Menambah Follower Instagram Dengan Mudah? Terapkan 12 Langkah Berikut.

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kata instagram dan Follower Instagram. Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang telah banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Entah untuk keperluan pribadi ataupun bisnis.

Jika kita baru membuat instagram tentunya merupakan sebuah tantangan besar untuk kita agar dapat menemukan cara bagaimana membuat orang menjadi follower kita dan bagaimana memperbanyak follower dalam sekejap. Dan juga bagaimana agar kita bisa menyaingi pesaing yang telah membuat dan membangun akun instagram yang mungkin telah bertahun-tahun lamanya dibuat. Tentunya ini merupakan tugas terbesar kita ketika pertama kali membuat akun instagram.

Seorang Entrepreneur Melbourne bernama “Nathan Chan” yang merupakan penemu Majalah Online yang disebut Foundr melakukan strategi jitu untuk menambah akun instagram-nya. Nathan mulai memposting gambar-gambar untuk Foundr Magazine di instagram-nya dimulai pada 2 November 2014. Dan pada bulan April 2015, hingga sampai saat ini akunnya mencapai:

  •  536K Pengikut
  •  1338 post
  • +- 90M like postingan (5.6k per post)
  • +- 50k Komentar pada post

Hal ini sungguh sangat mengesankan. Pertumbuhan akunnya mencapai beribu follower dalam waktu yang singkat. Bukan hanya itu saja, tapi sekarang ia menggunakan instagram-nya menjadi salah satu saluran terbesarnya untuk menjalankan majalah barunya untuk para pelanggan Foundr Magazine.

Pertumbuhan akun instagram Foundr yang mencapai 536K follower hanya dalam beberapa bulan, tentunya merupakan suatu pencapaian yang sangat menarik.

1. Sesuaikan Isi Postingan ke Target Market

 

Bagaimana caranya? kita tahu pasti bahwa kita ingin sekali memiliki ratusan ribu follower di akunnya. Tapi, yang pertama adalah harus diketahui dulu jenis konten seperti apa yang dapat mengikat para pengguna instagram sehingga mereka menjadi follower kita.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah tantangan besar ketika kita membuat instagram ataupun memulai bisnis di dunia instagram. Selain itu terkadang seseorang hanya memposting sesuatu sesuai keinginan mereka ataupun sesuai kata hati mereka saja yang terkadang tidak sesuai dengan tujuan utama.

Tulislah kutipan yang memiliki hubungan kuat antara entrepreneur dan pemilik usaha (para wirausahawan) sehingga kutipan yang telah di posting memiliki keselarasan dan sejalan dengan target yang kita tuju. Beri terus mereka inpirasi  untuk tetap menjadi follower kita dan aktif mengikuti akun kita setiap harinya.

Sebagai imbalannya, mereka mungkin akan membentuk dan membangun sebuah komunitas ataupun suatu grup Ikatan Pengusaha yang pada akhirnya bisa berlangganan dan menjadi pelanggan produk kita layaknya follower Nathan yang telah menjadi pelanggan Foundr Magazine.

2. Jaga Konsistensi Post Anda

 

Konsistensi perlu kita lakukan. Dengan kata lain, kita harus konsisten dengan konten yang kita miliki. Kenapa konsistensi diperlukan? Jika kita hanya membukukan sekali seminggu, atau sekali setiap beberapa hari dan kemudian orang tidak akan tahu kapan post atau konten kita terbaru akan muncul.

Sebaliknya strategi Nathan adalah dengan memposting kutipan yang rata-rata 4 kutipan setiap harinya. Kita dapat melihat waktu di atas dimana Ia memperoleh daya tarik paling menarik dari para follower pada postingannya.

Strategi ini sangat bagus untuk diterapkan ketika banyak followers yang sudah tidak sabar dan penasaran dengan postingan-postingan berikutnya.

Untuk memperoleh lebih baik lagi kita perlu merencanakan post-nya dengan matang terlebih dahulu yaitu pertama dengan mendapakan postingan, dan menyiapkan gambar yang cocok dan bagus sebelum kita memposting post kita ke instagram.

Baca juga : 10 Macam Bisnis Di Instagram Yang Bisa Anda Coba

3. Gunakan Tools untuk Menciptakan Post Menarik

 

Aplikasi utama yang paling tepat untuk digunakan adalah aplikasi Wordswag. Aplikasi ini sangat cocok untuk menulis kutipan kita dengan indah hanya dalam waktu beberapa menit. Di situ kita tinggal menulis dan memilih Background dan mengedit sesuka kita agar tampilan kutipan menjadi lebih menarik. Wordswag juga akan otomatis menyimpan gambar tersebut ke gallery kamera kita.

4. Gunakan Pertanyaan untuk Berinteraksi dengan Followers

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Dengan menggunakan pertanyaan pada postingan kita, maka hubungan kita dengan follower tentunya akan lebih baik lagi. Sehingga, salah satu post Nathan yang paling Populer adalah Post yang didalamnya terdapat pertanyaan yang diajukan kepada para Followers. Salah satu strategi jitu yang dapat kita lakukan adalah dengan mengajukan pertanyaan dasar seperti di bawah ini:

 

“Postingan yang terdapat pertanyaan didalamnya memperoleh 300% interaksi lebih bagus daripada kutipan biasanya”

5. Dapatkan Tag dari Follower Untuk Pengguna Lain

Salah satu strategi yang tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan images instagram kita adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pengguna untuk menge-tag temannya, seperti pada gambar di bawah ini:

 

Gambar di atas dengan sukses memperoleh 1.600 komen dari para followers.

Baca juga : Cara Sederhana Mengelola Keuangan Bisnis Online

6. Tap Dua Kali Jika Kamu Setuju

Taktik simpel lain yang dapat kita lakukan selanjutnya adalah dengan memancing followers untuk meng-klik dua kali jika mereka setuju dengan postingan kita. Inilah dia alasan mengapa Nathan dapat memeperoleh 1,4 M likers untuk postingannya. Menarik bukan?

Di bawah ini merupakan contoh quotes yang menggunakan trik tersebut:

7. Adakan Kompetisi Di Instagram

Kompetisi? Mengapa perlu mengadakan kompetisi di instagram? Jika kita telah memiliki followers ataupun penggemar yang banyak, kita dapat memanfaatkan mereka untuk lebih aktif menjadi pelanggan kita. Salah satu cara terbaik adalah dengan semacam insentif.

Kita dapat melakukan kompetisi di instagram dengan memberikan langganan majalah (tanpa dipungut biaya). Sebagai gantinya, kita dapat mengendalikan pengguna untuk men-tag teman-temannya dan mengondisikan mereka untuk menge-cek podcast-nya. Kita dapat melakukan hal demikian seperti pada gambar dibawah ini:

8. Pancing Emosi Follower Anda

 

Menggunakan seruan untuk memancing emosi dari para follower. Mengapa kita perlu menggunakan seruan? Setiap pengusaha tentunya tahu pasti bagaimana susahnya perjuangan untuk menjadi seperti yang mereka inginkan.

Sehingga kita dapat menemukan suatu kemudahan untuk menyampaikan pesan kita, yang kemudian menemukan cara untuk meningkatkan keaktifan follower pada post yang telah kita kirim. Kita juga dapat menggunakan banyak taktik yang berbeda untuk memunculkan dan menarik emosi para penggemar.

Baca juga : Mencari Supplier Terpercaya Dalam Bisnis Online

9. #Hastag di bagian Komen, bukan di deskripsi 

#hastag, Kita tahu pasti bahwa Instagram menjadi tempat yang cocok untuk meningkatkan bisnis kita. Kita dapat menggunakan #hastag untuk menulis komentar di setiap akun instagram kita. Layaknya Nathan yang jarang sekali berkomentar di dalam post Instagramnya. Kita dapat menggunakan #hastag langsung sehingga semua sudah masuk di dalamnya dan tidak perlu menulis komentar panjang lebar pada postingan kita.

Hal tersebut dapat dilihat pada post Nathan di bawah ini:

10. Gunakan Emoticon

 

Gunakanlah emoticon dari perangkat mobile untuk menarik perhatian para follower pada postingan kita. Trik ini dapat digunakan untuk meminta dan memancing follower supaya mengunjungi bio Link kita (yang merupakan satu-satunya link yang dapat diklik pada halaman Instagram kita). Hal demikian telah diterapkan oleh Foundr.

Baca juga : Berjualan Dengan Heart Selling

11. Tambahkan Branding Anda untuk Images

Images merupakan salah satu bentuk media yang paling sharable yang bisa kita gunakan. Dalam kasus ini, kita tentunya ingin memastikan bahwa jika follower mendapatkan shared dalam instagram atau pada platform media sosial lainnya yang mempunyai nilai-nilai yang melekat pada Brand kita.

Masukkanlah  nama Brand kita pada postingan yang akan kita kirim. Trik lainnya adalah dengan menyertakan link atau URL yang mengesankan pada gambar untuk mengarahkan pengguna untuk mendownload, squezze halaman atau bahkan untuk berkompetisi (mengikuti kuis instagram yang kita buat).

12. Cantumkan Link Website di Profil Anda

Akhirnya kita sampai ke alasan utama mengapa Brand menggunakan instagram. Meski kita tidak bisa membuat jual beli langsung di instagram,  kita dapat mengarahkan pengguna ke situs kita melalui link di profil bio yang kita miliki (dan kita tidak dapat memiliki link yang dapat diklik di setiap posting).

Kita dapat menggunakan ini untuk keuntungan-nya. Setup redirect yang mengesankan di bio-kita:

Redirect ini membawa pengguna ke halaman squezze, follower dapat belajar banyak hal dari sini. Layaknya follower Nathan, mereka akan ke link kursus pendidikan yang telah diciptakan, dan dengan 2 nilai yang telah dikemas dalam PDF. Jumlah nilai yang dia berikan disini sangatlah mustahil.

 

Halaman Instagram Majalah Foundr mengirim lebih dari 20k pengguna per bulan untuk bio linknya, yang mengubah 45% dari pengguna ke subscriber. Percayalah bahwa Instagram merupakan alat yang sangat efektif dan menguntukan untuk mempromosikan brand kita sekaligus menjaring para follower menjadi customer tetap kita.

Demikianlah beberapa trik yang telah diterapkan oleh Nathan untuk majalah Foundrnya.

Sudahkah Anda mempunyai lebih dari 10.000K follower seperti Nathan?

Jika belum, sudahkah Anda menggunakan cara-cara tersebut?

Lakukan segera sebelum terlambat.