusikan bersama-sama atau memberikan solusi untuk mencari jalan keluar bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan berdasarkan pengalamannya. Dan sudah pasti salah satu dari mereka bisa menjadi partner (rekan) bisnis yang cukup potensial bagi usaha anda.

Baca juga : Apa Persamaan 44 Startup Calon Unicorn Asal Indonesia Ini?

“Peluang Mendapatkan Investor Lokal Maupun Internasional Ada di Depan Mata”

Membangun sebuah startup bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali rintangan yang harus dihadapi untuk membuat startup yang sukses. Tidak jarang pula yang mengalami kegagalan. Dalam membangun sebuah startup, anda perlu mempersiapkan diri baik dari segi mental, keahlian, waktu serta Modal. Karena itu salah satu faktor yang terpenting untuk membangun bisnis startup menjadi besar dan maju adalah dana investasi dari para Investor.

Salah satu manfaat bergabung dengan komunitas startup anda bisa mendapatkan investor lokal maupun internasional. Para rekan komunitas anda akan memudahkan anda untuk mengenal para investor, bukan tidak mungkin jika rekan komunitas anda akan memperkenalkan anda dengan para investor yang ingin menjalin kerjasama, oleh karena itu menjalin kerjasama yang baik dengan para anggota komunitas sangatlah penting bagi bisnis anda.

Baca juga : Startup Sukses dari US yang Perlu di Perhatikan di Tahun 2018

Bagi pengusaha startup bergabung dengan komunitas bisnis bisa membantu memperbanyak jaringan dan relasi, sehingga dapat mendorong kemajuan bisnis. Order dan pembelian produk/jasa bisa didapatkan dari jaringan ini. Selain keuntungan bisnis berupa order/ pembelian manfaat lain adalah bisa mendapatkan informasi peluang-peluang bisnis terbaru. Misalnya tren pasar, atau bahkan bisnis baru di luar bisnis lama yang sudah digeluti.

Nah itu lah beberapa alasan-alasan kenapa anda harus bergabung dengan komunitas bisnis startup. Semoga dengan bergabungnya anda ke dalam komunitas tersebut bisa membuat bisnis anda semakin sukses dan berkembang.