Apabila Anda berkecimpung dalam dunia bisnis online, pepatah “waktu adalah uang” tentu terasa benar adanya. Namun konsep waktu adalah uang ini bisa saja berubah jika anda tidak mampu mengelolanya dengan baik. Dengan memiliki bisnis online, Anda akan menjadi bos bagi diri sendiri. Jam kerja pun relatif lebih fleksibel. Namun jika ingin berkembang dan sukses, Anda tidak boleh menyepelekan manajemen waktu bisnis online Anda.

Anda harus pandai-pandai mengatur waktu, kapan harus bekerja, istirahat, membalas pesan dari konsumen, dan lain sebagainya. Jangan sampai fleksibilitas waktu yang Anda miliki membuat Anda justru terjebak dalam penundaan-penundaan, yang membuat pekerjaan Anda tidak kunjung selesai. Atau justru sebaliknya, Anda menggunakan waktu terlalu banyak untuk bekerja sehingga tidak sempat memberikan hak istirahat untuk tubuh Anda. Nah, agar manajemen waktu bisnis online Anda tidak berantakan, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini.

  1. Buatlah To Do List Harian

Biasanya pagi hari adalah waktu yang paling krusial. Nyaris semua kegiatan dimulai pada pagi hari. Agar semua kegiatan dapat terselesaikan dengan baik, maka usahakanlah untuk selalu bangun lebih pagi dan luangkan sedikit waktu untuk membuat to do list seharian ini. Jika sudah, sebaiknya segera kerjakan dan jangan ditunda-tunda lagi. Berusahalah untuk patuh pada jadwal yang telah Anda buat demi kelancaran bisnis Anda.

manajemen waktu
Tulis semua planing untuk hari ini
  1. Jangan Korupsi Waktu

Seringkali setelah menyelesaikan satu pekerjaan, Anda akan tergoda untuk melakukan kegiatan yang tidak penting. Terkadang, kegiatan itu akan membuat Anda keasikan dan lalai dalam mematuhi jadwal. Apabila Anda bisa menyelesaikan daftar kegiatan lebih cepat, ada baiknya jika Anda mengalokasikan sisa waktu tersebut dengan mengerjakan jadwal selanjutnya. Keuntungan yang bisa Anda peroleh adalah pekerjaan Anda bisa selesai lebih cepat dan Anda memiliki waktu lebih untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lain.

Baca juga : Memulai Bisnis fashion Online Untuk Pemula

  1. Hindari Multi-Tasking

Seringkali para pebisnis online memilih melakukan to do list secara berbarengan atau multi-tasking untuk bisa menghemat waktu. Sebenarnya, multi-tasking terkadang justru menjadi tidak efektif. Karena dengan multi-tasking, konsentrasi Anda akan terpecah dan mengakibatkan resiko melakukan kesalahan semakin besar. Apabila terjadi kesalahan, maka justru akan lebih banyak waktu yang terbuang sia-sia. Lakukan saja kegiatan Anda satu per satu sesuai jadwal yang telah dibuat. Dengan cara ini, Anda bisa lebih berkonsentrasi serta fokus.

manajemen waktu
Multitasking dapat mengganggu fokus dan konsentrasi
  1. Jauhi Sejenak Media Sosial Jika Mengganggu

Bagi pebisnis online, media sosial tentu merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, bijaklah dalam bermedia sosial. Anda perlu bersikap profesional saat bekerja. Sebisa mungkin, hindari media sosial pribadi. Seringkali media sosial pribadi bisa menjebak Anda dalam obrolan yang kurang penting, sehingga kemudian lalai menyelesaikan pekerjaan yang sudah dijadwalkan.

 Baca juga : Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Online

  1. Alokasikan Waktu Untuk Istirahat

Manajemen waktu bisnis online memang fleksibel. Selain bisa dilakukan dari rumah, Anda juga bisa melakukan pekerjaan kapanpun Anda mau. Namun perlu diingat, meskipun hanya dikerjakan dari rumah, Anda tetap harus memenuhi hak tubuh untuk beristirahat. Alokasikan waktu setidaknya 30 menit hingga satu jam pada siang hari untuk beristirahat. Biasanya setelah beristirahat, kondisi tubuh Anda akan kembali fresh dan siap melanjutkan pekerjaan. Tidak hanya itu, meluangkan waktu untuk beristirahat juga dapat menghindarkan Anda dari beragam resiko penyakit seperti kelelahan, penurunan daya tahan tubuh, sakit kepala, naiknya asam lambung, dan lain sebagainya.

manajemen waktu
Luangkan waktu sebentar untuk istirahat

Demikianlah beberapa tips manajemen waktu bisnis online yang dapat Anda praktekkan. Yang perlu Anda ingat adalah, meskipun bisnis Anda adalah bisnis di dunia maya, namun jam kerja Anda nyata. Patuhilah jadwal yang telah Anda buat jika ingin bisnis Anda sukses.