Cara mencari supplier terpercaya bukanlah persoalan yang mudah. Terutama bagi Anda yang berbisnis sebagai dropshipper maupun reseller. Anda harus teliti memilih supplier yang mampu menjalin relasi serta menyediakan produk berkualitas. Anda tidak bisa asal mencari supplier karena ke depannya Anda akan banyak bergantung kepadanya. Bagi Anda yang baru memulai bisnis online, mungkin masih bingung bagaimana cara mencari supplier terpercaya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencari supplier berkualitas.

“Berburu Supplier Lewat Sumber Terpercaya”

Banyak sumber yang dapat Anda manfaatkan untuk menemukan supplier. Anda bisa berburu supplier melalui forum jual beli, media sosial, marketplace, dan lain sebagainya. Lihatlah jumlah follower supplier yang Anda bidik. Semakin banyak follower, bisa menjadi salah satu poin penanda bahwa supplier tersebut terpercaya. Pastikan bahwa follower mereka adalah akun nyata, bukan akun palsu. Setelah itu, bacalah review, testimoni, atau komentar dari orang-orang yang telah bertransaksi dengan supplier tersebut. Perhatikan apakah lebih banyak komentar positif atau negative sebelum Anda memutuskan untuk bekerjasama.

Baca juga : Berjualan Dengan Heart Selling, Ampuhkah?

“Gali Informasi Sedetail Mungkin”

Cara mencari supplier terpercaya selanjutnya adalah menggali informasi sedetail mungkin. Kunjungi website resmi mereka jika ada. Cari tahu di mana saja mereka memiliki toko online. Apakah hanya di instagram, marketplace, facebook, atau semuanya. Pelajari cara kerja mereka melalui informasi yang tertera di toko online supplier tersebut. Anda perlu tahu apakah mereka menerima dropshipper dan reseller, kapan barang akan dikirim, batas pembayaran, ekspedisi apa saja yang mereka pakai, dan lain sebagainya. Jika Anda merasa belum jelas, sebaiknya hubungi customer service mereka secara langsung. Hal ini untuk menghindari barang tidak sampai atau terlambat sampai kepada konsumen.

“Selidiki Kredibilitas Supplier” 

Setelah mengetahui informasi secara detail, Anda bisa mulai menyelidiki kredibilitas supplier yang Anda bidik. Caranya, cobalah membeli produk dari supplier. Amati bagaimana cara kerja mereka. Apakah mereka bisa cepat tanggap ketika dihubungi atau tidak. Amati juga bagaimana kualitas pelayanan mereka. Jika pelayanan mereka dirasa kurang baik dan kurang ramah, sebaiknya Anda berpikir ulang. Anda tentu tidak ingin menjalin kerjasama dengan pihak yang akan membuat Anda tidak nyaman, bukan?

mencari supplier terpercaya
Credir: The Sales Master

Selain itu, perhatikan bagaimana cara supplier memberikan informasi resi pengiriman. Apakah resi segera dibagikan, atau Anda harus menunggu lama. Sebaiknya, cari supplier yang cepat menginformasikan resi. Ini untuk berjaga-jaga agar Anda tidak perlu dikejar-kejar resi oleh konsumen. Amati juga bagaiman kemasan paket yang Anda terima. Pilihlah supplier yang mengemas paket dengan rapi dan aman. Pengemasan paket yang asal-asalan beresiko membuat barang rusak selama perjalanan.

Baca juga : 5 Tren Teknologi & Desain Website Tahun 2018

“Bagaimana Prosedur Pengembalian Barang”

Setelah menyelidiki kredibilitasnya, ada hal penting yang harus Anda tanyakan pada calon supplier. Carilah info bagaimana prosedur pengembalian barang jika barang yang diterima cacat atau tidak sesuai pesanan. Apabila prosedur pengembalian barangnya berbelit-belit, sebaiknya Anda mencari supplier lainnya. Anda tentu tidak ingin mengalami kerugian karena konsumen menerima barang yang cacat, bukan?

“Kesesuaian Produk dari Supplier”

Anda harus tahu dengan jelas kualitas barang yang akan Anda jual. Perhatikan apakah barang tersebut legal untuk dipasarkan atau tidak. Hindari menjual barang palsu atau KW agar tidak terjadi masalah ke depannya.

Amati produk yang akan Anda jual. Apakah kualitasnya sudah sesuai dengan deskripsi dari supplier. Selain itu bandingkan harga barang yang dijual supplier, dengan harga pasaran. Apakah harga masih bisa bersaing di pasaran atau tidak.

supplier terpacaya untuk bisnis online
Credit: The Fabricator

 

Demikianlah beberapa langkah cara mencari supplier terpercaya yang bisa Anda lakukan. Telitilah sebelum menjalin kerjasama agar tidak terjadi masalah ke depannya. Semoga sukses.