Di zaman yang serba modern seperti saat ini, semakin banyak hal yang dapat dipasarkan secara online. Bahkan saat ini mulai banyak pengusaha yang melirik memasarkan jasanya lewat online. Menjual jasa secara online memiliki cukup  banyak tantangan. Pasalnya, layanan yang ditawarkan secara online tidak berwujud seperti produk fisik. Nah, bagi Anda yang baru mulai merintis usaha di bidang jasa, ada baiknya menyimak beberapa tips sukses menjual jasa secara online berikut ini.

  1. Jual Profil Anda

Saat sedang memasarkan jasa atau layanan, maka portofolio terbaik adalah profil Anda. Ini berlaku untuk apapun layanan jasa yang Anda tawarkan, entah jasa kurir, antar jemput, pijat, salon, merawat hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan adalah profil Anda. Oleh karena itu, bangun citra diri Anda sebaik mungkin. Buat calon pelanggan yakin dan percaya untuk menyewa jasa Anda.

Baca juga : Promosi Efektif Untuk Bisnis Online

  1. Atur Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Waktu efektif yang Anda miliki untuk menjual jasa setiap harinya sangat terbatas, rata-rata berkisar 8-9 jam sehari. Hal ini tentu berbeda dengan orang-orang yang menjual produk fisik. Jika menjual produk real, penjual bisa mengatur jadwal kapan harus packing dan kapan harus dikirim. Sedangkan Anda, tidak bisa demikian. Terkadang, pelanggan bisa menghubungi Anda secara mendadak untuk menyewa jasa atau layanan Anda. Oleh karena itu, manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin. Usahakan juga susun jadwal antara pelanggan satu dengan lainnya agar tidak bentrok dan terpaksa harus mengecewakan salah satunya. Tawarkan alternatif waktu lainnya jika kebetulan saat itu jasa Anda sedang disewa oleh pelanggan lain.

menjual jasa secara online
Manage waktu sebaik mungkin
  1. Berikan Nilai Tambah

Sesekali, Anda perlu mengamati kompetitor yang menjual jasa atau layanan yang serupa dengan Anda. Amati kekurangan dan kelebihan kompetitor. Agar dapat bersaing dan memasarkan jasa, Anda harus memiliki nilai lebih. Anda bisa memperbaiki kekurangan kompetitor, lalu aplikasikan ke layanan Anda. Anda juga dapat menciptakan nilai tambah baru untuk pasar Anda.

Untuk hal ini, Anda bisa mencontoh GoJek atau Grab. Agar dapat bersaing dengan layanan ojek yang sudah lebih dulu ada, mereka memberi nilai tambah pada layanan jasa berupa kemudahan dan kepraktisan dengan membuat aplikasi khusus. Hal yang masih belum ditemukan pada jasa ojek konvensional. Nah, Anda bisa berpikir kreatif, bagaimana cara memberi nilai lebih pada jasa Anda. Sekedar pelayanan yang cepat dan ramah pun bisa menjadi nilai lebih lo.

menjual jasa secara online
Sesekali perhatikan kompetitor Anda
  1. Mudah Dihubungi

Pastikan pelanggan serta calon pelanggan Anda tidak mengalami kesulitan menghubungi Anda. Tampilkan nomor telepon, whatsapp, line, serta jam kerja agar pelanggan mudah saat ingin menghubungi Anda.

Baca juga : 5 Tren Teknologi & Desain Website Tahun 2018

  1. Manfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Cara termudah untuk berpromosi adalah lewat media sosial. Bangun citra diri sebaik mungkin dengan cara rajin berpromosi. Bila perlu, Anda bisa memasang foto saat Anda sedang melayani pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan semua kontak Anda yang dapat dihubungi oleh pelanggan kapanpun. Anda bisa meminta testimoni dari pelanggan untuk digunakan sebagai materi promosi.

  1. Berikan Layanan Terbaik dan Kredibel

Bidang jasa atau layanan terkadang sangat sensitif di mata pelanggan. Apabila pelanggan mendengar sedikit saja berita yang kurang baik tentang Anda atau layanan Anda, maka akan sangat berpengaruh terhadap penjualan. Untuk bisa mewujudkan kepuasan pelanggan, sebaiknya Anda selalu fast respon, berikan pelayanan yang ramah dan cepat, serta jaga kredibilitas Anda. Pelanggan yang puas tidak menutup kemungkinan akan membawa pelanggan baru untuk Anda.

menjual jasa secara online
Berikan layanan terbaik

Demikianlah tips sukses menjual jasa secara online. Tunggu apa lagi? Segera gali potensi Anda dan manfaatkan untuk mencari rejeki. Semoga sukses