Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital seperti saat ini, keberadaan supermarket kini nampaknya mulai tergeser dengan pasar online yang semakin membanjiri  pasar. Adanya perkembangan supermarket online tidak bisa dipungkiri lagi bahwa supermarket online mampu menampilkan produk atau barang-barang secara terorganisir dan informasi tentang produk yang dijual dengan jelas seperti harga, gambar, spesifikasi, manfaat, dan lain sebagainya. Sebuah supemarket online juga mampu melayani pengunjung mulai dari pencarian produk dengan mudah, sampai dengan proses selesai belanja (check out) yang meliputi pengambilan informasi pembeli, pengiriman, pembayaran, dan konfirmasi pesanan.

Baca juga : Dunia Mulai Beralih Ke Era Digital : Inilah Buktinya!!!

Seperti yang dikatakan oleh presiden Jokowi dalam pidatonya di acara Dies Natalis UI ke 68, Jokowi menyampaikan bisnis supermarket saja turut terimbas. “Bisnis supermarket yang dulunya sangat mapan ini juga tunggang langgang diterpa pasar online. Biro perjalanan juga menurun drastis setelah munculnya bisnis online ticketing,” kata Jokowi di UI, Depok, Jumat (2/2/2018).

pasar online
7 eleven adalah salah satu supermarket yang menutup seluruh gerainya di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu contoh supermarket yang telah menutup seluruh gerainya di Indonesia adalah 7 Eleven dan beberapa gerai PT. Hero Supermarket. Salah satu alasan di tutupnya gerai supermarket tersebut adalah karena alasan biaya operasional yang tinggi namun pendapatan yang tidak mencapai target.

Baca juga : Selalu ada Peluang saat Ritel Banyak yang Tutup, Seperti ini!!

Dan salah satu contoh supermaket online yang bisa diakses oleh generasi millenial saat ini adalah HappyFresh. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya memesan barang kebutuhan sehari-hari melalui katalog yang tersedia secara online, mulai dari sayur mayur, daging, buah, snack, hingga peralatan mandi. Pesanan tersebut akan diantar ke rumah pengguna dalam kurun waktu 60 menit. Pengguna dapat memilih jam berapa belanjaannya harus diantar ke rumah.

Mitra supermarket online yang bekerjasama dengan Happyfresh antara lain Carefour belanja online, Lotte supermarket online, Lotte Mart Supermarket online, Farmers Market online, Papaya supermarket online, Superindo belanja online, Ranch Market online shopping, Trans Mart belanja hingga Dapur Coklat.

pasar online
HappyFresh (www.happyfresh.id) merupakan supermarket online yang menyediakan barang-barang kebutuhan anda sehari-hari.

Baca juga : 4 Trik Mengoptimalkan Penjualan Tanpa Harus Menutup Toko Offline

Tidak ada cara lain selain melakukan perubahan, perubahan mindset, pola pikir, cara kerja, perubahan model organisasi, produktivitas, inovasi, semuanya harus berubah. Saat ini mau tidak mau masyarakat memang harus bisa beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang.