Pernah belanja atau membeli sesuatu di platform amazon.com? Tahukah Anda siapa sosok dibalik kejayaan amazon hingga menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia? Dialah Jeff Bezos yang benar-benar memulai semuanya dari bawah, dan percaya atau tidak, Jeff merupakan manusia terkaya di dunia saat ini.

Bagaimana bisa? Karena setahu kita, kekayaan Bill Gates selaku CEO Microsoft Corporation seakan tak mungkin tergeser oleh siapa pun, terlebih lagi Bill telah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia sebanyak 18 kali dalam kurun waktu 24 tahun terakhir.

Baca juga : Bagaimana Menentukan Partner yang Tepat untuk Bisnis Kita???

Berdasarkan data dari Bloomberg, Jeff Bezos berada di posisi pertama dengan jumlah harta kekayaan mencapai 99 miliar dollar AS (Rp 1.340 triliun). Sedangkan Bill Gates harus rela tergeser di posisi kedua dengan jumlah kekayaan senilai 91,8 miliar dollar AS (Rp 1.243 Triliun).

jeff bezos
Jeff Bezos muda saat mengawali amazon sebagai situs penjualan buku

Sangat menarik jika melihat bagaimana bisa seorang pemilik toko online bisa mengalahkan kekayaan miliuner ternama Amerika Serikat, Bill Gates. Jeff Bezos benar-benar mengawali semuanya dari bawah. Amazon yang selama ini kita kenal sebagai salah satu marketplace besar di dunia, di tahun 1995 awalnya hanyalah merupakan sebuah situs yang menjual buku-buku secara online.

Baca juga : Perkembangan Teknologi Lahirkan Orang-orang Terkaya Dunia

Dari ide awal tersebut, tak disangka seiring berjalannya waktu, kesuksesan pun diraih amazon dengan berhasil melakukan penjualan buku di lebih dari 40 negara yang berbeda. Sejak saat itulah, amazon memutuskan untuk mengembangkan bisnis mereka menjadi perusahaan jualan online terbesar di dunia.

Tentu saja yang menjadi keunggulan amazon hingga menjadi platform marketplace terbesar di dunia saat ini bisa kita lihat dari berbagai aspek seperti management yang profesional, inovasi-inovasi baru yang terus dilahirkan, target marketing yang benar-benar tepat, dan customer service yang sangat baik. Hal ini terbukti dari data Temkin Experience Rating yang menyebutkan bahwa amazon berada di posisi teratas bersanding dengan PetSmart dalam urusan kepuasan pelanggan untuk bisnis retail, dan peringkat ke empat dari total 293 perusahaan dari 20 jenis industri yang berbeda di seluruh dunia.