Dengan follower lebih dari 3 Juta di Instagram, Gary Vaynerchuk sang pemilik VaynerMedia ini, tentu saja diserbu pertanyaan tentang bagiamana dia mengembangkan Business dan Brand di Instagram pribadinya, dan brand dari tidak kurang 500 kliennya di Instagram. Dan pada satu kesempatan dia pun menulis sebuah artikel tentang strategi unik yang selama ini ia jalankan, setelah sering diserbu oleh beragam pertanyaan tentang mengembangkan bisnis dan brand di Instagram oleh follower-followernya, dan setelah terinspirasi oleh pertemuannya dengan salah satu kliennya bernama Shane.

Tulisan tersebut pun menjadi konten yang paling praktikal yang pernah ia buat, karena sebagai founder atau CEO sebenarnya Gary Vaynerchuk lebih sering membagikan berbagai konten yang bertujuan untuk merubah mind set. Dan yang ia tekankan adalah bahwa cara yang ia bagikan ini dapat dilakukan oleh siapapun entah bagi yang memiliki jutaan follower atau yang baru membuat profil instagram, ini adalah sebuah tips yang ia bagikan bagi siapapun yang ingin membangun komunitas yang lebih bermakna di Instagram atau di dunia online.

Bagaimana Gary Vaynerchuk mengembangkan akun Instagramnya?

Seperti yang saya sebutkan diatas, sudah tak terhitung berapa kali seorang Gary Vaynerchuk mendapatkan serbuan pertanyaan ini. Baik itu melalui email, DM, comment, sms, sampai saat ia jalan-jalan pun ada yang menanyakan tentang bagaimana mengembangkan bisnis dan brand di Instagram nya.

Dan menurut saya tidaklah salah bagi yang memberi pertanyaan. Karena terbukti dari 10 tahun pengalaman Vaynerchuk menggeluti dunia psikologi user dalam sebuah komunitas online yang terhubung, maka ia orang yang tepat untuk memberikan kita arahan bagaimana mereka yang berhasil melakukannya. Menariknya hal yang kita dapat bukanlah teori melainkan praktik, yang sudah dia lakukan melalui twitter, Facebook, dan juga Instagram. Dan Apapun platform yang akan hadir di kemudian hari, praktik ini tetap akan ia lakukan untuk membangun awareness, dan yang lebih penting, komunitas online.

Kenyataanya adalah, cara memenangkan sosial media adalah dengan benar-benar menjadi sosial.

Jumlah follower instagram yang anda miliki tidak akan berarti apa-apa jika anda tidak bisa membangun komunitas orang-orang yang like-minded yang peduli dan berinteraksi. Satu-satunya jalan untuk melakukan ini dari nol adalah dengan menjadi bagian dari conversation.

Entah itu melalui DM atau anda secara aktif mencari 9 top post di setiap hashtag di Instagram maupun Twitter, anda perlu terlibat dan berinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai interest yang sama dengan anda.

Setelah terinspirasi melalui pertemuannya dengan Shane, Gary Vaynerchuk pun mendapatkan ide yang ia sebut Strategi Instagram $1.80 yang ia artikan dengan meningalkan .02 sen di 9 post trending Instagram untuk 10 Hashtag yang berbeda yang relevan dengan brand atau bisnis anda.

Pada akhirnya anda tidak hanya meninggalkan .02 sen saja, tapi $1.80 (sekitar 24-25 ribu rupiah) penuh pendapat online di kategori, niche, atau industri yang spesifik dimana anda ingin terlibat.

Gary selalu menekankan bagaimana pentingnya, tidak hanya membangun influence tetapi juga membangun komunitas dan menjadi bagian dari conversation yang terjadi di dunia online.

Seorang Gary Vaynerchuk pun merasa bahwa banyak orang yang mengkonsumsi konten-konten yang ia buat dan tak pernah mengambil action pada hal yang ia sampaikan. Bagi seorang yang sangat menginpirasi melalui kata-kata dan pekerjaannya sebagai enterpreneur pun mengingikan lebih dari sekedar motivasi. Melalu insight ini mungkin kita dapat melakukan eksekusi secara langsung untuk bisa mengembangkan strategi ini untuk mengembangkan produk, jasa, brand atau diri kita sendiri.

Strategi Instagram 1.80 ini pun dibagi menjadi 3 part sederhana

LANGKAH PERTAMA: MENEMUKAN HASHTAG UNTUK DIIKUTI

Seharusnya hal ini tidak suli, Gary dalam artikel yang ditulisnya mencotohkan dengan mengambil niche Meditasi. Menurunya meditasi sudah menjadi kultur yang besar saat ini, dan dapat menjadi contoh yang bagus untuk menjalankan strategi ini.

Dengan membayangkan bahawa kita sudah terjun di dunia meditasi dan telah melakukannya selama bertahun-tahun dan saat ini anda ingin mengembangkan bisnis atau membangun brand personal anda sebagai orang yang dikenal di area meditasi.

Hal pertama yang anda butuhkan adalah mengidentifikasi 10 hashtag yang paling penting atau relevan di bidang anda. Maka untuk meditasi berikut adalah hashtag yang terbaik

#meditation (digunakan 13.1M kali dan terus bertambah)

#selfdiscovery

#freeyourmind

#innerpeace

#meditate

#mindfulness

#wellness

#awareness

#mindset

#spirituality

#zen

#perspective

#beherenow

Yang paling enak saat sedang mencari hashtag adalah sekarang kita dapat langsung mendapatkan related tag secara mudah dan cepat. Sekali anda mencari meditation, instagram langsung merekomendasikan hastag terkait yang bisa diikuti.

Jangan hanya mencari yang paling populer, tapi coba cari juga hashtag yang masih terkait dan bisa memberikan dampak nyata atau langsung.

Habiskan waktu sekitar 20 detik scrolling di 9 top post yang ada di tiap hashtag.

Saat anda menemukan hashtag, atau lebih bagus lagi sebuah postingan, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengidentifikasi siapa orang tersebut. Klik postnya, identifikasi akunnya, baca bio mereka, lihat profile mereka, ketahui apa yang mereka sukai, tidak sukai dan aktivitasnya. Baca copy dibawah ini dan berinteraksilah

INGAT: PERHATIKAN JUMLAH LIKE, COMMENT DAN VIEWS:

Meskipun akun tersebut hanya memiliki 190 followers namun setiap postnya menghasilkan 60 likes dan 20 comments, maka jangan ragu untuk meninggalkan .02 sen anda.

Banyak dari kita yang memulai dari nol (menurut Gary ini bukan masalah) setiap koneksi penting. Setiap hubungan mempunyai value. Orang-orang ini dapat menjadi bagian dari komunitas kita.

Baca Juga: Semua Hal yang HARUS Anda Ketahui Tentang Bisnis Di Instagram

LANGKAH KEDUA: TINGGALKAN COMMENT .02 SEN INSTAGRAM UNTUK STRATEGI 1.80

Setelah anda mengidentifikasi 9 top post dari 10 hashtag… ini lah saatnya anda untuk meninggalkan amal .02 sen anda yang berarti meninggalkan opini dan mencoba memberikan value yang anda bisa

Jika anda melihat ada yang memberikan comment dengan pertanyaan dan anda bisa menjawabnya, maka jawablah. Jika anda menyukai postnya dan mengagumi esettikanya, sampaikanlah! Jika anda punya pendapat tentang quote atau caption dari postnya, maka balaslah!

Jika gambarnya mengingatkan anda kepada creator yang lain, maka mention/tag mereka. Jika anda berpikir bahwa teman anda akan mendapatkan mafaat setelah melihat post tertentu, maka bagikan kepada mereka.

Comment, like, engage, respond, share. adalah cara mudah dan sederhana yang bisa anda tinggalkan seperti halnya meninggalkan .02 sen atau setara dengan 277 rupiah.

Logikanya hal ini tak akan menghabiskan waktu lebih dari 2 menit untuk setiap post.

Anda tak perlu menulis buku atau menghasilkan kata-kata mutiara, anda cukup engage dan berinteraksi. Itulah arti dari menjadi sosial. Tapi please please please, tetaplah jujur pada diri anda sendiri dan orang yang ada dalam post tersebut. Kita semua tahu bagaimana bentuk dari spam comment. Dan jika anda ingin benar-benar terhubung, kirimlah DM kepada creatornya. Mention post nya dan kenapa anda menyukainya. Berikan respon kepada story mereka dan katakanlah hal-hal yang valuable. Tanyalah apa yang bisa kamu bantu, kolaborasi, promosikan, dan sebagainya.

Baca Juga: 18 Data Statistik Instagram yang Harus Diketahui Pebisnis Online Di Tahun 2018

LANGKAH KETIGA: TETAP BERI COMMENT, LIKE DAN ENGAGE DI INSTAGRAM

Memang semudah itu. Prosesnya sangatlah simple. Cukup .02 sen, pada 9 post untuk 10 hashtag setiap hari. Dijumlahkan menjadi $1.80 dollar.

Tak perduli berapa banyak value yang anda berikan, ini tetap menjadi permainan angka. Anda harus berniat untuk berusaha lebih. Semua orang hanya meninggalkan .02 sen. Anda meninggalkan $1.80  Every.Single.Day.

Gary Vaynerchuk menjamin anda akan mendapatkan hasilnya. Semakin baik .02 sen anda, value dan keontetikannya, semkain besar anda akan berkembang.

Meskipun hanya satu follower baru setiap hari. Atau 1 ide baru tentang apa yang berfungsi dan apa yang tidak di Instagram. Apapun itu, dijamin anda akan mendapatkan pelajaran. Anda akna belajar sesuatu tentang platformnya, tentang budaya, tentang perilaku manusia, tentang bagaimana orang-orang berinteraksi secara online, tentang empati dan kemanusiaan dan prespektif, semua itu ada disana melalui proses kecil ini. Memberikan .02 dan menjadi bagian dari komunitas yang sesungguhnya.

Jadi Gary ingin anda mulai untuk meluncurkan strategi $1.80 anda. Anda akan merelakan $1.80 setiap hari, 2 sen sekali waktu, 9 top post, di 10 hashtag berbeda, setiap hari. Dan hal itu pelan tapi pasti akan membangun sebuah audience yang mengetahui anda dan mengapresiasi konten anda.

Anda akan memberikan $1.80 pada karma, $1.80 pada komunitas, $1.80 pada pendapat anda. Jangan lakukan SPAM.

Karma—Komunitas—Pendapat

Anda tidak hanya mengatakan follow, follow, follow.

Jika anda ingin melakukan seperti layaknya Gary Vaynerchuk, maka anda harus masuk bagian dari yang bersyukur, berterima kasih, yang selalu ada, memilih kebahagiaan, komunitas yang positif.

Karena masalahnya adalah, semua orang ingin berbicara. Semua ingin foto mereka terlihat keren. Namun cara sebenarnya untuk anda bisa menang adalah dengan mendengarkan dan kemudian berkontribusi.

Ingat, pada awalnya juga tak ada yang ingin mendengarkan Gary Vaynerchuk. Dia bahkan menekankan, selama satu tahun pertama tak ada yang melihat shownya di You Tube.

Namun hal tersebut tak mematahkan ia sama sekali. Caranya hanya dengan mencari konten yang sangat luar biasa dan konten tersebut menjadi viral, atau dengan cara yang ia sukai dan dibagikan kepada kita ini, yaitu strategi untuk menjadi bagian dari komunitas. Anda akan mendapat 3 atau 4 follower setiap hari, dimana hal itu sangat berarti. Tak perlu spam, atau akun palsu, tetapi koneksi yang lebih berarti.

Dengan ini berarti kemungkinan anda akan mendapatkan 100 follower baru yang meaningful setiap bulan. Yang berarti juga jika anda menghasilkan konten dan salah satu konten tersebut spesial, dan salah satu follower anda yang punya audience lebih besar membagikan konten anda, maka boom.

Tapi itu bahkan bukan bagian terbaiknya. Hal yang hebat dari strategi instagram 1.80 adalah anda tidak hanya akan mendapatkan exposure, tidak hanya mendapatkan follower, atau hanya berkontribusi dan menjadi bagian dari komunitas besar, tapi anda juga akan belajar.

Karena apa yang akan anda lihat dan konsumsi, 90 konten setiap hari yang sangat bagus di Instagram, akan menginspirasi anda dan membantu anda untuk merancang strategi konten anda sendiri di Instagram. Dan itu adalah pemanfaatan 3 jam sehari yang sangat baik.

Pagi hari, saat istirahat makan siang, saat anda bersantai dirumah. Cobalah dan jujurlah. Gratitude, Emphaty, kindness, motivation, meditation, mindfullness, anda pilih sendiri hashtagnya, mereka unlimited.

Dan semuanya memiliki top nine. Kemudian anda curahkan usaha anda.

Karana hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Penjelasan Gary ini seperti pepatah bahwa lebih baik mengajari orang memancing daripada memberikannya ikan. Karena kemampuan orang untuk memancing akan dapat ia gunakan sepanjang hidupnya, dari pada ikan yang akan habis setelah ia makan.

Maka dari strategi yang diberikan oleh Gary kita telah diberi cara bagaimana mengembangkan bisnis dan brand di Instagram melalui strategi ini, bagaimana cara untuk melakukannya, dan bagaimana memenangkannya.

Saya telah mencobanya sendiri beberapa waktu lalu terutama untuk brand yang saya handle, maka sekarang giliran anda untuk mencobanya.

Jika anda tertarik mengenai cara-cara lain untuk sukses di Instagram anda dapat melihat artikel lain, saya juga akan terus berusaha untuk membagikan berbagai cara untuk membantu, menginspirasi, dan menyukseskan anda dan bisnis anda di dunia digital melalui DEID ini. Semoga bermanfaat.