Ketika Anda memutuskan meningkatkan campaign media sosial, hal itu wajar agar Anda lebih bersemangat. Tandanya Anda sudah berpikir tentang potensi media sosial marketing dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, Anda ingin segera mendapat pemasukan dari sana.

Untuk alasan ini, banyak pengusaha baru dan marketer bertindak tanpa pikir panjang yang bisa berakibat merusak campaign mereka sebelum mereka mendapat pangsa pasar.

Sebelum Anda memulai posting apa pun di media sosial, pastikan Anda mengurus lima syarat ini:

  1. Tahu Tujuan dan Sasaran

Meningkatkan Campaign Media Sosial Marketing

Ini adalah langkah paling penting dari semua proses.  Tujuan umum Anda adalah bisa mencapai “sukses” dengan media sosial marketing. Namun, apa yang dimaksud dengan “sukses”? Apakah  cukup dengan traffic yang ramai? lebih banyak like atau followers? harapan brand yang lebih tinggi?

Selain itu, bagaimana Anda mewujudkannya? demografi apa yang Anda targetkan? Bagaimana Anda akan menarik mereka? platform apa yang akan Anda gunakan?

Jika Anda belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda belum bisa memulaim marketing Anda. Pelajari beberapa pasar saing Anda untuk mempelajari lebih lanjut gambaran bisnis Anda.

Anda bisa mengatur arah marketing Anda, termasuk apa target Anda, mengapa Anda menargetkan mereka, dan angka yang ingin Anda capai. Tanpa fokus, Anda tidak akan tahu bagaimana mengukur keberhasilan campaign Anda.

  1. Konfirmasi tanggung jawab individu dan pos-pos pemeriksaan

Meningkatkan Campaign Media Sosial Marketing

Siapa yang bertanggung jawab mengelola marketing Anda? Lebih tepatnya apa yang mereka pertanggungjawabkan? Apakah seseorang bisa mengambil alih memposting konten baru dan orang lain menanggapi pesan masuk?

Anda harus membuat penjelasan di awal tentang siapa yang bertugas untuk memposting konten, menanggapi pesan masuk, dan lainnya. Jika tidak, Anda bisa kehilangan beberapa tugas mereka. Anda juga bisa mengatur beberapa pos pemeriksaan utama untuk marketing. Misalnya, Anda mengajak rapat setiap minggu atau dua minggu untuk memberi penyegaran pada tiap tim juga untuk mengatasi masalah yang ada.

Anda juga bisa mengatur evaluasi bulanan untuk mengetahui apa yang perlu dibenahi. Sesuikan dengan apa yang dibutuhkan.

  1. Tetapkan Peluang ke Seluruh Situs Anda

Meningkatkan Campaign Media Sosial Marketing

Tidak peduli seberapa banyak pengunjung media sosial yang telah Anda dapatkan, point utamanya adalah orang-orang mengeklik website Anda dan mengubah mereka menjadi pembeli. Caranya yakni dengan memasukkan mereka dengan daftar email agar mereka tertarik membeli produk Anda. Dengan demikian, sebelum memposting sesuatu, Anda bisa mengoptimalkan website dengan menciptakan pecakapan yang menarik dengan followers.

Tidak peduli seberapa besar pemirsa media sosial Anda dapatkan, point pentingnya adalah orang-orang mengklik website Anda dan mengubah mereka. Kemungkinannya antara bergabung dengan daftar email atau membeli produk Anda. Dengan demikian, sebelum Anda memposting sesuatu, Anda berkunjung ke situs Anda dan pastikan dioptimalkan untuk konversi percakapan dengan followers.

Sesuaikan pada tujuan Anda. Hal ini berguna untuk membuat landing pages khusus untuk pengunjung yang berbeda atau pada kalangan tertentu. Fokuskan diri Anda pada penyediaan peluang pada konten yang cukup kaya di halaman Anda. Hal ini sangat mempengaruhi pengunjung Anda.

  1. Atur Blog yang Sedang Berlangsung

Meningkatkan Campaign Media Sosial Marketing

Anda harus menyiapkan blog yang sedang berlangsung, lengkap dengan tulisan yang berkualitas tinggi untuk berbagai kepentingan. Pertama, bisa menjadi bahan diskusi di akun media sosial Anda. Kedua, bisa berfungsi sebagai sarana menjaga pengguna di situs Anda juga menyakinkan mereka bahwa Anda pantas untuk bisnis mereka. Konten Anda sangat menentukan merek Anda sebagai identitas website Anda, yang mampu membuat mereka percaya.

  1. Sempurnakan Profil Anda

Meningkatkan Campaign Media Sosial Marketing

Akhirnya, pastikan untuk benar-benar mengisi profil media sosial Anda dengan informasi tentang perusahaan Anda. Termasuk mengisi setiap bentuk yang ditawarkan oleh setiap platform dan mengupload gambar ke profil Anda. Ini juga bisa mengoptimalkan profil Anda ke dalam mesin pencarian sehingga mereka akan muncul untuk pencarian yang relevan.

Yang lebih penting lagi, mendapat kesan pertama sebagian besar followers baru Anda mengetahui merek Anda.

Pikirkan lima langkah tersebut sebagai landasan campaign Anda. Anda memerlukan followers untuk berkesempatan sukses. Setelah Anda mendapat tempat di hati mereka, Anda dapat mulai menggali untuk mengisi dengan tulisan yang lebih menyenangkan dan mengamati campaign Anda tumbuh dengan bagus.

*campaign :  kampanye, promosi
*demografi : informasi penting tentang manusia dan penggolongannya berdasarkan faktor kelas sosial, agama, umur, tempat, pendidikan, dan sebagainya.