Perkembangan teknologi yang dinamis dari waktu ke waktu, secara tidak langsung membuat perubahan pada pola hidup masyarakat. Jika dulu nyaris setiap transaksi dilakukan secara bertatap muka, maka berbeda dengan saat ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone dan internet, membuat transaksi tatap muka tersebut perlahan berubah menjadi transaksi online. Pesatnya transaksi online, turut dilirik oleh pengusaha yang pandai memanfaatkan peluang untuk membangun bisnis jasa secara online. Salah satunya adalalah bisnis pesan antar.

“Belajar Dari GoJek”

Bisnis pesan antar merupakan salah satu penunjang yang cukup penting dalam dunia bisnis. Layanan ini semakin berkembang karena menawarkan kemudahan bagi para konsumen yang menginginkan kepraktisan dan efisiensi waktu.

bisnis pesan antar
Gojek, salah satu penyedia jasa layanan pesan antar

Nah, salah satu perusahaan yang cukup sukses mengembangkan bisnis pesan antar adalah Gojek. Berawal dari bisnis layanan jasa ojek online, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Anwar Makarim ini merambah juga ke layanan pesan antar. Layanan ini cukup sukses di pasaran, bahkan membuat perusahaan lain juga melirik bisnis yang sama.

Salah satu layanan pesan antar yang dapat dinikmati oleh konsumen dari GoJek adalah Go-Food. Untuk menikmati menu yang diinginkan, konsumen tidak perlu jauh-jauh ke resto atau rumah makan yang menjual menu tersebut. Cukup buka aplikasi gojek, pilih restoran serta menu yang diinginkan, maka konsumen hanya tinggal menunggu petugas GoJek mengantarkan pesanannya. Kemudahan ini membuat perusahaan GoJek semakin berkembang.

Baca juga : Trik Ampuh Membuka Toko Online di Instagram

“Tiru Konsep Layanan Pesan Antar Dalam Skala Kecil”

Bagaimana jika Anda ingin turut mencicipi manisnya bisnis pesan antar seperti GoJek, namun tidak memiliki modal yang besar? Nah, tidak ada salahnya jika Anda meniru konsep layanan pesan antar tersebut dalam skala kecil terlebih dulu. Jika Anda jeli, banyak peluang di sekitar Anda yang dapat dimanfaatkan untuk mulai membangun bisnis pesan antar.

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis ini adalah mencari referensi terlebih dahulu. Lakukan riset pasar di lingkungan sekitar Anda. Tentukan produk atau barang yang bisa Anda antarkan.

Jika Anda masih bingung, anda bisa memulainya dengan jasa antar jemput pakaian laundry, barang-barang servisan, layanan pesan antar makanan catering, kuliner, atau bisa juga barang-barang lainnya.

bisnis pesan antar
Pesan antar catering

Kedua, pastikan Anda memiliki kendaraan seperti sepeda motor. Kendaraan ini bisa disebut sebagai modal utama Anda. Sebaiknya sepeda motor tersebut adalah milik Anda sendiri agar tidak perlu bergantung pada orang lain.

Baca juga : Memulai Bisnis Online Sebagai Dropshipper

Ketiga, carilah relasi yang bisa Anda ajak kerja sama. Anda bisa menawarkan kerjasama dengan para pebisnis laundry, catering dan lain sebagainya. Layanan yang Anda tawarkan ini tentu akan memberi nilai tambah pada bisnis-bisnis tersebut.

Keempat, mulailah promosikan bisnis jasa pesan antar ini kepada orang-orang di sekitar Anda. Anda bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut, memanfaatkan media sosial, atau menyebarkan selebaran. Pandai-pandailah melihat peluang. Jika Anda adalah seorang mahasiswa, Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada rekan mahasiswa yang tidak sempat mengambil laundryan-nya, tidak sempat fotocopy, atau tidak sempat keluar untuk mencari makan.

bisnis pesan antar
Mengantar makanan bisa jadi salah peluang usaha

Bisnis pesan antar dalam skala kecil ini relatif mudah dan tidak memerlukan modal yang besar. Sangat cocok bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa, ibu rumah tangga, atau siapapun yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini.

Baca juga : Membangun Jaringan Reseller dari Konsumen Aktif 

Hal terpenting yang harus Anda pegang dalam menjalani bisnis pesan antar ini adalah Anda harus menjaga kepercayaan konsumen Anda. Berikan pelayanan terbaik agar bisnis Anda bisa berkembang.

Bagaimana, tertarik ingin mencicipi manisnya bisnis pesan antar? Semoga sukses ya.