Sukses membangun sebuah bisnis memang merupakan harapan hampir semua orang. Namun dalam mencapai kesuksesan tersebut, hanya orang-orang yang berjiwa entrepreneur sejati saja yang mampu meraihnya. Tidak mudah menjadi seorang entrepreneur, meskipun didukung oleh kemampuan finansial yang memadai. Jiwa dan karakter yang bukan beraura pebisnis menjadikan banyak orang menemui kegagalan dalam usahanya. Selain itu, ternyata banyak pula orang yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha (entrepreneur), meskipun mereka memiliki modal yang cukup untuk memulai sebuah bisnis. Hal tersebut disebabkan berbagai faktor, misalnya karena merasa lebih nyaman menjadi karyawan, takut mengambil resiko, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya setiap orang memiliki karakteristik tersendiri untuk bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. Akan tetapi untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha tidak serta merta langsung sukses. Kewirausahaan ini memerlukan salah satu pilihan karier yang ada kaitannya dengan tipe kepribadian seseorang, karena sumber daya manusia adalah modal awal kewirahusahaan baik secara individu maupun kelompok. Sebelum anda memutuskan untuk keluar dari pekerjaan anda dan inign membangun bisnis sendir, maka ada baiknya anda menyadari apakah anda termasuk orang berjiwa entrepreneur atau tidak. Hal ini penting untuk meyakinkan bahwa anda pasti akan sanggup menjalankan sebuah usaha, serta tidak mudah putus asa dalam membangun bisnis anda.

Inilah 7 tanda khusus yang mencirikan bahwa anda memiliki jiwa seorang pengusaha (entrepreneur):

1. Memiliki Tekad dan Menikmati Sesuatu yang di Mulai Dari Nol

Mental dan karakter pertama seorang entrepreneur sukses menurut Bob Sadino adalah memiliki niat dan tekad yang kuat. Saat pertama kali memulai atau mengawali bisnis tentu anda akan berhadapan dengan banyak kegiatan untuk mewujudkan rencana bisnis yang harus dimulai dari nol. Maka dengan niat dan tekad yang baik dan kuat, anda akan mampu menjalani segala kegiatan dan mewujudkan segala rencana bisnis yang sudah anda susun. Niat dan tekad berbisnis yang kuat dari para pengusaha ini menurut Bob Sadino bisa dilihat dari keseriusan dan waktu yang diluangkannya untuk bisnis. Jika mereka masih menjadikan bisnis hanya sebagai sampingan, itu artinya niat dan tekadnya masih belum kuat. Namun jika pebisnis telah memiliki niat dan tekad yang kuat maka mereka akan meluangkan seluruh waktunya untuk bisnis dan usahanya.

peluang jadi pengusaha
Memiliki Tekad dan Mulai dari Nol

Segala sesuatu yang dimulai dari nol merupakan tahap awal menuju pencapaian dan pada akhirnya menghasilkan kesukesan. Dorongan yang muncul dalam diri anda akan terus berjalan dan menikmati hal-hal yang dilewati sehingga selalu bersemangat dalam menjalankan usaha. Seorang wirausaha yang sangat termotivasi dan fokus memiliki kemauan untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan secara efisien dan efektif, akan menciptakan produktivitas yang lebih tinggi, peningkatan pendapatan, penghematan biaya dan mendapatkan kepuasan dalam usaha.

Baca juga : Kiat Membangun Mental Bisnis yang Kuat

2. Memiliki Semangat Kerja yang Tinggi

Semangat kerja berhubungan erat dengan kinerja seseorang dalam menjalankan pekerjaan. Semangat kerja merupakan suatu kesenangan dan kenyamanan yang lebih mendalam terhadap pekerjaan yang dijalani. Ketika seseorang memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani pekerjaan maka setiap yang ia lakukan akan memberikan dorongan yang positif terhadap dirinya, sehingga dia akan merasa senang saat melakukan pekerjaan tersebut. Dalam berwirausaha tentunya semangat sangatlah diperlukan untuk menjalankan bisnis yang dijalani karena semangatlah yang akan membawa wirausaha menuju ke masa depan yang cerah atau jalan menuju kesuksesan.

Dengan demikian seorang wirausaha wajib memiliki semangat yang tinggi dan etos kerja yang memadai sehingga dapat mendorong kelancaran usaha/bisnisnya untuk mencapai kemajuan usaha, sebab kemajuan suatu usaha dipengaruhi oleh kinerja wirausaha dan karyawannya, maka dengan semangat kerja yang tinggi suatu kemajuan dalam usaha akan lebih cepat tercapai.

3. Tidak Malu Untuk Terus Belajar

peluang jadi pengusaha
Banyak Belajar dari Orang Lain

Belajar dari pengalaman benar-benar jadi pepatah yang sangat tepat. Tapi, kita tidak harus belajar dari pengalaman sendiri. Jangan malu untuk belajar dari pengalaman orang, bertukar pikiran dan juga ide. Merasa sudah tahu dan sok pintar biasanya justru akan menjatuhkan diri sendiri. Jika and juga punya karakter ini, rasanya bakat jadi pengusaha anda makin kuat. Seorang wirausaha senantiasa belajar, belajar dan belajar. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau bahkan orang sukses lainnya, anda dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat anda, tempat anda berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

4. Bagi Anda Resiko Merupakan Tantangan Bukan Hambatan

Seorang wirausaha harus berani menghadapi risiko. Semakin besar risiko yang dihadapinya, semakin besar pula kesempatan untuk meraih keberhasilan. Membuka usaha berarti berani menerima tantangan, tidak kenal menyerah dan juga harus bisa bersahabat dengan resiko. Akan tetapi, pengusaha sukses harus benar-benar bermental baja agar siap menghadapi apapun yang terjadi. Menjadi pengusaha berarti harus kerja lebih giat, bermain dengan keadaan yang tak pasti dan penuh risiko. Bisa saja bulan ini untung besar, tapi kita tak tahu nasib bulan-bulan berikutnya. Berbeda dengan karyawan yang ada pada level aman karena bagaimanapun pekerjaannya, tiap bulan dia akan menerima gaji. Selain itu, banyak pengusaha yang baru bisa merasakan sukses di percobaan ke sekian. Jangan ditanya sudah berapa banyak kerugian yang dialami setelah mencoba, bangkrut, dan mencoba lagi. Jika karakter ini belum ada pada diri anda sebaiknya pikirkan lagi niat anda untuk menjadi seorang pengusaha.

Tanpa keberanian ini, maka usaha yang anda jalankan akan sia-sia. Dan, tentu saja keberanian ini bukanlah keberanian yang asal-asalan, melainkan keberanian yang disetai dengan perhitungan yang matang sebelum mengambil sebuah keputusan yang mengandung risiko.

5. Kreatif dan Inovatif

Kreativitas perlu dalam menjalankan bisnis untuk bisa mengembangkan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Karena orang yang kreatif biasanya memiliki cita-cita yang tinggi untuk kemajuan bisnisnya. Selalu berpikir dan bertindak bagaimana agar bisnisnya semakin maju dan sukses. Pelanggan akan menyukai produk dan jasa yang unik dan kreatif. Sedangkan inovasi merupakan suatu upaya bisnis yang selalu melakukan pembaruan secara berkelanjutan. Sehingga sebuah produk atau jasa bisa selalu dirasakan manfaat dan nilainya oleh konsumen.

peluang jadi pengusaha
Kreatif dan Inovatif

Menjalankan usaha dengan kreasi dan inovasi yang dibuat bisa jadi daya jual yang tinggi dan merupakan salah satu kunci sukses bagi seorang pengusaha. Suka mencoba dan membuat sesuatu yang baru lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, konsumen tidak akan merasa bosan malahan akan bertambah loyal serta bisa mendatangkan konsumen baru.

Baca juga : Tips Sederhana Untuk Memilih Nama Perusahaan Anda

6. Saat Sudah Terlalu Nyaman Dengan Pekerjaan Saat Ini, Anda Justru Ingin Mencari Tantangan Baru

Seorang wirausaha sejati tidak akan pernah puas pada hasil yang sudah dicapai. Ia akan selalu mencari sesuatu yang nantinya akan membuat usahanya semakin berkembang. Bahkan ia juga harus mampu melakukan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu. Kemampuan inilah yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan bisnis. Semakin tinggi kemampuan seorang wirausaha dalam mengerjakan berbagai tugas sekaligus, semakin besar pula kemungkinan untuk mengolah peluang menjadi sumber daya yang produktif dan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Karena bagi seorang pengusaha sejati menjalani bisnis baru dari bisnis yang sudah ada merupakan keinginan dan tantangan yang harus dicapai agar bisa mendapatkan kepuasan tersendiri.

7. Percaya Diri dan Tidak Pernah Gengsi

peluang pengusaha di depan mata
Minimalisir sifat psimis dan gengsi

Orang yang takut gagal dan kurang percaya diri dalam menjalankan sesuatu merupakan orang-orang yang jauh dari kata entrepreneurship. Membangun kepercayaan akan kemampuan diri sendiri dan ide-ide menjadi modal utama untuk meraih kesuksesan dalam berwirausaha baik itu perorangan maupun kelompok.

Karakteristik kematangan seseorang tidak tergantung pada orang lain, dia memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi, obyektif dan kritis. Dia tidak begitu saja menyerap pendapat atau opini orang lain, tetapi dia mempertimbangkan secara kritis tentang apa yang dia pikirkan sendiri.  Membuka usaha, apapun itu, harus jauh dari yang namanya gengsi. Jika anda masih saja mengandalkan gengsi yang tinggi, rasanya sukses masih jauh dari harapan.

Bayangkan saja, saat awal membuka usaha, anda tidak bisa langsung menyerahkan begitu saja sepenuhnya kepada karyawan, apalagi jika anda memiliki modal pas-pasan untuk membuka suatu bisnis tentunya anda belum bisa mempekerjakan seorang karyawan. Akan ada masanya bahwa anda harus turun langsung pada usaha yang anda rintis. Jadi, buat apa gengsi demi usaha yang akan dibangun agar lebih besar lagi nantinya. Maka dari itu sikap percaya diri dan tidak pernah gengsi dalam menjalankan bisnis harus ada pada diri seorang pengusaha agar nantinya bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan baik.

Baca juga : Roja Fitridayani, Pengusaha Muda Pemilik Hijab Princess

Ciri-ciri jiwa pebisnis diatas hanyalah sedikit gambaran dari sekian banyak yang bisa kita pelajari dari bagaimana seseorang mempunyai jiwa pebisnis atau pengusaha. Menjadi wirausaha pemula memang memiliki seribu rintangan yang menghadang meskipun hanya memiliki satu tujuan yakni kesuksesan. Nah jika tanda-tanda diatas ada pada diri anda sebaiknya jangan menunda-nunda waktu lagi untuk mencoba menjadi seorang pengusaha yang sukses, sebab tidak ada keberhasilan tanpa mencoba terlebih dahulu. Sekian yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga anda bisa menjadi pengusaha yang sukses dan semoga bermanfaat.