Tisa Anindita Diandra Putri, pemilik brand lokal bernama “Mandaka”. Mandaka merupakan salah satu produk fashionformal dressyang cukup dikenal banyak orang, khususnya bagi para pengguna instagram.

Q: Bagaimana awal mula keinginan didirikannya Mandaka?

Mandaka hadir dari ketertarikan Tisa untuk menjahit dress keinginannya. Namun, kendala Tisa untuk menjahit, akhirnya ia memutusukan untuk mengulik hashtags di Instagram. Pencarian Tisa jatuh pada penjahit di Solo, yang mana menurutnya dapat menjahit dress keinginannya.

Desain yang detail, memiliki payet, dan cukup rumit itu yang diinginkan Tisa. Maka, ketika dress-nya sampai “Aku suka…Suka banget malah”, kata Tisa yang sambil bercerita awal Mandaka.

Dari situlah Tisa berinisiatif ingin membuat bisnis fashion dress dengan desain seperti miliknya. Kemudian, ia mengajak seorang temannya untuk memulai bisnis dress ini. Tetapi, karena adanya perbedaan pemikiran, bisnis bersama temannya tidak berlangsung lama.

Tisa pun memutuskan untuk melanjutkan kembali bisnis fashion dress sendiri. Dari berbagai saran orang tua, teman, dan kerabat lainnya, serta ditambah rasa percaya diri, tepat tanggal 26 Desember 2016, Mandaka hadir di Instagram.

Q: Apa ada arti tersendiri dari kata Mandaka?

Nama Mandaka pun dipilih oleh Tisa karena sesuai dengan artinya menghias. Mandaka juga dipilihnya karena belum ada yang menggunakan serta nama yang diyakini Tisa akan membawa keberuntungan. Tisa juga menambahkan “Menciptakan suatu brand atau apapun itu, nama memiliki pengaruh pada sesuatu hal”.

Q: Apa tantangan dari menjalankan bisnis sendiri?

Tantangan untuk Tisa adalah cara menangani banyak hal, mulai dari mencari bahan, pengemasan, dan desain yang konsisten merupakan jadi hal utama karena membutuhkan waktu dan energi. Tetapi, lika-liku dalam menjalankan bisnis ini tidak membuat Tisa berhenti dan menjadi malas-malasan. Hal ini kemudian tantangan Tisa yang harus dikalahkan.

Q: Mengapa memutuskan untuk menggunakan Instagram?

Penggunaan tool Instagram juga dipilih Tisa karena sesuai dengan target market dari Mandaka. Selain itu, fitur-fitur yang diberikan dari Instagram Business sangat membantu Tisa dalam mempromosikan brand-nya. Kemudian fitur “insights” di Instagram ini juga membantu Tisa untuk mengetahui perkembangan bisnisnya.

Sesuai dengan perkembangan di dunia Instagram, sistem endorsement pun jadi salah satu yang digunakan Tisa. Sistem ini juga meningkatkan jumlah pengikut serta brand awareness untuk Mandaka.

Q: Apakah ada kata-kata atau pesan yang ingin disampaikan Kak Tisa?

Pada akhir wawancara dengan Tisa, ia menambahkan “Gak selamanya kita berada di posisi atas, ada kalanya kita harus merasakan posisi yang kita tidak inginkan”, tutup Tisa.