Menulis konten yang berkualitas dan menarik merupakan sebuah pilihan. Anda bisa memilih mengalokasikan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja menciptakan konten berkualits dan membangun brand dengan baik. Atau anda bisa pilih mengambil jalan yang mudah dan menulis konten seadanya, pilihan yang akhirnya merugikan anda karena hanya akan membuang waktu dan energi yang sia-sia.

Mesin pencarian Google memberi reward pada situs dengan kualitas tinggi yang mengandung konten original. Jadi konten menarik tak hanya membuat website jadi lebih baik, tapi juga meningkatkan peringkat situs, yang bisa memiliki dampak sangat positif pada bisnis anda. Untuk meningkatkan peringkat SEO, mendapat traffic dan lead, anda pelu menciptakan konten menarik dan berkualits untuk blog atau website anda.

Baca juga : Konten Marketing, Perlu Kita Share Gak Ya Sebenarnya?

Lalu bagaimana menulis artikel blog yang menarik agar orang tertarik untuk membaca dan membagikannya kepada orang lain ??

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :

“Tentukan tujuan”

Apakah menentukan tujuan sebelum membuat blog post itu penting? Ya, jawabannya memang sangat penting. Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah dan tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita.

Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Manfaat ngeblog juga bukan sekedar untuk kita sendiri, karena dari blog kita juga bisa membantu orang lain dengan pengetahuan ataupun ilmu yang kita miliki. memberikan informasi yang berguna bagi mereka.

artikel blog
Tentukan tujuan anda terlebih dahulu sebelum memulai menulis artikel blog.

Sebelum menulis, lakukan persiapan-persiapan terlebih dahulu, baik materi tulisan maupun fisik. Materi tulisan berasal dari ide mengenai topik tertentu. Cari ide, “Hari ini saya pengen menulis tentang apa ya?”, “Apa yang bisa saya berikan kepada pembaca dan bermanfaat buat mereka apa tidak?”, “Apa sih yang saya ketahui dan bisa saya tuangkan?”. Jangan terlalu mikir menulis judul, keyword, dll. Itu semua belakangan bisa di atur lagi. Jangan sampai justru membatasi tulisan yang hendak dibuat.

“Tentukan topik”

Pilihlah topik yang benar-benar anda minati sesuai dengan yang ingi anda tulis, sehingga anda tidak merasa kesulitan dalam menulis nantinya. Pancing pembaca dengan judul yang menarik, karena dengan topik yang menarik akan memungkinkan seseorang untuk membaca artikel yang anda buat.

Judul artikel ibarat mahkota. Apa yang dia tampakkan berpengaruh pada seberapa menarik artikel di dalamnya. Buat judul sekreatif mungkin. Jangan hanya terpaku pada keyword, karena itu justru dapat mengurangi nilai artikel, padahal mungkin artikel di dalamnya sangat bagus. Gunakan pula format-format yang lebih provokatif, misalnya dengan menggunakan kalimat tanya. Sering loh saya mendapati incoming search yang menggunakan keyword kalimat tanya, misalnya, “Bagaimana Memasarkan Produk saat tidak ada satupun Cara Berfungsi??“, “Kenapa Startup Bakalan Remote di Tahun 2018???“, dan lain-lain.

artikel blog

Mungkin sebagian orang sudah menganggap Google itu manusia yang bisa menjawab semua pertanyaan, akan tetapi kenyaataanya memang seperti itu, sebagian orang banyak yang mencari di search engine dengan kalimat tanya.

“Mulai menulis”

Jika anda sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog anda dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin anda tulis sesuai dengan topik yang sudah anda tentukan sebelumnya. Perbedaan antara menulis blog dan media cetak adalah bahwa blog tentu dibaca di layar elektronik yang secara relatif melelahkan mata. Buatlah sebuah artikel yang sederhana dan pendek saja, maksimal 500-600 kata. Pembaca di blog lebih suka tulisan yang to the point dan tidak banyak basa-basi. Tulisan yang diinginkan pembaca sebenarnya sederhana, jika mereka sudah suka maka mereka akan sangat menantikan tulisan berikutnya. Maka menulislah dengan konsisten.

Baca juga : Konten Marketing: Apa Itu Dan Mengapa?

Dengan kaidah-kaidah sebagai berikut :

  • Gunakan gaya bahasa yang sangat mudah dipahami serta tidak ambigu. Jika web dikhususkan untuk pengunjung Indonesia, maka bahasa nasional harus digunakan secara baik dan benar agar semua orang tahu serta dapat memahami.
  • Tulis artikel anda dengan memberikan poin-poin lalu jelaskan apa maksud poin-poin tersebut.
  • Berikan beberapa gambar yang sesuai dengan isi artikel.
  • Dan berikan hyperlink pada kalimat yang mengacu pada sumber lain.
artikel blog
(digitalentrepreneur.id)

“Publish artikel di moment yang tepat”

Memulai sebuah blog atau website adalah sebuah komitmen Misalnya, orang cenderung meluangkan waktu untuk browsing internet di saat-saat senggang, saat jam istirahat kerja sekitar jam 12.00 hingga 13.30, atau sesaat setelah pulang kantor jam 19.00 hingga 21.00, nah di waktu inilah anda bisa menjadwalkan untuk memposting artikel yang sudah anda buat, sehingga postingan yang baru di publish bisa cepat mendapatkan respon dari pengunjung setia blog anda, tapi ini tergantung topik bahasan di blog.

artikel blog
Publish artikel pada waktu yang tepat.

Dengan menjadwalkan waktu publish artikel di Blog, Anda bisa meyakinkan kepada pengunjung bahwa blog anda memiliki konsistensi terhadap waktu publish dan blog anda akan terlihat lebih profesional.

Baca juga : 4 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Level Marketing Bisnis Anda

Konten yang berkualitas ditujukan untuk manarik pembaca agar betah dan selalu bertahan pada halaman suatu blog. Besar kemungkinan jika pembaca menyukai artikel blog anda maka akan dijadikan sebagai referensi selanjutnya akan di bagikan kepada orang lain, dan juga pastinya akan membuat pengunjung menanti-nanti konten yang anda publish berikutnya. Maka dari itu sangat penting memperhatikan hal-hal diatas, apakah sudah sepenuhnya anda terapkan pada pembuatan artikel blog anda selama ini atau sebaliknya.

Dan, jika anda adalah seorang Penulis Blog, Author, atau pihak yang bertanggung Jawab untuk konten dalam Website Bisnis Anda, Maka membuat konten yang menarik adalah suatu kewajiban.

DEID menyediakan Checklist yang bisa Anda Download GRATIS, untuk membantu anda membuat Konten SUPER!

Download sekarang, klik gambar di bawah!!

menulis
Checklist untuk Konten Super